Contoh Soal Mengenal Peran Moderator , Pembawa Acara dalam Diskusi

Contoh Soal Mengenal Peran Moderator , Pembawa Acara dalam DiskusiModerator merupakan seseorang yang memiliki tugas untuk mengatur atau mengawasi jalannya sebuah forum resmi. Tujuan utama dari adanya seorang moderator adalah agar kegiatan yang dilakukan dalam forum tersebut berjalan lancar dan kondusif.
Tugas-tugas dari seorang moderator adalah sebagai berikut.
1. Mengawasi dan juga mengawal rapat atau diskusi yang berlangsung agar sesuai dengan topik yang diangkat dalam diskusi tersebut.
2. Mampu menghadirkan ide-ide baru agar diskusi atau rapat menjadi lebih hidup.
3. Tugas moderator juga mengatur diskusi atau rapat yang menjadi tanggung jawabnya.
4. Mengendalikan jalannya rapat atau diskusi dengan baik, jangan sampai keluar bahasan.
5. Memberikan pemberitahuan dan peringatan kepada peserta bila terjadi kegaduhan dalam rapat atau diskusi.
6. Memperkenalkan pembicara dalam sebuah diskusi atau rapat.

Peran dan Intonasi Moderator dalam Mengenalkan Diri dan Orang Lain

Seorang moderator memiliki tugas salah satunya adalah untuk memperkenalkan para pembicara dalam sebuah forum resmi, sebelumnya ia pun harus memperkenalkan dirinya. Memperkenalkan diri dan orang lain dalam sebuah forum resmi tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh moderator dalam hal perkenalan diri. Hal-hal tersebut di antaranya sebagai berikut.
1. Mengetahui unsur-unsur dalam memperkenalkan diri dan orang lain.
Unsur-unsur dalam perkenalan di antaranya adalah nama, tanggal lahir, pendidikan, pengalaman, prestasi, hasil karya, dan kegiatan yang akan dilakukan. Unsur lainnya seperti usia, alamat, dan lain-lain bisa juga ditambahkan selama tidak banyak memakan waktu. 
Contohnya seperti di bawah ini.

Selamat siang Saudara-Saudara yang kami hormati. Dalam kesempatan kali ini, perkenalkan saya Deni Adrian. Saya adalah peserta didik kelas XII SMAN 1. Saya saat ini aktif sebagai ketua pengawas OSIS. Saat ini saya berperan sebagai moderator.
      Selanjutnya, sebagai pembicara utama dalam forum diskusi ini saya perkenalkan Bapak Idris Arianto. Beliau merupakan ketua Dinas Pendidikan Daerah X. Beliau merupakan lulusan S3 dari Universitas B dan telah banyak merih prestasi untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Bapak yang memiliki hobi bulu tangkis ini akan memaparkan makalahnya yang berjudul “Perjuangan Pendidik, Perjuangan Kita Semua”.
2. Mengetahui dan Memahami Tata Cara Perkenalan Diri dan Orang Lain.
Ada beberapa tata cara dalam perkenalan diri dan orang lain yang perlu diperhatikan dan dipahami. Hal tersebut agar proses perkenalan diri dan orang lain berjalan lancar serta tujuan utama dari perkenalan tersebut tercapai. 

Tata cara memperkenalkan diri dan orang lain adalah seperti di bawah ini.

a. Gunakan struktur kalimat dengan benar. Artinya, unsur-unsur kalimat yang digunakan lengkap sehingga kalimat yang disampaikan mudah dipahami oleh pendengar. Contohnya seperti berikut.
- Saya menjabat sebagai ketua persatuan siswa (unsur kalimat jelas dan lengkap).
- Saya ketua persatuan siswa (kalimat kurang lengkap).
b. Gunakan kata sapaan yang tepat dan efektif.
Kata sapaan yang tepat sangat penting sifatnya dalam sebuah forum diskusi resmi. Misalnya menggunakan Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu untuk yang lebih dewasa dari moderator, Saudara-Sudara untuk yang sebaya, dan bisa juga para hadirin atau para peserta.
c. Gunakan pilihan kata yang tepat. Pilihan kata yang tepat akan bisa menyampaikan informasi yang dimaksud dengan baik. Contohnya seperti berikut.
- Sebelumnya, saya akan memperkenalkan diri (pilihan kata tepat).
- Sebelumnya, diriku akan memperkenalkan diri (pilihan kata kurang tepat).
d. Gunakan kalimat yang efektif.
Kalimat efektif merupakan kalimat yang jelas, logis, tidak bermakna ganda, dan mudah untuk dipahami oleh orang lain. Contohnya seperti berikut.
- Bapak Ardi saya persilakan untuk memulai diskusi.
- Waktu dan tempat saya persilakan.
Kalimat pertama merupakan kalimat yang efektif, logis, dan tepat penggunaannya, sedangkan kalimat kedua kurang efektif dan tidak logis. 
e. Perhatikan tekanan, intonasi, lafal, dan jeda.
Tekanan, hal ini berhubungan dengan keras lembutnya ucapan. Penekanan pada bagian yang berbeda pada sebuah kalimat yang sama akan menghasilkan makna yang berbeda. Misalnya untuk hal yang penting bisa dilakukan penekanan dalam pengucapannya sedangkan untuk hal-hal yang kurang penting, bisa diucapkan dengan lembut saja.
Intonasi, hal ini berhubungan dengan naik turunnya nada dalam kalimat. Intonasi dalam bagian perkenalan sangat penting untuk diperhatikan agar perkenalan diri dan orang lain berhasil dilakukan dengan baik dan poin pentingnya tersampaikan pada pendengar.
Lafal, pelafalan setiap kata dalam kalimat perkenalan penting untuk diperhatikan.
Jeda, bisa dilakukan secara pendek dan panjang. Fungsinya untuk mengatur napas dan juga pembicaraan.
f. Perhatikan mimik wajah, vokal, dan gerak.
Contoh Soal Mengenal Peran Moderator , Pembawa Acara dalam Diskusi



Contoh kalimat perkenalan diri yang kurang tepat adalah ....
Contoh kalimat di bawah ini yang menggunakan struktur kalimat memperkenalkan diri yang tepat adalah ....
Contoh kalimat perkenalan pembicara dalam forum resmi di bawah ini yang tepat adalah ....
Contoh kalimat di bawah ini yang tidak tepat sebagai kalimat perkenalan dalam forum resmi adalah ....
Contoh kalimat dalam perkenalan di bawah ini tidak menggunakan pilihan kata yang tepat, kecuali ....
Bapak Indra Ginanjar ini merupakan ketua Yayasan Amanah yang telah banyak menelurkan prestasi. Prestasi terbesarnya adalah membuat anak-anak didik di yayasannya bisa mengikuti lomba paduan suara tingkat internasional di Italia. Beliau juga sudah menulis beberapa buku yang berhubungan dengan cara memberikan didikan yang baik dan berkualitas pada anak.
Pengucapan kalimat dengan tekanan yang keras terutama dilakukan pada bagian kalimat ....
Perhatikan narasi berikut!
Selamat datang kepada para peserta diskusi yang saya hormati.
Nama saya Iman Azam dari perwakilan Tim Siswa Kreatif. Dalam kesempatan ini saya akan bertindak sebagai moderator. Saya sekarang menjabat sebagai wakil ketua Tim Siswa Kreatif dan masih aktif berbagi pengetahuan kegiatan kreatif setiap hari selasa. Selanjutnya, akan saya perkenalkan pembicara pada diskusi kali ini. Beliau adalah Ibu Ani Irma. Ibu Ani Irma lahir di Jakarta dan telah menyelesaikan pendidikan S3nya satu tahun yang lalu. Ibu Ani Irma sendiri sudah banyak menelurkan karya-karya kreatif yang membawa nama Indonesia ke kancah internasional. ... Kepada Ibu Ani saya persilakan.
Kalimat yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah ....
Selamat siang rekan-rekan semua yang saya hormati.
Terima kasih atas kehadiran rekan-rekan dalam diskusi kali ini. Sebelumnya saya perkenalkan diri saya terlebih dahulu. Saya adalah Rina Himawan dari kelas XI yang bertindak selaku moderator dalam diskusi kali ini. Saat ini saya menjabat sebagai wakil ketua Perhimpunan Siswa Aktif Matematika yang sudah menjadi salah satu organisasi penting di sekolah kita.
Penggunaan kata sapaan dalam perkenalan tersebut menunjukkan bahwa ....
Beliau merupakan wakil dari petinggi yayasan yang menaungi sekolah kita. Prestasinya sudah mencapai taraf internasional, salah satunya adalah menjadi wakil Indonesia sebagai peserta konferensi science di Jepang. Beberapa hasil karyanya sudah ditulis dalam beberapa buku. Oleh karena itu, waktu dan tempat kami persilakan.
Kalimat yang tidak efektif dan tidak logis dalam contoh perkenalan di atas adalah ....
Selamat siang Bapak dan Ibu yang saya hormati.
Saya adalah Rudi Gunawan dari kelas XI A. Saat ini saya aktif sebagai sekeretaris OSIS SMAN 4 dan aktif menulis di majalah sekolah. Dalam kesempatan ini, saya menjadi moderator dalam diskusi tahunan sekolah kita.
Pernyataan yang berhubungan dengan perkenalan diri di atas yang tepat adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel