Contoh Soal Teknologi Reproduksi pada Hewan

Contoh Soal Teknologi Reproduksi pada Hewan Setiap hari, masyarakat banyak mengkonsumsi daging yang mengakibatkan jumlah konsumsi daging terus meningkat. Pernahkah kalian membayangkan jika jumlah hewan yang menghasilkan daging akan habis? Hewan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa bereproduksi secara alami. Oleh karena itu, dibutuhkan bantuan manusia agar hewan dapat melakukan reproduksi lebih cepat. Sehingga kebutuhan konsumsi daging dapat terpenuhi. Untuk membantu hewan bereproduksi, digunakan teknologi yang mempermudah pekerjaan tersebut. Salah satu teknologi yang dikembangkan untuk membantu reproduksi pada hewan adalah teknik inseminasi buatan atau disebut juga kawin suntik. Bagaimanakah inseminasi buatan dilakukan?

Inseminasi Buatan

            Inseminasi buatan atau kawin suntik adalah proses memasukkan cairan sperma (semen) dari hewan jantan ke dalam saluran reproduksi hewan betina dengan bantuan manusia. Cairan sperma dimasukkan dengan cara disuntik. Dengan cara ini, sangat memudahkan hewan untuk bisa menghasilkan anak karena hewan jantan tidak harus kawin dengan hewan betina secara langsung. Sehingga, hewan betina bisa menghasilkan anak tanpa bertemu dengan hewan jantan.
            Selain menghemat waktu, inseminasi buatan juga memiliki beberapa keuntungan lainnya, yaitu menghemat biaya dan dapat memperbaiki kualitas anakan hewan yang dihasilkan. Perbaikan kualitas dilakukan dengan menyuntikkan semen yang berasal dari hewan jantan yang memiliki kualitas unggul. Sehingga, anak yang dihasilkan oleh hewan betina memiliki kualitas yang unggul juga. Sebagai contoh, untuk menghasilkan anakan sapi dengan kualitas daging yang baik dan berjumlah banyak, diambil sel-sel sperma dari sapi brahman dari India untuk diinseminasikan pada sapi betina lokal.
            Dalam melaksanakan inseminasi buatan, dibutuhkan semen dari hewan jantan yang memiliki kualitas unggul. Semen tersebut kemudian disimpan pada suhu rendah, yaitu 800C hingga 200C. Hal ini bertujuan agar semen tidak mengalami kerusakan dan mati, karena sel sperma sangat rentan terhadap suhu panas.
            Inseminasi buatan telah diterapkan pada beberapa hewan, antara lain pada sapi, bebek, itik, domba, dan hewan lainnya.

Kloning

            Kloning adalah teknik reproduksi secara aseksual pada hewan. Artinya, tidak melalui tahap fertilisasi. Kloning dilakukan dengan menggunakan sel tubuh hewan untuk kemudian dikembangkan menjadi satu individu utuh. Individu anakan yang dihasilkan memiliki sifat dan ciri yang sama persis dengan induknya. Misalnya, jika sel yang digunakan untuk kloning berasal dari hewan betina, maka individu anakan yang dihasilkan juga hewan betina.
            Teknik kloning ditemukan oleh Dr. Ian Willmut pada tahun 1997. Beliau melakukan kloning pada seekor domba yang diberi nama Dolly. Langkah kerja yang dilakukan untuk membuat kloning domba Dolly adalah:
  1. Mengambil sel telur dari ovarium domba betina
  2. Mengambil sel kelenjar mamae dari domba betina lain.
  3. Mengeluarkan nukleus sel telur.
  4. Memasukkan nukleus sel kelenjar mamae ke dalam sel telur yang sudah tidak memiliki nukleus.
  5. Sel telur yang mengandung sel kelenjar mamae dimasukkan ke dalam uterus domba.
  6. Kemudian domba tersebut akan hamil dan melahirkan anak domba hasil kloning.

Contoh Soal Teknologi Reproduksi pada Hewan



Teknologi yang digunakan untuk membantu reproduksi pada hewan disebut ....
Teknik inseminasi buatan dapat dilakukan jika memiliki ....
Inseminasi buatan dapat menghemat biaya karena ....
Inseminasi buatan dapat menghemat waktu karena ....

Jika pada saat inseminasi buatan dilakukan, sperma menerima suhu panas yang berlebihan, maka yang terjadi adalah ....
Seorang peternak sapi menginginkan agar memiliki sapi yang berdaging banyak, maka peternak tersebut harus memesan sperma sapi yang berasal dari ....
Teknik kloning dilakukan dengan menggunakan sel yang berasal dari ....
Sel yang digunakan untuk kloning yang berasal dari hewan betina, akan menghasilkan anak hewan betina juga, karena ....
Seekor domba jantan penghasil daging yang dimiliki seorang peternak hewan sedang mengalami sakit karena berusia tua. Agar domba jantan tersebut dapat bermanfaat, maka peternak harus ....
Teknik kloning hewan ditemukan oleh ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel