Contoh Sola Sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini

Contoh Sola Sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini -
  1. Sistem dan Struktur Sosial Masuknya agama serta kebudayaan Hindu memberi pengaruh pada struktur sosial dan sistem masyarakat Indonesia. Salah satunya dengan masuknya pengaruh sistem kasta di kehidupan bermasyarakat, dan perubahan ke sistem kerajaan-kerajaan suku. Pengaruh agama dan kebudayaan Hindu-Buddha sendiri tidak begitu mendominasi atau merubah sistem dan struktur sosial masyarakat di Indonesia secara radikal, karena masyarakat telah memiliki kebudayaannya sendiri.
  2. Perdagangan Perdagangan di Indonesia sebagai kegiatan pertukaran barang antara penjual dan pembeli telah dimulai sejak awal abad Masehi. Dalam buku Guide to Geography Claudius Ptolomeus, di abad 1 M telah disinggung mengenai pelabuhan-pelabuhan penting di Indonesia serta kebudayaan Hindu-Buddha yang diyakini masuk melalui jalur perdagangan. India dan Cina adalah beberapa negara yang melakukan perdagangan dengan kerajaan-kerajaaan di Indonesia. Komoditi dagangnya meliputi gaharu, cengkeh, lada, dan kapur barus. Aktivitas dagang ini telah dimulai sejak zaman pra sejarah, dengan nekara perunggu sebagai bukti peninggalan kegiatan itu. Sistem perdagangan pada masa ini masih menggunakan sistem barter, namun lama kelamaan mengalami perubahan termasuk bertambahnya komoditi dagang.
  3. Tenaga Kerja Perkembangan sistem eknomi di zaman ini mengakibatkan masyarakat terbagi ke dalam beberapa golongan. Ada golongan yang tercipta karena agama, namun ada juga karena faktor tersedianya modal. Dari segi ketersediaan modal, ditemui golongan Ksatria dan Waisya dengan kemampuan modal yang baik untuk melakukan perdagangan, pertanian maupun jenis usaha lain.Hal ini menjadikan golongan di bawahnya sebagai pekerja dari usaha yang diciptakan. Lazim disebut golongan atau kasta Sudra.
  4. Penguasaan Tanah dan Pajak Sistem penguasaan tanah masa ini menuntut masyarakat untuk membayar sejumlah sewa kepada kerajaan. Hal ini dikarenakan anggapan bahwa raja adalah pemiliki tanah sehingga harus diberi upeti atau pajak atas pemakaian tanah yang nantinya digunakan untuk membiayai kegiatan operasional atau pembangunan kerajaan. Dengan adanya sistem ini jelas merugikan masyarakat, karena sewaktu-waktu masyarakat dapat kehilangan tanahnya jika raja memerintahkan untuk menyerahkannya.
  5. Transportasi Transportasi adalah sarana untuk memindahkan orang atau sejumlah barang ke tempat berbeda. DI masa ini, alat transportasi yang digunakan terbagi dua jenis, yaitu sarana angkutan darat dan angkutan air. Sarana pengangkutan darat berupa kuda, gajah, dan hewan lain yang dapat dipakai membawa barang. Sedangkan untuk pengangkutan air dengan kapal dan perahu. Dengan melihat bentuk, perahu pada masa ini terbagi atas : a) Perahu lesung, kapal dari satu batang kayu yang bagian tengahnya berbentuk lesung memanjang. b) Perahu papan, perahu dengan kayu-kayu yang disambung sedemikan rupa dan dengan bentuk yang lebih besar juga.
  6. Struktur Birokrasi Birokrasi adalah susunan sistem pemerintahan yang dijalankan oleh pemerintah berdasarkan hierarki dan jenjang jabatan. Struktur ini akan berbeda di setiap kerajaan Hindu-Buddha, karena perbedaan berbagai faktor sosial, sejarah kerajaan dan kebijaksanaan pemimpinnya. Sebagai perbandingan beberapa struktur dari kerajaan dengan pengaruh agama Hindu dan Buddha : a) Kerajaan Sriwijaya Diperkirakan kerajaan ini terbagi secara teritorial ke beberapa kerajaan kecil dengan raja-raja daerah sebagai pemimpinnya. Pusat kerajaan sendiri berada di Palembang. b) Kerajaan Mataram Kerajaan Mataram tidak sebgai suatu negara dengan kekuasaan tunggal mutlak. Ada Rakai atau Rakryan sebagai pemerintah di satu daerah dengan kekuasaan otonomi yang besar dan masih merupakan keluarga keraton. Ditemui birokrasi berlapis dengan beberapa tingkatan pejabat. c) Kerajaan Bali Pemerintahannya melibatkan raja yang dibantu Penasihat Pusat atau Panglapuan Somahanda Senapati di Panglapuan, Pasamaksa dan Palapknan. d) Kerajaan Sunda Menurut sumber yang ditemukan, Kerajaan diperintah oleh raja. Selain raja di pusat,pada daerah tertentu juga ada raja-raja yang berkuasa dengan hak waris takhta yang diturunkan langsung pada anaknya. Jika raja tidak memiliki anak, maka digantikan raja-raja daerah yang terbesar. Selain itu, juga ditemui jabatan mangkubumiyang adalah pejabat langsung di bawah raja dan bertanggung jawab atas segala sesuatu yang dilakukan bawahannya. e) Kerajaan Majapahit Kerajaan Majapahit bersifat teritorial dan desentralisasi. Kepercayaan berkembang kosmogonis, yang menggambarkan kerajaan sebagai replika jagat raya dengan dewa tertinggi yaitu Raja Majapahit. Dalam melaksanakn pemerintahan, raja dibantu oleh sejumlah pejabat. Bhattara Spataprabhu, yaitu Dewan Pertimbangan Kerajaan yang bertugas memberi masukan kepada raja. Anggotanya adalah sanak saudara raja. Di bawah raja, ada sejumlah raja daerah, Paduka Bhattara yang memerintah negara kecil dengan tugas mengumpulkan pajakdan upeti sebagai fungsi pertahanan.

Contoh Sola Sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini

Masuknya agama Hindu-Buddha di Indonesia tidak berpengaruh besar kepada sistem sosial masyarakat di Indonesia karena …
…. dan … adalah negara yang aktif melakukan persebaran agama Hindu – Buddha di Indonesia melalui proses dagang yang terjadi.
Golongan masyarakat pekerja di masa perkembangan Hindu – Buddha adalah ….
Bentuk kekuasaan raja di zaman perkembangan Hindu – Buddha di Indonesia adalah ….
Alat transportasi umum pada masa perkembangan Hindu – Buddha di Indonesia yang termasuk peninggalan sejarah adalah …
Kerajaan … di … adalah salah satu kerajaan Hindu – Buddha di Indonesia.
Kerajaan Mataram memberi otonomi bagi kerajaan- kerajaan kecil yang dipimpin …
Pemerintahan di Bali melibatkan pembantu untuk pemerintahan pusat, kecuali …
Di Kerajaan Sunda, raja membagi kekuasaan pengawasan kepada … dan meminta pertanggungjawaban langsung.
Bhattara Spataprabhu adalah …

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel