Contoh Soal Peradaban Aztec

Contoh Soal Peradaban AztecPenggunaan sebutan ‘Aztec’ pertama kali digunakan oleh seorang penjelajah abad ke-18 dan menjadi populer pada abad ke-19. Suku Aztec diyakini sebagai bangsa pengembara yang tiba di lembah Meksiko dan mendirikan peradabannya di awal abad ke -3. Di daerah inilah bangsa Aztec mengakhiri tradisi pengembaraannya dengan mengembangkan tradisi baru yaitu pertanian di daerah rawa – rawa sebelah Selatan menjadi ladang subur yang disebut dengan cinampa. Bangsa Aztec dikenal sebagai bangsa yang suka berperang dengan tujuan mendapatkan tawanan untuk dijadikan kurban persembahan dalam ritual kepercayaan yang mereka yakini. Peradaban mereka sudah cukup maju dengan ditemukannya puing – puing istana dan kuil – kuil megah yang dijadikan sebagai tempat pemujaan.
Salah satu kuil terbesar suku Aztec diperkirakan berdiri pada tahun 1320 di Tenochtitlan dan dijadikan sebagai pusat pemerintahan dan tempat suci. Kota ini dibagi menjadi empat wilayah dengan penguasa pertamanya, seorang pendeta yang bernama Tenoch. Kerajaan sendiri memiliki kesatuan tentara yang disebut Ksatria Elang dan Ksatria Jaguar. Berhubungan dengan kepercayaan yang mereka anut, suku Aztec meyakini bahwa mereka hidup di zaman matahari kelima. Ritual persembahan dalam upacara pengorbanan yang mereka lakukan bertujuan untuk menunda akhir zaman. Ritual ini dilakukan untuk dewa tertinggi mereka, dewa matahari yang disebut Huitzilopochtli.
Dalam kehidupannya, bangsa Aztec mengenal tulisan piktograf yang mirip dengan huruf hieroglyph. Aksara Aztec disebut dengan n’ahuatl yaitu aksara bergambar. Untuk dokumentasi tulisan, diyakini hanya dilakukan oleh para ahli dan imam terpelajar pada kertas yang terbuat dari kulit kayu atau kulit rusa. Suku Aztec sudah memiliki penataan pendidikan, dengan mewajibkan sekolah umum kepada semua anak dengan berdasarkan status sosial dan gender. Anak laki-laki bangsawan akan dikirim ke Sekolah Calmecac dimana mereka akan belajar tentang sejarah, astronomi,seni, cara mengatur dan memimpin, sementaraanak laki-laki dari ksatria yang lebih rendah dikirim ke Sekolah Cuicacalli yang berfokus untuk mempersiapkan mereka sebagai prajurit. Sementara anak-anak perempuan dikirim ke sekolah-sekolah dimana mereka akan diajarkan tugas domestik, seperti memasak dan menenun. Suku Aztec dikenal dengan kebudayaan mereka yang membuat tembikar dan patung ataupun menciptakan gambar-gambar yang artistik.
Sebagai bangsa yang mengembangkan tradisi pertanian, mereka juga mengembangkan sistem penanggalan. Sistem penanggalan yang mereka gunakan adalah dengan menghitung jumlah hari, yaitu 365 hari dalam setahun, dan dibagi dalam 20 bulan. Setelah dibagi terdapat sisa sebanyak 5 hari yang kemudian mereka anggap hari sial. Sistem penanggalan ini mereka gunakan untuk menandai waktu menanam dan memanen. Suku Aztec memiliki sistem pendidikan dan ilmu pengetahuan yang jauh lebih baik dari pada yang dimiliki oleh bangsa Spanyol. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya Kodeks Badianus yang ditulis pada tahun 1552 oleh Martinus yang merupakan dokter bagi suku Aztec. Kodeks itu memuat resep tradisional untuk pengobatan herbal.
Peradaban Aztec mengalami kehancuran ketika Hernan Cortes (1485-1547) seorang prajurit dan penjajah Spanyol yang datang ke Meksiko. Hernan sangat terkesan dengan bangunan istana, kuil, dan jalan raya yang tertata. Kedatangannya disambut Kaisar Aztec yang bernama Moctezuma II, namun Herman membalasnya dengan menjadikan kaisar tersebut sebagai tawanan dan membunuh para bangsawan Aztec lainnya. Pemimpin Aztec yang tersisa melakukan perlawanan namun tidak berhasil. Moctezuma II dibunuh, Kota Tenochtitlan dihancurkan, dan Hernan Cortes kemudian menjadi gubernur Meksiko.

Contoh Soal Peradaban Aztec

Penamaan Aztec pertama kali digunakan pada abad ke ....
Daerah yang diyakini sebagai pusat peradaban Suku Aztec berada di wilayah ....
Sebutan cinampa bagi suku Aztec berhubungan dengan ....
Dewa tertinggi dalam kepercayaan masyarakat Aztec adalah ....
Ritual persembahan yang dikenal dalam kebudayaan Aztec bertujuan untuk ....
Pernyataan berikut yang tidak tepat tentang peradaban Aztec adalah ....
Sekolah Cuicacalli adalah tempat anak – anak ksatria Aztec belajar tentang ....
Sistem penanggalan Aztec membagi 365 hari dalam setahun menjadi ....
Keruntuhan kebudayaan Aztec berawal dari kedatangan atau invasi penjajah yang berasal dari negara ....
Kaisar terakhir Aztec adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel