Contoh Soal Peradaban Romawi

Contoh Soal Peradaban RomawiPeradaban Romawi Kuno berdasarkan mitos adalah daerah seputar kota Roma yang didirikan oleh Remus dan Romulus di abad 8 SM di tepi Sungai Tiber. Peradaban Romawi saat itu tercatat memiliki sejumlah peradaban yang bahkan sampai saat ini dinilai sangat maju. Bangsa Romawi saat itu telah memiliki kemampuan arsitektur dalam pembuatan aquaduct (saluran air bergantung) serta stadion yang diberi nama Amphiteater dan Colosseum yang dijadikan sebagai ajang pertarungan gladiator. Romawi saat itu mencakup daerah Bizantium yang saat ini menjadi bagian dari Turki.
Secara geografis, daerah Romawi Kuno terletak di Semenanjung Apenina. Kondisi tanahnya subur berkat gunung berapi Visuvius, Stromboli, dan Etna dan dikelilingisungai seperti Tiber dan Sungai Po yang menyuburkan tanah. Wilayah Romawi di sebelah barat dibatasi Laut Tirrenia, sebelah timur dibatasi Laut Ionia dan Laut Adriatik, sebelah utara dibatasi negara Swiss dan Austria, dan sebelah selatan dibatasi oleh Pulau Sisilia dan Laut Tengah. Bangsa Romawi hidup dari bercocok tanam menghasilkan gandum, jagung, anggur, zaitun, sayur-sayuran, serta rajin beternak biri-biri.
Bangsa Romawi menganut sistem kepercayaan politheisme dengan menyembah banyak dewa. Nama-nama dewanya mirip dengan dewa Yunani, seperti dewa Zeus (diganti dengan Yupiter), dewa Vesta, Dewa Genius, dewa Yuno (Hera), dan dewa Aprodhite (diganti Venus).
Pemerintahan Romawi semula berbentuk kerajaan (750 – 510 SM). Pada masa Kerajaan Romawi, selalu ada keributan di antara rakyat dan penguasa. Keributan ini didasari dengan terbaginya golongan masyarakat di Romawi yaitu golongan patricia (golongan bangsawan) yang memegang kekuasaan di Roma sebagai warga penuh dan golongan lainnya yang disebut plebeca (rakyat rendah). Pada zaman raja Tarquinus memerintah, sebagai seorang diktator ia menghadapi pemberontakan dari Yunius Brutus, sehingga Romawi berubah menjadi republik (510 –27 SM). Pada masa republik inilah terjadi perluasanwilayah Romawi sehingga membentang dari Spanyol sampai Palestina – Jerman – Mesir. Alasan inilah mengapa Orang Romawi menamakan Laut Tengah adalah laut kita (More Nostrum). Untuk mengatur kehidupan bernegara disusun undang-undang tertulis yang pertama, yakni Lejes Duodecim Tabularum yang berupa 12 lempengan tembaga.
Pada masa republik, Romawi diperintah oleh tiga tokoh yang disebut Triumvirat (60–44 SM), terdiri atas Pompeyus, Crassus, dan Julius Caesar. Ketiga orang ini, selalu berseteru dan masing-masing karena ingin menonjolkan dirinya dengan mengajukan diri sebagai pimpinan di Romawi. Setelah meninggalnya Crassus dalam pertempuran di Mesopotamia, hubungan buruk antara Pompeius dan Julius Caesar tak terelakkan lagi. Pompeius mencoba merangkul Senat dan menyingkirkan saingannya, namun kelihaian Julius Caesar tak dapat dibendung bahkan berhasil menguasai Peninsula (Semenanjung Italia) dan membunuh Pompeius di Yunani.
Di masa pemerintahan Constantine Agung terjadi pemindahan ibukota dari Roma ke Konstantinopel. Keputusan ini merupakan awal yang tidak baik bagi kekuasaan Imperium Romawi. Pada tahun 400 M, pecahlah kekuasaan Romawi menjadi dua bagian, yaitu Imperium Romawi Barat dengan ibukota Roma dan Imperium Romawi Timur dengan ibukota Konstantinopel. Tahun 476 M Imperium Romawi Barat hancur oleh penyerangan bangsa Jerman. Keruntuhan Romawi Barat tidak memengaruhi keamanan Romawi Timur, bahkan sempat mengalami kejayaan pada masa Kaisar Yusthianus tahun 527-563 M. Pada tahun 1543 Imperium Romawi Timur hancur oleh serangan bangsa Turki.
Peradaban Romawi mengalami keruntuhan karena berlarutnya Perang Saudara di wilayah ini. Perang Saudara melahirkan kudeta berulang – ulang di pemerintahan sehingga tidak terjadi stabilitas dalam negara. Secara umum, keruntuhan Romawi disebabkan oleh :
a) Kaisar Romawi tidak mampu memberikan contoh pimpinan yang baik,
b) Lemahnya pertahanan Romawi karena mengandalkan tentara sewaan (homoromanicus)
c) Pecahnya kekaisaran Romawi Barat dan Timur.
Terlepas dari kudeta dan keruntuhan yang dialami Peradaban Romawi, tercatat bangsa Romawi meninggalkan banyak warisan peradaban modern untuk dunia di antaranya :
• Organisasi kenegaraan dan kemiliteran
• Sistem pendidikan terorganisir yang dimulai dari pendidikan dasar sampai menengah dengan bahasa Latin dan Yunani
• Bangunan – bangunan kuno peninggalan peradaban Romawi 
• Kemajuan hukum, antara lain, muncul ahli hukum Yustinianus dengan Codex Yustinianus disebut Corpus Yuris. Ahli hukum lainnya adalah Pompinianus dan Theodoseus.

Contoh Soal Peradaban Romawi

Daerah Romawi saat ini dikenal sebagai Kota ....
Pertarungan gladiator di masa peradaban bangsa Romawi dilangsungkan di ....
Daerah kekuasaan bangsa Romawi yang saat ini menjadi wilayah kekuasaan Turki adalah ....
Sistem kepercayaan yang dianut masyarakat Romawi ialah ....
Sebelum peralihan bentuk pemerintahan menjadi Republik, wilayah Romawi berbentuk ....
Golongan Patricia di masa pemerintahan Romawi berperan sebagai ....
Triumvirat adalah pemerintahan Romawi di masa Republik yang dipimpin oleh ....
Semenanjung Italia berhasil dikuasai bangsa Romawi secara penuh di masa kepemimpinan ....
Konstantin melakukan pemindahan ibu kota Roma ke wilayah ....
Peradaban Romawi mengalami keruntuhan secara total setelah jatuhnya Romawi Timur oleh serangan dari bangsa ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel