Contoh Soal Peradaban Awal Amerika

Contoh Soal Peradaban Awal Amerika -
  1. Keadaan Alam Benua Amerika dibagi atas bagian Utara, Tengah dan Selatan, serta dipersatukan oleh rangkaian pegunungan tinggi dari utara ke selatan yaitu Rocky Mountains, Pegunungan Amerika Tengah dan Pegunungan Andes. Benua Amerika diapit oleh dua samudera, yakni Samudera Pasifik di Barat dan Samudera Atlantik di sebelah timur. Hasil buminya berupa mineral sehingga memungkinkan sektor industri berkembang pesat. Sedangkan di dataran rendah banyak dijumpai penguasaan lahan untuk kepentingan pertanian, perkebunan, dan peternakan.
  2. Penduduk Suku Indian yang berasal dari Asia diperkirakan sebagai penduduk asli Benua Amerika pada masa lampau. DI antara suku-suku Indian itu, ada yang sudah mengenal kebudayaan tinggi seperti Suku Maya dan Aztec di Meksiko serta Suku Inka di Peru. Kebudayaan ketiga suku tersebut memiliki kemiripan yang sama-sama mengusahakan pertambangan emas dan perak. Di samping itu, mereka memiliki kebiasaan mengawetkan mayat seperti bangsa Mesir Kuno.
  3. Kerajaan Kuno di Amerika 1) Kerajaan Inka di Peru Suku Inka mendirikan sebuah kota di Pegunungan Andes dengan teknik yang maju, yakni kota Macchu Picchu, yang hanya dapat dilalui lewat jalan sempit di sepanjang puncak pegunungan Andes. Macchu Pichu ditinggalkan penghuninya pasca penaklukan Spanyol. Penggalian kota ini baru berhasil di tahun 1911 atas andil ahli arkeologi Amerika Serikat, Hiram Bingham. Geografis Kerajaan Inka terdiri dari daerah pegunungan dengan kantung-kantung kecil sebagai tempat tinggal penduduk. Masing-masing penduduk memiliki bahasa yang beraneka ragam. Namun kendala keragaman bahasa ini tidak menghalangi kerja sama antar masyarakat. Salah satunya dengan pembangunan sistem pengairan sampai ke lembah-lembah sungai di pantai Peru. Kepercayaan bangsa Inka diatur oleh lembaga agama di bawah pemerintahan. Unsur pokok dalam agama rakyat terlihat di daerah kuno dengan Virakocha sebagai dewa pencipta. Akan tetapi yang lebih berpengaruh dalam kehidupan masyarakat adalah Dewa Matahari, Bulan, Bintang dan Halilintar. Bahkan Dewa Matahari dipercayai sebagai keturunan awal dari keluarga Kerajaan Inka. Selain pemujaan terhadap Dewa, masyarakat Inka juga melakukan pemujaan terhadap roh leluhur. Mereka menyimpan mumi dalam bungkusan kain dan ditempatkan pada sebuah ruangan yang megah. 2) Kerajaan Maya dan Aztek Bangsa Maya Kuno memiliki sedikitnya 80 situs penting yang tersebar di Amerika Tengah. Salah satunya situs dengan kuil lebih tinggi dari 60 meter. Kota paling awal berdiri diperkirakan pada abda ke -3 di Hutan Guatemala dan kota terakhir pada abad ke-10 dan ke-11 di sebuah dataran Yukatan bagian Utara. Peradaban Maya berkembang dengan pesat di daerah Guatemala dan Yukatan. Salah satu buktinya adalah Tikal yang merupakan situs besar tertua berupa dua piramid terjal berhadapan seperti gedung pencakar langit. Masyarakatnya sendiri hidup bertani, mengolah ladang dengan tangan. Keterbatasan ini berakibat ketidak seimbangan antara hasil dan tenaga yang dikeluarkan. Mengingat keterbatasan itu, petani kemudian mengembangkan pulau-pulau buatan yang subur untuk bercocok tanam. Penduduk Amerika Tengah menyembah dewa-dewa alam sederhana. Mereka berdoa dan memberikan sesajian. Setiap kota kecil mempunyai dewa-dewa khusus yang memperhatikan penduduk sekitarnya. Upacara dan pemujaan kemudian berkembang ke arah yang ekstrem dengan melaksanakan upacara korban dengan nyawa manusia sebagai tumbalnya. Ritual ini berasal dari orang Toltek, Meksiko.

Contoh Soal Peradaban Awal Amerika

Benua Amerika terbagi atas tiga daerah yaitu …
Pegunungan Rocky, …. dan … membentang di antara negara-negara Benua Amerika.
Penduduk asli Benua Amerika diyakini merupakan transmigran Asia yaitu suku …
Kebudayaan Amerika Kuno didominasi oleh tiga kebudayaan dari suku utamanya, yaitu …
Kerajaan … membangun ibukotanya di sepanjang pegunungan Andes yang dinamai Macchu Pichu.
Virakocha adalah dewa pencipta yang diyakini keberadaannya oleh masyarakat kerajaan ….
Situs peninggalan bangsa Maya banyak ditemukan di daerah …
Guatemala dan Yukatan adalah tempat dimana peradaban suku … berkembang dengan pesat.
Dalam perkembangan kebudayaan suku Maya dikenal juga Piramida yang disebut sebagai …
Ritual suku bangsa Maya mengalami perkembangan dengan mengorbankan nyawa semenjak dipengaruhi oleh suku …

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel