Contoh Soal Memahami Isi Bacaan Melalui Membaca Cepat

Contoh Soal Memahami Isi Bacaan Melalui Membaca CepatMemahami ide pokok dan mampu menemukannya adalah kompetensi dasar yang sangat penting dalam ujian bahasa Indonesia. Di materi yang lalu, kita telah belajar dan membiasakan diri dalam membaca cepat. Kemampuan ini diharapkan mampu memudahkan kita dalam menemukan ide pokok suatu paragraf.
       Ide pokok atau gagasan utama adalah suatu inti informasi yang ingin disampaikan penulis. Di dalamnya terdapat suatu permasalahan atau tujuan penulisan. Dalam satu paragraf hanya boleh terdapat satu ide pokok. Keberadaan ide pokok ini dibuktikan oleh ide penjelas yang bersifat mendukung atau menguatkan permasalahannya. Ide pokok dapat berada di awal,, akhir, atau menyeluruh dalam paragraf.
       Agar tidak terkecoh dalam menentukan ide pokok, alangkah baiknya jika kita mampu membaca keseluruhan kalimat dalam paragraf. Itulah sebabnya membaca cepat akan sangat membantu dalam materi ini. 
       Setelah selesai membaca keseluruhan bacaan, pertanyaan yang harus diajukan adalah “Apa yang dipermasalahkan oleh penulis?” “Apa yang diinginkan penulis dalam bacaan?” Pertanyaan inilah yang akan mengantarkan kita dalam mencari ide pokok.

Bacalah dengan cepat paragraf di bawah ini lalu tentukan ide pokok setiap paragraf!

Bahaya Game Online

Bermain game sebenarnya memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah belajar bahasa asing. Game yang sebagian besar diproduksi oleh luar negeri sebenarnya memaksa anak untuk mempelajari bahasa tersebut. Selain itu, sebagian besar game juga mengajarkan strategi praktis, kecepatan, dan pengambilan keputusan dalam sistem permainannya.
       Game akan berbahaya jika ia menjadi candu. Anak akan betah berlama-lama di depan komputer/televisi dan melupakan sosialiasi yang seharusnya ia lakukan sehingga anak menjadi introvert. Terlebih dengan maraknya penggunaan telepon pintar berbasis android, anak semakin mudah bermain game di mana pun dan kapan pun.
       Game online yang menjamur di setiap warnet perlu diwaspadai oleh orang tua. Dibandingkan game berbasis konsol seperti playstation, game jenis ini lebih cepat menimbulkan candu bagi anak. Setiap game online selalu menawarkan tantangan peningkatan level karakter melalui sistem event. Setiap event diselenggarakan pada jam-jam tertentu dan pemain harus mengikuti aturan ini jika ingin karakternya menjadi kuat. Bahkan, ada beberapa event yang diselenggarakan pada jam sekolah atau tengah malam. Akibatnya, waktu anak akan habis oleh hal semacam itu.
       Dapatkah kalian menentukan ide pokok dalam setiap paragraf di atas? Berapa waktu yang kalian butuhkan untuk menemukannya? Hitunglah dengan rumus yang diberikan pada materi lalu! Berikut adalah penjabaran analisis ide pokok setiap paragraf. Periksalah kembali jawaban kalian untuk melihat persentase pemahaman yang kalian miliki!
• Pada paragraf pertama, permasalahan yang ingin disampaikan oleh penulis adalah mengenai manfaat game (kalimat 1). Hal ini dibuktikan oleh kalimat-kalimat penjelas yang menjabarkan keuntungan yang didapatkan ketika bermain game (kalimat 2 dan 3).
• Pada paragraf kedua, permasalahan yang disampaikan adalah mengenai bahaya kecanduan game (kalimat 1). Informasi ini diperkuat oleh alasan yang muncul pada beberapa kalimat penjelas di bawahnya, seperti anak akan menjadi introvert dan bebasnya bermain game kapan pun dan di mana pun.
• Pada paragraf ketiga, permasalahan yang disampaikan adalah mengenai perlunya orang tua mewaspadai game online (kalimat 1). Alasan kewaspadaan ini dijelaskan oleh kalimat setelahnya.

Poin penting

Berikut tahapan mencari ide pokok.
1. Bacalah paragraf hingga selesai dengan cepat!
2. Tanyakan apa permasalahannya?
3. Buktikan ide pokok yang telah ditemukan dengan ide penjelas yang muncul.
4. Jangan hanya mencari di awal atau di akhir paragraf.

Contoh Soal Memahami Isi Bacaan Melalui Membaca Cepat

Gagasan pokok dalam satu paragraf berjumlah….
Berikut ini adalah pernyataan yang tepat terkait ide pokok, kecuali….
Secara umum, pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu proses pemberian latihan atau pengalaman terhadap seseorang atau sekelompok orang agar terjadi perubahan tingkah laku yang relatif tetap pada orang tersebut. Pembelajaran dapat dilakukan pada suatu lembaga formal atau informal. Jika dilakukan secara formal tersetruktur, pembelajaran biasa disebut sebagai suatu proses pelaziman untuk memeroleh tingkah laku yang baru.
Gagasan utama paragraf di atas adalah….
Otak manusia memiliki bagian-bagian yang sifatnya dapat disebut manusiawi, seperti pendengaran, ujaran, dan pengontrolan alat ujar. Pada otak makhluk lain, misalnya binatang, tidak ada bagian-bagian yang berkenaan dengan ujaran. Sebaliknya, otak makhluk lain lebih banyak bagian yang berhubungan dengan insting. Dengan demikian, ada perbedaan yang sangat signifikan antara otak manusia dan otak makhluk lain.
Ide pokok paragraf di atas adalah….
Perkembangan sel otak manusia berlangsung dengan sangat cepat sejak bayi hingga akhir masa remaja. Pengenalan terhadap lingkungan baru pada rentang usia tersebut memicu lahirnya jutaan sel-sel baru dan pertumbuhan ini masih akan terus berlangsung pada usia dewasa, hanya saja agak lebih lambat.
Simpulan paragraf di atas adalah….
Menurut metodologi disiplin sejarah, posisi arsip sebagai sumber sejarah menempati kedudukan yang tertinggi dibanding dengan sumber sejarah lainnya. Arsip dikatakan sebagai sumber primer. Posisi ini diperoleh karena arsip diciptakan/tercipta pada waktu yang bersamaan dengan kejadian. Informasi apa pun yang terdapat di dalamnya menggambarkan suasana dan situasi kontekstual yang menyebabkan lahirnya penciptaan arsip.
Simpulan paragraf di atas adalah….
Kemampuan membaca tulisan kuno, kepekaan akan konteks histroris, serta rasa tanggung jawab yang menjamin tidak ada informasi yang terlewatkan harus mampu dimiliki oleh para sejarawan. Apa yang dilakukan oleh sejarawan tidak hanya sekadar membuka selubung masa lalu, tetapi juga menganalisisnya. Inilah sebabnya teknik analisis sejarah sangat kompleks.
Paragraf di atas dapat diringkas sebagai berikut….
Dalam rapat umum pemegang saham beberapa waktu lalu, Pertamina masih ragu-ragu menaikkan harga elpiji. Padahal dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 26 Tahun 2009 Pasal 25 disebutkan, harga elpiji untuk pengguna elpiji umum ditetapkan badan usaha.Diingatkan ,jika harga elpiji 12 kg naik, pengawasan distribusi elpiji harus diperketat untuk mengantisipasi praktik pemindahan elpiji 3kg ke elpiji 12 kg.Pengoplosan elpiji itu merugikan keuangan negara karena akan berakibat pada membengkaknya konsumsi elpiji bersubsidi.
Ide utama paragraf di atas adalah...
Indonesia perlu ikut Trans- Pacific Patnership untuk kepentingan pembangunan ekonomi nasionalnya agar dapat bersaing di pasar dunia dalam industri manufaktur dan berbagai jenis jasa 1). Keikutsertaan dalam Trans_Pacific Patnership (TPP) akan memaksa kita mengubah kebijakan ekonomi nasional untuk meningkatkan efisiensi 2). Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi kita tidak hanya bersifat autopilot seperti yang terjadi sejak 13 tahun terakhir 3).
Disebut autopilot atau berjalan sendiri tanpa kendali pemerintah karena tingkat pertumbuhan tersebut hanya bergantung pada gejolak permintaan dan tingkat harga sekelompok kecil komoditas ekspor berupa hasil tambang dan sumber daya alam lainnya 4).
Ide utama paragraf di atas adalah…
Di antara lima indra yang kita kenal sejak zaman dahulu, peraba, pendengar, pelihat, pembau, dan pengecap, hanya dua terakhir yang betul-betul terkait dengan kimia. Kedua indra tersebut mampu mendeteksi molekul-molekul kimia yang sesunggunya. Melalui indera pembau dan pengecap, kita mengalami berbagai bau dan rasa yang berbeda-beda dari kontak dengan bermacam-macam molekul bahan kimia.
Gagasan pokok paragraf di atas adalah.…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel