Contoh Soal Struktur Laporan

Contoh Soal Struktur LaporanPerhatikan laporan berikut ini.
ajukanlah enam pertanyaan yang terangkum dalam ADIK SIMBA
      Rumus tersebut menyangkut enam pertanyaan berikut:
a. Apa peristiwanya?
b. DI mana terjadinya peristiwa tersebut?
c. Kapan terjadinya peristiwa tersebut?
d. Siapa yang mengalami peristiwa tersebut?
e. Mengapa peristiwa itu terjadi?
f. BAgaimana proses kejadiannya?
      Nah, ternyata keenam pertanyaan tersebut lazim disebar penempatannya pada beberapa bagian laporan berita, yaitu bagian awal, tubuh, dan akhir berita. Untuk lebih jelasnya lihatlah bagan Piramida Terbalik berikut:
      Pada awal pemberitaan, biasanya diisi oleh kata kunci “SI ADIK” yaitu data-data laporan berupa Siapa, Apa, DI mana, dan Kapan. Oleh karena itu, pada bagian tersebut disebut bagian LEAD atau Kepala Berita atau Teras Berita.
      Pada bagian lead, terdapat ciri-ciri berikut:
1. Bahasanya ringkas: kata-kata tidak boros
2. Alenia ditulis secara ringkas: tidak lebih dari empat baris
3. Biasanya menggunakan kata-kata aktif supaya kalimatnya bernyawa dan bertenaga
4. Terdapat kata-kata bombastis untuk menarik pembaca, seperti: Ditemukan tewas….. 
      Bagian berikutnya merupakan bagian Tubuh Berita yang menguraikan atau menegaskan kembali bagian lead dalam pembahasan yang lebih terperinci. Pembahasan tersebut dapat berupa kutipan-kutipan, fakta tambahan, atau latar belakang. Dalam beberapa Tubuh Berita dapat ditemukan juga jawaban dari pertanyaan Mengapa dan Bagaimana.
      Ekor Berita sifatnya sebagai pelengkap laporan itu sendiri. Di akhir pelaporan berita biasanya diletakkan antiklimaks dari keseluruhan persoalan.
      Dalam bangun Piramida Terbalik tersebut, segi kepentingan berita secara struktur, semakin ke bawah semakin berkurang. Bagian awal merupakan bagian pokok dan semakin ke bawah laporan berita itu merupakan perinciannya, yang sifatnya tidak terlalu penting.


Contoh Soal Struktur Laporan

Bagian laporan berita yang menguraikan rincian-rincian fakta adalah ….
Berikut ini adalah informasi yang disampaikan pada bagian teras berita, kecuali ....
SMA Negeri 1 Nagrak, Sukabumi, berhasil meraih juara lomba cerdas-cermat kimia. Siswa-siswi SMA tersebut berhasil membabat habis seluruh piala yang dilombakan. Tiga tim unggulan SMA tersebut meraih juara I, II, dan III di tahun penyelenggaraan LCC Kimia VII se-Jawa Barat. Di lain sisi, prestasi yang sama diraih oleh guru kimia dari SMA yang sama. Juara I dan II Olimpiade Sains Nasional se-Kabupaten Sukabumi dimenangkan oleh perwakilan dari SMAN 1 Nagrak.
Pertanyaan yang sesuai laporan di atas adalah ….
Dengan surat itu, PSSI melalui Komisi Kesehatan tidak berani memberi pernyataan resmi karena data tidak lengkap. “Kami belum dapat berkomentar apa-apa sebab dari surat itu kami tidak tahu apa yang menyebabkan cedera otak, dan pernyataan-pernyataan lain yang dapat menjadikan persoalan Eri almarhum menjadi terang,” ujarnya.
Cuplikan laporan di atas dapat dinyatakan kembali menjadi ….
Ajun alias Cungkring (25) harus mendekam di penjara karena tertangkap tangan membawa lima linting ganja. Warga Cisaat rt. 036 rw. 011 Kabupaten Sukabumi tersebut ditangkap di kos-kosannya di Cisaat, kemarin (7/4) pukul 02.30 WIB.
Unsur pokok laporan yang muncul pada bagian lead berita di atas adalah .…
Sebuah laporan berita harus bernilai besar. Istilah yang tepat untuk menjelaskan nilai laporan berita tersebut adalah ….
Berikut adalah tata cara menulis lead sebuah laporan yang baik, kecuali ….
Sekitar 10 ribu pohon akan ditanam di jalur hijau dan jalur alternatif menuju Pelabuhan Ratu dan kawasan Jajaway, Pelabuhan Ratu. Penanaman ini akan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Sukmawijaya, Anggota DPR Desi Ratnasari, dan melibatkan ribuan pelajar serta masyarakat.
Pokok informasi yang disampaikan dalam berita tersebut adalah ….
Banjir yang melanda di beberapa wilayah Sumatra Selatan dalam dua hari terakhir, telah menyebabkan jalur jalan lintas timur (jalintim) Sumatra terputus di beberapa ruas, seperti luapan Sungai Lempuing di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur yang meredam ruas jalintim Sumatra.
Tanggapan positif terhadap isi informasi tersebut adalah ….
Menurut Aktivis WALHI, kendaraan bermotor bensin (spark ignition engine) menyumbang 70 persen karbon monoksida (CO), 100 persen timbal atau plumbum (Pb), 60 persen hidrokarbon (HC), dan 60 persen nitrogen oksida (Nox). Zat-zat ini sangat berbahaya bagi tubuh kita. Padahal dalam setahun, penduduk kota-kota besar di Indonesia menghirup udara kotor itu selama 173 hari.
Simpulan yang dapat diambil dari tubuh berita tersebut adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel