Contoh Soal Ciri-Ciri Kalimat Simpulan

Contoh Soal Ciri-Ciri Kalimat Simpulan Pada topik sebelumnya, kalian sudah mengetahui macam-macam pola pengembangan paragraf. Kemudian, mengenal kalimat simpulan dalam aneka paragraf. Namun, apakah kalian sudah mengetahui ciri-ciri kalimat simpulan? Mengetahui ciri-ciri kalimat simpulan penting agar kalian bisa membuat simpulan dengan benar. Nah, pada topik inilah kalian akan mempelajari ciri-ciri tersebut.

Pengertian Kalimat Simpulan

Dalam sebuah paragraf pasti terdapat kalimat utama. Kalimat utama berisi ide pokok, yaitu gagasan utama yang berisi informasi paling penting dalam sebuah paragraf. Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf dibedakan menjadi dua, yaitu paragraf deduktif dan induktif.
       Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf. Dengan kata lain, paragraf deduktif diawali dengan pernyataan umum lalu didukung penjelasan khusus. Sedangkan paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Dengan kata lain, paragraf induktif diawali penjelasan khusus lalu diakhiri dengan pernyataan umum.
       Selain itu, dalam sebuah paragraf juga terdapat kalimat simpulan. Kalimat simpulan adalah pernyataan yang dibuat dengan bahasa sendiri dan berisi ringkasan isi pokok paragraf. Dengan demikian, harus dibedakan antara kalimat utama, ide pokok, dan kalimat simpulan.

Ciri-Ciri Kalimat Simpulan

Ciri-ciri kalimat simpulan adalah sebagai berikut.
1. Menggunakan bahasa sendiri;
Kalimat simpulan harus ditulis dengan menggunakan bahasa sendiri dan tidak perlu menuliskan kembali kalimat atau seluruh kalimat dalam paragraf.
2. Berdasarkan ide pokok suatu paragraf;
Kalimat simpulan harus sesuai dengan ide pokok dalam paragraf tersebut.
3. Memuat kata-kata kunci yang terdapat dalam kalimat penjelas.
Di dalam kalimat simpulan perlu ditulis kata-kata kunci yang merupakan bagian dari kalimat-kalimat penjelas dalam paragraf.
Contoh Kalimat Simpulan
Perhatikan paragraf berikut!
Mencintai lingkungan dapat dibuktikan dengan melakukan hal-hal sederhana. Misalnya, membuang sampah pada tempatnya. Hal tersebut terlihat sederhana namun memberikan dampak yang luar biasa. Jika setiap orang sadar akan hal tersebut, lingkungan akan senantiasa bersih dan bebas dari musibah banjir.

Penjelasan

Paragraf tersebut merupakan paragraf deduktif karena kalimat utamanya terletak di awal paragraf. Penjelasannya dapat dilihat sebagai berikut.
Ide pokok : Bukti cinta pada lingkungan
Kalimat utama : Mencintai lingkungan dapat dibuktikan dengan melakukan hal-hal sederhana.
Kalimat simpulan : Cinta pada lingkungan dapat dibuktikan dengan hal yang sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya.
Perhatikan paragraf berikut!
Bayu selalu tiba di sekolah sebelum jam pelajaran dimulai. Di sekolah, ia akan menyiapkan buku-buku yang diperlukan untuk pelajaran di hari itu. Jika ada pekerjaan rumah, Bayu akan menyelesaikannya di rumah. Di sekolah, ia akan mempelajari materi-materi yang telah dipelajari. Setiap ujian, dia tidak pernah khawatir mendapat nilai yang rendah karena selalu siap kapan pun. Oleh karena itu, Bayu sangat pantas dijadikan siswa teladan di sekolah.

Penjelasan

Paragraf tersebut merupakan paragraf induktif karena kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Penjelasannya dapat dilihat sebagai berikut.
Ide pokok : Bayu pantas dijadikan siswa teladan.
Kalimat utama : Oleh karena itu, Bayu sangat pantas dijadikan siswa teladan di sekolah.
Kalimat simpulan : Bayu pantas dijadikan siswa teladan di sekolah karena selalu datang tepat waktu dan rajin belajar.

Poin Penting

  1. Kalimat simpulan adalah pernyataan yang dibuat dengan bahasa sendiri dan berisi ringkasan isi pokok paragraf.
  2. Ciri-ciri kalimat simpulan adalah sebagai berikut: ditulis dengan bahasa sendiri, berdasarkan ide pokok, dan memuat kata-kata kunci yang terdapat dalam kalimat penjelas.


Contoh Soal Ciri-Ciri Kalimat Simpulan


Berikut ciri-ciri kalimat simpulan dalam sebuah paragraf, kecuali ….
Sarapan sangat penting untuk tubuh. Sarapan memberikan nutrisi bagi tubuh saat akan memulai aktivitas di pagi hari. Namun, nutrisi tersebut harus tetap diperhatikan. Sebaiknya saat sarapan, tubuh banyak mengonsumsi protein sebagai sumber energi. Selain itu, asupan serat yang banyak seperti buah-buahan juga sangat baik bagi tubuh.
Kalimat simpulan yang tepat untuk paragraf di atas adalah ….
Belum banyak orang memahami manfaat menabung. Selain hanya menyimpan uang, menabung juga dapat melatih kedisiplinan seseorang. Dengan menyimpan uang dalam jumlah yang sama dan dalam waktu yang terjadwal, seseorang akan terlatih untuk membiasakan diri taat pada aturan.
Kalimat simpulan yang tepat berdasarkan paragraf di atas adalah ….
Walikota Serang baru saja mencanangkan program “Selasa Bersepeda”. Program ini bertujuan untuk mengurangi polusi udara dan mengurai kemacetan yang semakin sering terjadi di kota tersebut. Selain itu, program ini juga bertujuan melatih masyarakat untuk hidup sehat dan hemat.
Pernyataan berikut sesuai dengan isi paragraf di atas, kecuali .…
Setiap hari tidak pernah lagi ada murid yang datang terlambat ke sekolah. Murid-murid berpakaian rapi sesuai ketentuan yang ditetapkan. Sekolah juga terlihat rapi dan bersih tanpa ada lagi sampah berserakan di halaman. Suasana belajar tenang dan terkendali sehingga semua murid belajar dengan senang hati. Inilah manfaat Gerakan Disiplin Sekolah yang diterapkan di SMP Cemara sejak dua bulan lalu.
Kalimat simpulan yang tepat berdasarkan paragraf di atas adalah ….
Cianjur terkenal dengan beras pandan wangi. Karakter beras ini adalah legit dan wangi. Pusat penghasil beras ini terutama berasal dari Kecamatan Warung Kondang. Beras ini sudah tersebar dan terkenal ke pelosok negeri. Karena banyak dicari, maka harganya pun relatif tinggi dibandingkan beras jenis lain.
Kalimat simpulan yang tepat berdasarkan paragraf di atas adalah ….
Semua pihak setuju bahwa jumlah hansip akan ditambah. Kepala kampung sudah menginstruksikan agar ronda malam harus semakin intensif dilaksanakan. Masyarakat pun diminta waspada dan tidak lupa mengunci pintu pagar di malam hari. Ini terjadi karena aksi pencurian makin marak di kampung ini.
Berdasarkan paragraf di atas, solusi mengatasi aksi pencurian antara lain sebagai berikut, kecuali ….
Menebar senyuman kepada siapapun dan kapanpun semakin jarang terlihat dalam kehidupan sehari-hari. Padahal senyum sedikit saja dapat memberikan energi positif bagi siapa saja yang melihatnya. Dengan tersenyum, semua masalah jadi terasa ringan. Hal tersebut menunjukkan bahwa tersenyum itu sederhana tapi bermanfaat.
Kalimat simpulan yang tepat berdasarkan paragraf di atas adalah ….
Hujan deras disertai angin ribut menghantam ibukota kemarin sore. Banyak pohon tua tumbang di sepanjang jalan protokol. Genangan tinggi juga terjadi di beberapa titik. Kejadian ini memperparah kemacetan yang biasa terjadi pada sore hari ketika jam pulang kantor tiba. Hal ini disebabkan perbaikan gorong-gorong tidak kunjung usai dan penataan pohon-pohon tua sudah lama tidak pernah dilakukan.
Pernyataan yang sesuai dengan paragraf di atas adalah sebagai berikut, kecuali ….
Tidak ada lagi siswa yang malu bersekolah karena belum membayar SPP atau tidak memiliki buku. Semua siswa kini sudah bersepatu dan berseragam. Perpustakaan sekolah pun sudah dibangun dengan megah. Para siswa dapat belajar dengan tenang. Hal tersebut merupakan hasil dari Program Peduli Pendidikan dari perusahaan perkebunan sawit di sekitar sekolah.
Kalimat simpulan yang tepat berdasarkan paragraf di atas adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel