Contoh Soal Peradaban Inca

Contoh Soal Peradaban IncaSuku Inca merupakan sebuah kelompok yang mulanya mendiami daerah Peru. Legenda menyebutkan bahwa suku bangsa Inca berawal dari sekelompok anak dewa matahari, yang berasal dari sebuah gua di sebelah tenggara kota Cuzco.Suku Inca mendiami daerah Cuzco sejak tahun 1200, tetapi sejak penaklukan oleh kekuasaan Panchacuti dalam tahun 1438, bangsa Inca mulai memperluas wilayahnya dengan menaklukan daerah-daerah sekitarnya. Akhirnya Suku Inca membentuk suatu wilayah kekuasaannya sendiri yang membentang dari Quito di Utara hingga Chile bagian tengah. Bangsa Inca menyebut wilayah kekuasaannya Tabuantisuyu, artinya daerah yang meliputi empat wilayah. Nama itu menunjukan bahwa seluruh wilayah kekuasaan bangsa Inca terbagi menjadi menjadi empat geografis, yang dibagi menjadi lebih dari 80 propinsi. Penguasa tertinggi berada di tangan seorang pemimpin yang dianggap sebagai wakil dewa matahari.
Dari segi ilmu pengetahuan, ilmuwan menyimpulkan bahwa bangsa Inca memiliki ilmu pengetahuan yang maju dan berkembang, walaupun tidak mengungguli perkembangan ilmu pengatahuan di Aztec dan Maya. Kesenian juga adalah salah satu bidang kehidupan suku Inca yang dinilai berkembang dengan pesat dalam, terutama seni bangunan. Pembuatan tekstil dan keramik, pembangunan benteng-benteng pertahanan, dan jalan-jalan raya yang lebar. Kemajuan ini tidak dapat dipisahkan dari kemampuan pemerintah mengatur masyarakat. Kerajaan Inca mencapai puncak kejayaan melalui ekspansi yang dilakukan Maharaja Huayna Capac. Ia memerintah dari 1493 hingga sekitar 1527 dan meninggal akibat cacar. Menurut para peneliti, saat berada pada puncak kekuasaan, wilayah kekuasaan kerajaan Inca terentang dari perbatasan Ekuador dan Kolombia sampai sekitar 80 kilometer ke utara kota Santiago, Cili. Wilayah ini diperkirakan seluas 775.000 kilometer persego dengan populasi sebanyak 12 juta jiwa.
Secara geografis, wilayah yang tempat suku Inca bermukim adalah daerah pegunungan, yang tidak baik untuk pertanian. Untuk mengatasi masalah ini, teras dipotong menjadi lereng curam, yang dikenal sebagai Andenes, sehingga memungkinkan untuk menanam tanaman dan menggunakan irigasi . Sektor pertanian inilah yang diketahui menopang total ekonomi bangsa Inca. Terlebih karena masyarakat Inca lemah dalam sistem pasar dan perdagangan. Setiap penduduk dari kerajaan diberikan seluruh kebutuhan hidup oleh pemerintah, termasuk makanan, peralatan, bahan mentah, dan pakaian. Mereka tidak perlu membayar apapun. Masyarakat Inca juga tidak memiliki toko atau pasar. Kebutuhan yang terpenuhi oleh pemerintah membuat mereka memerlukan mata uang standar atau uang, dan tidak ada gunanya untuk mengeluarkan uang atau berdagang untuk kepentingan tertentu.
Suku Inca menyembah kumpulan dewa seperti Dewa Pencipta Viracocha, Dewa Matahari *Inti, Dewa Petir Illapa, dan Dewi Bumi Pachamama. Jumlah ini masih ditambah dengan dewa lainnya yang berasal dari wilayah yang ditaklukkan kerajaan. Setiap dewa disembah dalam berbagai ritual seperti berdoa, berpuasa, mengorbankan hewan, dan pengorbanan manusia. Bangsa Inca juga dikenal dengan kebiasaannya mengawetkan jenazah raja ataupun keluarga bangsawan.
Warisan kebudayaan suku Inca yang paling dikenal adalah emas dan perak, dan benda-benda ini masih banyak yang terawat hingga saat ini. Tetapi para ahli sepakat bahwa warisan yang paling mengagumkan dari suku Inca adalah produk tekstil. Pakaian buatan suku Inca merupakan pencapaian terbesar menurut masyarakat modern.Masyarakat Inca memproduksi katun, mengumpulkan wol, dan keduanya digunakan menjadi produk tekstil yang rumit. Banyak tradisi Inca yang diwariskan dan bertahan di wilayah Andes. Pembuatan tekstil masih populer, makanan yang mereka makanan kini mulai diperkenalkan ke seluruh dunia, situs arkeologis seperti Macchu Picchu menjadi wilayah yang populer dan diketahui sebagai salah satu pusat peradaban suku bangsa ini. Beberapa wilayah lain yang diyakini sebagai pusat peradaban di masa Inca adalah :
1) Moray, laboratorium pertanian bangsa Inca, yang kemungkinan digunakan untuk mengembangkan varietas tanaman yang cocok ditanam di dataran tinggi Andes
2) Coricanha, bangunan yang terletak di Cuzco, nama aslinya adalah Inti Kancha (Kuil Matahari) merupakan kuil terpenting buat kerajaan Inca. Dahulunya disebutkan bahwa dinding dan lantai kuil ini dilapisi oleh emas padat, namun sama halnya dengan bangunan-bangunan Inca lainnya mengalami penjarahan oleh para penakluk Spanyol.
3) Isla del Sol atau "Island of the Sun" merupakan sebuah pulau di bagian selatan danau Titicaca, merupakan pulau berbukit dan bebatuan. Menurut legenda suku Inca, Pulau ini adalah daratan yang pertama kali muncul setelah air dari banjir besar mulai surut dan Matahari muncul kembali di pulau untuk menerangi langit.

Contoh Soal Peradaban Inca

Kebudayaan suku Inca diyakini berpusat di wilayah ....
Suku Inca disebut berasal dari keturunan ....
Tabuantisuyu artinya wilayah kekuasaan bangsa Inca yang terbagi menjadi ....
Puncak kejayaan bangsa Inca berlangsung di masa kepemimpinan ....
Fakta berikut yang tidak tepat tentang kehidupan suku Inca adalah ....
Kegiatan utama untuk menopang kehidupan masyarakat Inca ialah ....
Corak kepercayaan bangsa Inca adalah ....
Peninggalan kebudayaan Inca yang dinilai paling menarik ialah ....
Istana yang menjadi pusat pemerintahan semasa kebudayaan Inca disebut dengan ....
Kebudayaan peninggalan Inca diketahui banyak mengalami penjarahan semasa invasi negara ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel