Contoh Soal Peradaban Awal Afrika

Contoh Soal Peradaban Awal AfrikaPeradaban awal Afrika disokong oleh dua peradaban utama yaitu Peradaban Mesopotamia dan Peradaban Lembah Sungai Nil.
PERADABAN MESOPOTAMIA
1) Letak Geografis
Mesopotamia terletak di antara dua aliran sungai, yakni Sungai Eufrat dan Tigris. Daerah di sepanjang aliran sungai ini merupakan daerah-daerah yang subur sementara di luar daerah ini adalah gurun-gurun pasir.
2) Penduduk dan Masyarakat
Di sekitar Mesopotamia didiami oleh bangsa-bangsa dari rumpun Semit. Kehidupan mereka semi nomadik. Artinya mereka hidup dari beternak dan berdagang, namun setelah mendapati tanah-tanah yang subur maka mereka mulai hidup dari hasil pertanian. Pada tahun 3000 SM, daerah Mesopotamia juga didiami oleh bangsa Sumeria.
3) Pertanian dan Pengairan
Genangan air dari bah kedua sungai di musim hujan meninggalkan lapisan lumpur subur yang sesuai untuk bercocok tanam. Tantangan dari kerajaan-kerajaan yang menguasai Mesopotamia adalah bagaimana memanfaatkan air bah yang kerap datang untuk pertanian. Permasalahan ini diselesaikan dengan membuat sistem pengairan yang baik.
4) Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Sejak kedatangan bangsa Sumeria, bidang iptek telah menunjukkan kemajuan. Beberapa di antaranya adalah pada bidang arsitektur dengan perencanaan pembangunan kota yang teratur dan dengan model ziggurat, kemampuan mengolah logam untuk bermacam keperluan dan juga pemanfaatan ilmu pengetahuan di berbagai aspek kehidupan seperti pembangunan perpustakaan dan Taman Gantung pada masa Babylonia.
5) Aksara
Bangsa Sumeria sudah mengenal huruf paku. Huruf paku ditemukan pada prasasti, Codex Hammurabi yang berisi tentang hukum dan undang-undang yang berlaku untuk mengatur kerajaan.
6) Penanggalan/Kalender
Di Sumeria juga sudah mengenal sistem penanggalan/kalender yang dimaksudkan untuk mengetahui perputaran waktu dan musim. Hal ini perlu untuk menentukan saat tepat bercocok tanam, perdagangan, dan sebagainya
7) Perekonomian
Posisi geografis yang strategis memudahkan penduduk untuk melakukan pertukaran produk dengan masyarakat di lembah sungai Shindu dan sebaliknya.
8) Pemerintahan
Bentuk pemerintahan adalah negara kota dengan seorang raja yang merangkap sebagai kepala agama. Raja mengatur perekonomian dan memimpin pasukan ke medan perang. Beberapa kerajaan yang pernah berkuasa di Mesopotamia, antara lain, Kerajaan Sumeria, Kerajaan Akkadia, Babylonia Lama, Kerajaan Assyria Babylonia Baru, dan Persia.
9) Kepercayaan
Kepercayaan di Mesopotamia berasal dari kepercayaan bangsa Sumeria yang memuja dewa-dewa. Kepercayaan ini terus berkembang dan dianut oleh masyarakat lain yang tinggal di daerah Mesopotamia. Tetapi ketika peralihan kekuasaan kepada Kerajaan Persia, berkembanglah ajaran agama Persia yang mempercayai kitab suci Awesta yang merupakan firman dari dewa dan diturunkan kepada bangsa Persia melalui nabi.
10) Peninggalan Kebudayaan
Dari sisi seni bangunan ditemukan Taman Gantung pada zaman Babylonia Baru. Sementara dari sisi pengetahuan diketahui bahwa bangsa Sumeria telah mampu menghitung seperti 1 tahun yang terdiri dari 354 atau 360 hari. 
PERADABAN LEMBAH SUNGAI NIL
Mesir adalah pusat kebudayaan tertua di Benua Afrika yang diperkirakan ada sejak tahun 4000 SM. Hal ini disimpulkan melalui penemuan sebuah batu tulis oleh pasukan Napoleon Bonaparte dan berhasil diterjemahkan oleh Jean Francois Champollion.
1) Seni Bangunan
Piramida sebagai makam dari raja Mesir kuno mulai dibangun pada tahun 3000 SM. Pembangunan ini mengerahkan tenaga rakyat. Sedangkan untuk pemujaan terhadap dewa, bangsa Mesir membangun obelisk yaitu sebuah tugu dengan lukisan relief dan tulisan gambar, hieroglyf.
2) Pertanian dan Pengairan
Seperti halnya daerah peradaban kuno lainnya, Mesir adalah tanah yang subur sehingga masyarakatnya membudidayakan pertanian dengan jelai dan gandum sebagai komoditi utamanya. Untuk meningkatkan hasil panen, petani membangun terusan-terusan untuk mengalirkan air ke ladang dan waduk untuk penyimpanan air.
3) Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Masyarakat Mesir mempelajari dan mengenal tata alam lingkungan tempat tingggalnya. Ilmu pengetahuan yang tinggi ini juga menyokong kepercayaan mereka terhadap roh sehingga jasad tiap orang yang meninggal selalu diawetkan, karena mereka percaya roh akan tetap hidup asalkan jasad tersebut tidak rusak.
4) Tulisan
Salah satu peninggalan aksara yang dijumpai adalah tulisan yang ada pada dinding kuburan raja-raja Mesir kuno. Aksara Mesir kuno adalah gambar. Mereka juga menulis atau memahat aksara pada batu-batu atau daun papyrus.
5) Astronomi/Penanggalan
Mereka sudah mengenal penanggalan berdasarkan masa edar matahari sejak 2776 SM. Membagi 1 tahun menjadi 12 bulan dan 1 bulan ke 30 hari. Ilmu astronomi juga digunakan untuk pedoman bercocok tanam.
6) Pemerintahan
Sistem Pemerintahan Mesir memberikan kekuasaan mutlak pada Raja. Zaman kerajaan Mesir dibagi menjadi tiga era, yaitu :
• Zaman Kerajaan Mesir Tua
Masa ini ditandai dengan bersatunya kerajaan Mesir Hulu dan Hilir yang diupayakan oleh Firaun Menes. Raja-raja yang cukup dikenal, antara lain, Raja Chufu, Chefren, dan Menkaure.
• Zaman Kerajaan Mesir Pertengahan
Pada zaman ini, kerajaan Mesir terpecah belah karena pertentangan dan persaingan antar bangsawan. Pemersatu di zaman ini adalah Firaun Sesotris III dari kerajaan Thebe. Raja ini memerintah Mesir dengan baik dan bahkan menduduki daerah Palestina. Pada masa ini juga, muncullah bangsa Asia yang disebut Hyksos yang menyerang dan menguasai Mesir.
• Zaman Kerajaan Mesir Baru
Mesir Baru dimulai dengan perlawanan terhadap bangsa Hyksos di bawah Firaun Ahmosis I. Setelah keberhasilan menguasai Mesir kembali, digantikan oleh Firaun Thutmosis I yang melakukan perluasan wilayah hingga ke daerah Asia Barat.
7) Kepercayaan
Masyarakat Mesir Kuno memuja banyak dewa (polytheisme).
8) Peninggalan Kebudayaan
Dari tulisan hieroglyf awal, muncul tulisan baru yang disebut hierotis yang dipergunakan oleh para pendeta Mesir untuk keperluan keagamaan dan huruf demotis yang dipergunakan oleh rakyat. Piramida dan Sphynx adalah bentuk peninggalan kebudayaan yang menggunakan ilmu pengetahuan tinggi. Pembangunannya sangatlah rumit dan melibatkan seluruh rakyat.


Contoh Soal Peradaban Awal Afrika

Mesopotamia terletak di antara aliran sungai ...
Bangsa …. dan …. tercatat sebagai masyarakat di daerah Mesopotamia.
…. Hammurabi adalah prasasti berisi undang-undang yang dituliskan dengan huruf …..
Kegiatan perdagangan Mesopotamia didominasi pertukaran dengan masyarakat…
Awesta adalah … masyarakat Mesopotamia, sementara taman gantung adalah peninggalan kebudayaan …
Piramida dibangun sejak 3000 SM dengan fungsi sebagai…
Hieroglyf dipahat di …
Mesir Hulu dan Hilir dipersatukan dalam satu kerajaan di bawah kepemimpinan …
Sistem kepercayaan masyarakat Mesir Kuno adalah ….
Patung singa di lingkungan piramida disebut juga dengan ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel