Contoh Soal Nasionalisme Indonesia

Contoh Soal Nasionalisme IndonesiaNasionalisme Indonesia adalah suatu gerakan kebangsaan yang timbul pada bangsa Indonesia untuk menjadi sebuah bangsa yang merdeka dan berdaulat. Sejak abad 19 dan abad 20 muncul benih-benih nasionalisme pada bangsa Asia-Afrika khususnya Indonesia.
       Faktor-faktor yang mempengaruhi munculnya nasionalisme:

A. Faktor dari Dalam (internal)

1. Kenangan Kejayaan Masa Lampau
       Bangsa-bangsa Asia dan Afrika sudah pernah mengalami masa kejayaan sebelum masuk dan berkembangnya imperialisme dan kolonialisme barat. Bangsa India, Indonesia, Mesir, dan Persia pernah mengalami masa kejayaan sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat. Kejayaan masa lampau mendorong semangat untuk melepaskan diri dari penjajahan.
2. Bersatunya Negara-Negara Asia dan Afrika Sejak Zaman Dahulu Kala
       Faktor yang mendorong rasa nasionalisme bangsa Asia bukanlah akibat penjajahan yang dilakukan oleh bangsa-bangsa Eropa terhadap bangsa Asia dan Afrika, melainkan rasa persatuan itu sudah dimiliki sejak zaman dahulu kala terutama sesama ras ataupun kerjasama perdagangan yang telah saling melengkapi antara suku produsen benda yang berlainan (terjadi pertukaran tanpa adanya keserakahan seperti yang dilakukan bangsa barat). Mereka saling menghormati dan menjaga.
3. Munculnya Golongan Cendekiawan
       Perkembangan pendidikan menyebabkan munculnya golongan cendekiawan baik hasil dari pendidikan barat maupun pendidikan Indonesia sendiri. Mereka menjadi penggerak dan pemimpin munculnya organisasi pergerakan nasional Indonesia yang selanjutnya berjuang untuk melawan penjajahan.
4. Paham Nasionalis yang Berkembang dalam Bidang Politik, Sosial Ekonomi, dan Kebudayaan
a) Dalam bidang politik, tujuannya untuk membentuk masyarakat yang bebas dari kesengsaraan dan kemelaratan untuk meningkatkan taraf hidup bangsa Indonesia.
b) Dalam bidang budaya, upaya untuk melindungi, memperbaiki dan mengembalikan budaya bangsa Indonesia yang hampir punah karena masuknya budaya asing di Indonesia.

B. Faktor dari luar (eksternal)

1. Kemenangan Jepang atas Rusia (1905)
       Pada tahun 1905 Jepang melawan Rusia dan tentara Jepang berhasil mengalahkan Rusia. Hal ini dikarenakan, modernisasi yang dilakukan Jepang yang telah membawa kemajuan pesat dalam berbagai bidang bahkan dalam bidang militer.
2. Perkembangan Nasionalisme di Berbagai Negara
a) Pergerakan Kebangsaan India
       Bangsa India menghadapi Inggris membentuk organisasi kebangsaan dengan nama ”All India National Congres”. Tokohnya adalah Mahatma Gandhi, Pandit Jawaharlal Nehru, B.G. Tilak, dan sebagainya.
b) Gerakan Kebangsaan Filipina
       Digerakkan oleh Jose Rizal dengan tujuan untuk mengusir penjajah bangsa Spanyol di wilayah Filipina.
c) Gerakan Nasionalis Rakyat Cina
       Gerakan ini dipimpin oleh Dr. Sun Yat Sen, yang mengadakan pembaharuan dalam segala sektor kehidupan bangsa Cina.
d) Pergerakan Turki Muda (1908)
       Dipimpin oleh Mustafa Kemal Pasha menuntut pembaharuan dan modernisasi di segala sektor kehidupan masyarakatnya.
e) Pergerakan Nasionalisme Mesir
       Dipimpin oleh Arabi Pasha (1881-1882) dengan tujuan menentang kekuasaan bangsa Eropa terutama Inggris atas negeri Mesir.
f) Munculnya Paham-Paham Baru
       Munculnya paham-paham baru di luar negeri seperti nasionalisme, liberalisme, sosialisme, demokrasi dan islamisme juga menjadi dasar berkembangnya paham-paham yang serupa di Indonesia.

Contoh Soal Nasionalisme Indonesia

Suatu gerakan kebangsaan yang timbul pada bangsa Indonesia untuk menjadi sebuah bangsa yang merdeka dan berdaulat merupakan pengertian dari ….
Di bawah ini yang bukan faktor internal yang mempengaruhi munculnya nasionalisme di Indonesia adalah ….
Sistem yang berkembang setelah bangsa Asia-Afrika mengalami masa kejayaan ialah ….
Selain penjajahan yang dilakukan oleh bangsa Eropa terhadap bangsa Asia, terdapat faktor lain yang mendorong rasa nasionalisme bangsa Asia yaitu ….
Sejak zaman dahulu terdapat kerja sama antara bangsa Asia-Afrika berupa ….
Hal yang menjadi penggerak dan pemimpin munculnya organisasi pergerakan nasional Indonesia dalam melawan penjajahan adalah ….
Untuk membentuk masyarakat yang bebas dari kesengsaraan dan kemelaratan untuk meningkatkan taraf hidup bangsa Indonesia, merupakan tujuan dalam bidang ….
Berikut ini yang menjadi faktor eksternal nasionalisme Indonesia adalah ….
Pada tahun berapa negara Jepang berhasil mengalahkan negara Rusia ….
Dalam pergerakan nasionalisme di Mesir, kekuasaan bangsa Eropa atas negara Mesir ditentang dan dipimpin oleh ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel