Contoh Soal Perlawanan Rakyat Maluku

Contoh Soal Perlawanan Rakyat MalukuMaluku adalah daerah timur di Indonesia yang berulang kali menjadi daerah koloni dari beberapa negara. Portugis, Inggris, dan terakhir Belanda, tercatat pernah menduduki daerah ini karena kekayaan alamnya yaitu rempah-rempah yang menjadi komoditi dagang negara-negara Eropa.
Di masa penjajahan Belanda, tercatat beberapa perlawanan dari daerah ini yang dipimpin oleh tokoh setempat. Berikut adalah beberapa tokoh tersebut.
  1. PATTIMURA Latar belakang terjadinya perlawanan terhadap Pemerintahan Kolonial Belanda di bawah pimpinan Thomas Matulessy atau dikenal dengan Kapiten Pattimura, antara lain: • Kebijakan monopoli dagang yang diberlakukan Belanda di daerah ini semasa peralihan kekuasaan dari Inggris. • Pemberlakuan Pajak Wajib dan Tanam Paksa, dengan mewajibkan seluruh masyarakat membayar pajak kepada kolonial dan menyerahkan hasil bumi mereka kepada Belanda untuk dihargai sesuai dengan keinginan penjajah. • Pemberlakuan sistem mata uang tunggal sebagai ganti mata uang yang sebelumnya beredar di Maluku. • Perekrutan paksa untuk menjadi serdadu Belanda. Kebijakan-kebijakan yang diterapkan oleh Belanda mendapatkan protes dari masyarakat setempat. Mereka mengirimkan daftar keluhan yang ditandatangani oleh tokoh-tokoh setempat. Namun, langkah ini tidak mendapat tanggapan dari pihak Belanda. Sebagai reaksi, rakyat Maluku mengumpulkan pasukan untuk menyerang benteng pertahanan Belanda, Duurstede, di Saparua pada Mei 1817. Dalam penyerangan ini, benteng berhasil dikuasai, bahkan mereka dapat menahan Residen (perwakilan pemerintah) Belanda, Van den Berg. Pada November 1817, Belanda mengirimkan pasukan dalam jumlah besar yang dipimpin oleh Kapten Lisnet dan Mayer untuk merebut Duurstede. Penyerangan ini berhasil menangkap Kapiten Pattimura dan beberapa pengikutnya seperti, Thomas Pattiwael, Raja Tiow, Lukas Latumahina, dan Johanes Mattulessi. Pasca tertangkapnya Pattimura, Belanda menawarkan kesempatan untuk bekerja sama. Penawaran ini ditolak oleh Kapiten Pattimura, sehingga akhirnya pada 16 Desember 1817, Pattimura dihukum gantung di depan Benteng Victoria, Ambon.
  2. Martha Christina Tiahahu Martha Christina Tiahahu adalah pejuang wanita yang berasal dari Tanah Maluku. Ayahnya merupakan salah satu orang kepercayaan dari Kapiten Pattimura, yaitu Paulus Tiahahu. Perjuangan Martha Christina Tiahahu sebagian besar bertempat di Pulau Nusa Laut dan Saparua. Yang menarik adalah bahwa dalam perjuangannya, Martha Christina Tiahahu yang terbilang remaja selalu berdampingan dengan ayahnya. Perlawanan kedua tokoh Maluku ini terhenti dalam sebuah pertempuran di Pulau Saparua. Kondisi persenjataan dan pasukan yang tidak berimbang membuat perlawanan mereka dapat dipatahkan Belanda. Dalam pertempuran ini, Paulus Tiahahu ditembak mati oleh Belanda, sedangkan Martha Christina Tiahahu berhasil melarikan diri ke hutan dan bergerilya sebelum akhirnya tertangkap serta dibawa untuk diasingkan ke Pulau Jawa. Dalam pelayaran menuju Pulau Jawa, Martha Christina Tiahahu menolak untuk makan dan menjalani pengobatan yang diberikan oleh Belanda. Akibatnya kesehatannya terus memburuk dan akhirnya wafat di atas kapal perang tersebut. Pada 2 Januari 1818, jasad Martha Christinan Tiahahu ditenggelamkan di Laut Banda dari atas kapal Perang Eversten. Kapal itu semula bertujuan membawanya menuju pengasingan di Pulau Jawa.

Contoh Soal Perlawanan Rakyat Maluku

Salah satu tokoh perlawanan Maluku adalah Kapiten Pattimura atau dikenal dengan nama aslinya ….
Salah satu kebijakan Belanda di Maluku yang sempat dihentikan selama masa pemerintahan Inggris adalah ….
Benteng pertahanan Belanda di Saparua yang menjadi target penyerangan pasukan Kapiten Pattimura adalah ….
Residen Belanda yang ditempatkan sebagai perwakilan pemerintah di Maluku adalah ….
Serangan kepada pemerintahan kolonial Belanda oleh Pattimura dilakukan pertama kali pada …..
Pasukan Belanda pimpinan …. berhasil menangkap Kapiten Pattimura dan pengikutnya dalam sebuah serangan mendadak.
Pasca penangkapannya, Kapiten Pattimura dihukum gantung oleh Belanda di …..
Martha Christina Tiahahu adalah tokoh perjuangan Maluku bersama dengan ayahnya …..
Lingkup perjuangan Martha Christina Tiahahu berada di daerah ….
Jasad Martha Christina Tiahahu dihanyutkan di ….. dari kapal ……

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel