Contoh Soal Nasionalisme India

Contoh Soal Nasionalisme IndiaIndia, dalam sejarahnya, merupakan bagian dari koloni Inggris Raya. Ekspedisi pertama bangsa Eropa di India dimulai dengan kedatangan Vasco da Gama pada Mei 1948. Ekspedisi perdana tersebut kemudian diikuti dengan perjalanan serupa yang dilakukan oleh bangsa Eropa lainnya. Tercatat Portugis, Spanyol, dan Belanda pernah mencoba untuk menjadikan India sebagai koloninya. Namun, Inggris jua yang berhasil menjadikan India sebagai daerah jajahannya.
East Indian Company (EIC) adalah kongsi dagang swasta yang didirikan Inggris untuk melakukan monopoli dagangnya di India. Namun, dalam upaya menjalankan misi dagang, EIC tak jarang mengalami konfrontasi dengan raja-raja India untuk menguasai sebuah wilayah.
Salah satu konfrontasi antara EIC dan rakyat India dikenal dengan sebutan ‘Peristiwa Sepoy’. Peristiwa tersebut berwujud konflik antara pasukan EIC dengan prajurit India yang berdinas di militer Inggris atau disebut Sepoy. Pertempuran ini menghasilkan beberapa dampak bagi pendudukan Inggris di India, antara lain:
1. Jatuhnya Dinasti Moghul, dinasti terakhir di India setelah Sultan Bahadur Syah tertangkap pasukan Inggris dan diasingkan di Rangoon.
2. Pembubaran EIC dengan penggantinya pemerintahan Gubernur Jenderal.
3. Pembentukan organisasi politik dan perkumpulan agama , All Indian National Congress untuk mematangkan perjuangan melawan penjajahan.
Pengambilalihan kekuasaan EIC oleh perwakilan Kerajaan Inggris atau Gubernur Jenderal terbukti semakin menyulitkan rakyat India untuk memperoleh kemerdekaan. Walaupun dikatakan bahwa penjajahan Inggris di India adalah satu tahapan menuju modernisasi, tapi tetap timbul perlawanan dari rakyat India untuk mendapatkan hak kemerdekaan seutuhnya.
Perlawanan rakyat India terhadap Inggris disebabkan beberapa hal, diantaranya:
1. Tidak adanya perbaikan nasib rakyat setelah kedatangan bangsa Inggris.
2. Pemerintahan hanya didominasi oleh orang-orang Inggris.
3. Pemaksaan Inggris memberlakukan budaya Barat di India yang bertentangan dengan kebudayaan asli India.
4. Masuknya paham-paham baru ke India melalui para pelajar yang menuntut ilmu di negara Eropa.
Beberapa bentuk perlawanan rakyat India kepada pemerintahan kolonial Inggris adalah sebagai berikut:
1. Pendirian Indian National Congress (1885) dan tuntutan swaraaj (1905) untuk pemerintahan yang berasal dari, oleh, dan untuk India.
2. Pendirian Indian Moslem League pada 1906 untuk menjamin kebebasan umat Islam di India.
3. Gerakan Mahatma Gandhi. Ia yang kelak dikenal sebagai Bapak Kemerdekaan India adalah salah satu tokoh Indian National Congress dengan beberapa ajarannya yang terkenal, yaitu:
a. Ahimsa, yakni melawan musuh tanpa kekerasan fisik.
b. Hartal, adalah pemogokan sebagai tanda protes terhadap ketidakadilan atau tanda berkabung untuk memperingati kejadian yang menyedihkan.
c. Satyagraha, ialah setia pada kebenaran dan menolak bekerja sama dengan Inggris. Atau disebut juga non kooperatif.
d. Swadesi, artinya hidup dengan usaha sendiri. Ajaran ini menganjurkan masyarakat untuk hidup dari hasil usahanya sendiri, tanpa bergantung pada hasil negara lain. Dampaknya terbukti mampu menurunkan volume ekspor Inggris ke India.
Desakan rakyat India untuk memperoleh kemerdekaan dari Inggris mendapat titik terang menjelang berakhirnya Perang Dunia II. Desakan ini memaksa Inggris untuk membentuk Constituent Assembly * yang mengurusi persiapan kemerdekaan India. Namun, niat Inggris ini ditolak oleh kaum Muslim yang tergabung dalam *Indian Moslem League dan lebih memilih untuk berada di negara tersendiri khusus muslim India. Permintaan tadi diakomodasi dengan membentuk negara Pakistan. Pada 15 Agustus 1947, Inggris akhirnya memberikan kemerdekaan pada India dan Pakistan.

Contoh Soal Nasionalisme India

India adalah salah satu negara koloni dari….
Kongsi Dagang Asing yang didirikan pemerintah kolonial di India untuk mengendalikan perekonomian masyarakat adalah….
Sebutan untuk penduduk asli India yang bergabung dengan dinas militer Inggris ialah….
Dinasti terakhir di India yang berkuasa sebelum kedatangan kolonial Inggris adalah….
Kemerdekaan umat Islam di India dicoba untuk diakomodasi dalam perjuangan melalui….
Negara yang terlahir sebagai hasil perjuangan dari muslim India yang menuntut kemerdekaan adalah….
Mahatma Gandi adalah tokoh India yang terkenal dengan ajarannya untuk melakukan perlawanan tanpa kekerasan fisik atau disebut….
Berikut ini adalah faktor-faktor yang mendorong perlawanan rakyat India terhadap kolonialisme, kecuali….
Pokok perjuangan Mahatma Gandhi dengan mencukupkan kebutuhan melalui kerja dan produk sendiri disebut….
Sebagai tanggapan terhadap desakan rakyat untuk kemerdekaan, Inggris membentuk sebuah dewan yang merumuskan persiapan kemerdekaan India, yaitu….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel