Contoh Soal Kualitas Lingkungan untuk Kelangsungan Hidup

Contoh Soal Kualitas Lingkungan untuk Kelangsungan Hidup Manusia dan lingkungan hidup (alam) memiliki hubungan sangat erat. Keduanya saling memberi dan menerima pengaruh besar satu sama lain. Pengaruh alam terhadap manusia lebih bersifat pasif, sedangkan pengaruh manusia terhadap alam lebih bersifat aktif. Manusia memiliki kemampuan eksploitatif terhadap alam sehingga mampu mengubahnya sesuai yang dikehendakinya. Lingkungan hidup adalah suatu sistem komplek yang berada di luar individu yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan organisme. Lingkungan hidup itu terdiri dari dua komponen yaitu:
1. Komponen abiotik, yaitu terdiri dari benda-benda mati seperti air, tanah, udara, cahaya, matahari dan sebagainya.
2. Komponen biotik, yaitu terdiri dari mahkluk hidup seperti hewan, tumbuhan dan manusia.
Faktor-faktor yang mempengaruhi lingkungan hidup antara lain sebagai berikut.
1. Kelakuan atau kondisi unsur lingkungan hidup. Misalnya di dalam ruangan tertutup orang merokok, tentu akan menyebabkan ruangan menjadi pengap.
2. Jenis dan jumlah masing-masing unsur lingkungan hidup. Akan terlihat perbedaan lingkungan hidup pa da daerah bukit tandus dengan daerah yang tertutup rimbun oleh tumbuhan.
3. Hubungan atau interaksi antarunsur dalam ling kungan hidup. Interaksi di sini tidak hanya menyang kut komponen biofisik saja melainkan menyangkut pula hubungan sosial karena unsur-unsur lingkung an hidup memiliki sifat dinamis.
4. Faktor-faktor nonmaterial, antara lain kondisi suhu, cahaya, dan kebisingan.
5. Keadaan fisik akan berpengaruh terhadap keadaan ekonomi, sedangkan kondisi ekonomi akan berpenga ruh terhadap keadaan sosial dan budaya penduduk.
Kualitas lingkungan hidup dibedakan berdasarkan biofisik, sosial ekonomi, dan budaya yaitu :
a. Lingkungan biofisik adalah lingkungan yang terdiri dari komponen biotik dan abiotik yang berhubungan dan saling mempengaruhi satu sama lain. Kualitas lingkungan biofisik dikatakan baik jika interaksi antar komponen berlangsung seimbang.
b. Lingkungan sosial ekonomi, adalah lingkungan manusia dalam hubungan dengan sesamanya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Standar kualitas lingkungan sosial ekonomi dikatakan baik jika kehidupan manusia cukup sandang, pangan, papan, pendidikan dan kebutuhan lainnya.
c. Lingkungan budaya adalah segala kondisi, baik berupa materi (benda) maupun nonmateri yang dihasilkan oleh manusia melalui aktifitas dan kreatifitasnya. Pengaruh pencemar lingkungan diukur dengan perubahan kualitas lingkungan, Kualitas lingkungan ditetapkan pada suatu periode dan tempat tertentu. Kualitas adalah suatu numerik yang ditetapkan berdasarkan situasi dan kondisi tertentu dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang mempengaruhi lingkungan. Kualitas lingkungan mengalami perubahan pada suatu periode tertentu sesuai dengan interaksi komponen lingkungan.
      Perlunya penetapan kualitas lingkungan adalah salah satu upaya untuk memantau kondisi lingkungan dan perubahannya akibat suatu kegiatan baru. Nilai kualitas ini berkaitan erat dengan kualitas limbah, Kualitas lingkungan diukur dari berbagai komponen yang ada dalam lingkungan, termasuk toleransinya. Kualitas hidup dapat diukur dengan kriteria sengai berikut :
1. Derajat dipenuhi kebutuhan untuk hidup sebagai makhluk hayati. Kebutuhan ini bersifat mutlak, yang didorong oleh keinginan manusia untuk menjaga kelangsungan hidup hayatinya.
2. Derajat dipenuhinya kebutuhan untuk hidup manusiawi. Kebutuhan hidup ini bersifat relatif, walaupun ada kaitannya dengan kebutuhan hidup jenis pertama diatas.

Contoh Soal Kualitas Lingkungan untuk Kelangsungan Hidup

Pabrik serta limbahnya dapat merusak suatu lingkungan. Berdasarkan masalah tersebut hal ini termasuk ke dalam hasil …
Kebakaran hutan dapat menyebabkan polusi udara dan merusak suatu lingkungan. Apa yang menetapkan kualitas dari lingkungan yang terkena polusi udara tersebut…
Apa yang membuat standar kualitas suatu lingkungan sosial ekonomi dapat dikatakan baik…
Manusia sebagai makhluk sosial memiliki hubungan erat dengan lingkungan hidup. Suatu sistem kelompok yang berada di luar yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan merupakan maksud dari…
Manusia memiliki sifat yang berpengaruh terhadap alam, salah satunya adalah…
Komponen biotik dan abiotik dapat berlangsung seimbang jika…
Salah satu kemampuan yang dimiliki manusia terhadap alam sehingga mampu mengubahnya sesuai yang dikehendakinya disebut…
Segala kondisi baik berupa materi maupun non materi yang dihasilkan manusia merupakan definisi dari…
Sandang merupakan kebutuhan manusia sebagai makhluk hidup, jika diukur kualitas dan berdasarkan kriteria maka manusia sebagai makhluk hidup merupakan makhluk…
Pendidikan merupakan salah satu contoh kualitas lingkungan hidup yang berdasarkan kepada …

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel