Contoh Soal Menyampaikan Kritik Secara Logis

Contoh Soal Menyampaikan Kritik Secara LogisBerpendapat atau mengkritik, tidak sekadar berkata “ya” atau “tidak”, tetapi harus disertai dengan alasan-alasan, fakta, atau contoh-contoh yang jelas dan meyakinkan. Bila tidak, akan sulit bagi orang lain untuk memahami dan menerima pendapat atau kritikan yang kamu sampaikan itu. 
      Untuk melatih cara menyampaikan pendapat dengan baik laksanakanlah pembelajaran diskusi dalam kelas kalian. Dalam pembelajaran diskusi kita dilatih menyampaikan pendapat dengan logika. Selain itu, kita akan terlatih cara berbicara dengan penuh kepercayaan diri sehingga suara yang terdengar akan lancar dan jelas. Di lain sisi, kita juga berlatih untuk bersikap sopan dan bijaksana ketika berbeda pendapat dengan orang lain. 
      Diskusi sendiri merupakan cara bertukar pikiran untuk membicarakan suatu masalah. Dalam kegiatan mengomentari laporan lisan, kita dapat membuat skenario pembelajaran dengan membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Kelompok pemateri memaparkan pokok-pokok informasi yang mereka temukan dalam laporan, sementara peserta lain dapat menyampaikan kritik, pendapat, gagasan, atau tanggapannya untuk menyamakan visi yang sama.
Begitu banyak manfaat yang kita peroleh dari kegiatan berdiskusi, beberapa di antaranya adalah:
a. Pengetahuan dan wawasan para peserta bertambah luas 
b. Keberanian mengemukakan pendapat akan meningkat
c. Dengan menyampaikan kritik secara logis, akan menumbuhkan sikap mau menghargai orang lain
d. Menciptakan daya kritis
Berikut adalah hal-hal penting yang harus diperhatikan ketika menyampaikan kritikan dan pendapatnya dalam diskusi.
a. Kritikan dan pendapat itu harus disertai dengan alasan, fakta, atau contoh yang jelas;
b. Kritikan dan pendapat itu harus disampaikan dengan lacar, jelas, sopan, dan bijaksana;

Perhatikan contoh kritik berikut ini.

Dikembangkannya seni mural di sekolah kita memang sangat bagus. Saya pun sependapat bahwa seni ini cocok untuk kreativitas dan apresiasi keindahan para siswa. Nilai estetisnya juga tidak kalah oleh melukis di atas kanvas. Hanya saja, perlu dipikirkan sarana dan pelatihnya. Sementara ini, sarana yang tersedia sekarang di sekolah kita adalah untuk jenis seni lukis di atas kanvas. Di samping itu, Bu Wati, apakah beliau menguasai seni mural tersebut? Hal yang perlu diperhatikan lagi adalah minat para siswanya itu sendiri. Tampaknya mereka lebih menggandrungi seni lukis sketsa dan seni lukis cat air. Bagaimana cara mengatasi ketiga persoalan tersebut?
Pada contoh pendapat di atas, kritikan disampaikan dengan pertanyaan sekaligus koreksi terhadap permasalahan mengenai pengadaan ekskul Seni Mural di sekolah.


Contoh Soal Menyampaikan Kritik Secara Logis

Perhatikan ilustrasi berikut ini!
Penyaji : Merebaknya penjualan bakso berbahan dasar daging celeng merupakan lemahnya pengawasan pemerintah pusat terhadap pengusaha KUKM .
Kritikan yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah ….
Manfaat berdiskusi adalah sebagai berikut, kecuali ….
Perhatikan uraian berikut ini!

Pembangunan politik yang bernuansa keterbukaan hendaknya tetap berakar pada budaya bangsa sendiri dan terkristal di dalam ideologi negara Pancasila. Pembangunan politik diarahkan untuk mewujudkan kemantapan peran lembaga politik, orsospol, serta ormas yang berkualitas dan mandiri. Pemerintah negara mesti berjalan sesuai dengan konstitusi yang dilaksanakan oleh aparatur yang bersih dan berwibawa. Semua itu diperlukan untuk mendukung tegaknya kebenaran dan keadilan.
Kalimat yang mengandung kritik yang baik atas redaksi uraian di atas adalah ....
Berdasarkan bukti-bukti atau fakta-fakta yang saya kemukakan, dapat dipastikan bahwa kecelakaan itu terjadi akibat kelalaian sopir dalam menjalankan kendaraannya.
Pernyataan di atas dalam diskusi disebut ….
Perhatikan urutan kalimat berikut.
1. Mencatat hal-hal yang hendak diberi kritik 
2. Mengemukakan kritik dengan bahasa yang baik
3. Menyimak dengan saksama laporan yang disampaikan dari awal sampai akhir
4. Memberi argumen untuk memperkuat kritik yang diungkapkan
Urutan yang harus diperhatikan saat akan menyampaikan kritik dalam diskusi adalah .…
Hal terpenting yang harus diperhatikan saat menyampaikan kritik agar kritik kita memiliki dasar yang kuat adalah ….
Dalam suatu diskusi, seorang peserta mengkritik seorang pembicara, “Jika memperhatikan status OSIS dan Kosis, saya berkesimpulan bahwa seharusnya Kosis di atas OSIS. Kosis mempunyai dasar hukumnya.”
Jawaban yang tepat untuk kritikan peserta di atas adalah ….
Kritik yang tepat dalam diskusi dengan topik “Pelestarian Lingkungan” ialah ….
Perhatikan ilustrasi berikut!
Seorang adik meminta pada orang tuannya untuk merayakan ulang tahunnya di sebuah hotel. Kakaknya sangat tidak setuju karena ia pun membutuhkan uang tambahan untuk membiayai kuliahnya.
Kritikan seorang kakak pada adiknya itu ialah ….
Cara menyampaikan kritikan yang tepat pada acara outdoor learning ke museum adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel