Contoh Soal Asal-usul nenek Moyang bangsa Indonesia

Contoh Soal Asal-usul nenek Moyang bangsa IndonesiaSejumlah ilmuwan memberikan pendapat mengenai nenek moyang bangsa Indonesia.

1. Prof. Dr. H. Kern
Nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Asia karena ada kesamaan bahasa yang digunakan di Kepulauan Indonesia, Polinesia, Melanesia, dan Mikronesia. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Campa dari akar bahasa Austronesia.
2. Robert von Heine Geldern
Nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Asia Tengah. Hal ini dibuktikan dengan penemuan sejumlah artefak sebagai benda budaya yang memiliki kesamaan dengan di daratan Asia.

Contoh Soal Asal-usul nenek Moyang bangsa Indonesia


SOAL 1
Menurut Prof. H. Kern, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Asia karena ada kesamaan bahasa yang digunakan di Kepulauan Indonesia, Polinesia, Melanesia, dan Mikronesia. Mereka tiba di Indonesia menggunakan ….

SOAL 2
Bangsa Deutro Melayu masuk ke Indonesia sekitar tahun 500 SM melalui jalur barat yaitu Semenanjung Melayu-Sumatera-wilayah Indonesia. Mereka membawa kebudayaan perunggu dari ….

SOAL 3
Manusia purba tertua yang berhasil ditemukan di Indonesia adalah …

SOAL 4
Nenek moyang suku bangsa Papua yang merupakan pendukung kebudayaan Mesolitikum adalah ….

SOAL 5
Salah satu pendapat mengenai asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia menyebut asal dari Cina bagian selatan atau yang biasa disebut dengan Yunan. Pendapat ini diuatarakan oleh seorang pakar pra-sejarah bernama …

SOAL 6
Perhatikan nama-nama suku di bawah ini :
1) Suku Nias
2) Suku Toraja
3) Suku Jawa
4) Suku Dayak
5) Suku Baduy
Dari nama suku di atas yang merupakan bangsa Proto Melayu adalah nomor…

SOAL 7
Penemuan Pithecanthropus Erectus di Indonesia dianggap sebagai jawaban dari missing link dalam perkembangan evolusi manusia purbakala. Pithecanthropus ditemukan oleh…

SOAL 8
Ras asli nenek moyang bangsa Indonesia yang dikategorikan sebagai proto melayu dan deutero melayu berasal dari ras…

SOAL 9
Penemuan fosil manusia purba biasanya tidak lengkap, tetapi para ahli dapat menggambarkan bentuk manusia purba dengan cara…

SOAL 10
Di bawah ini adalah ciri Meganthropus Paleojavanicus ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel