Contoh Soal Nasionalisme Rusia

Contoh Soal Nasionalisme RusiaSejak Federasi Rusia merdeka, masyarakat Rusia mendapatkan kesempatan untuk memperlihatkan kembali identitas kebangsaannya yang besar diantara masyarakat lain, khususnya di negara bagian Rusia. Isu tersebut yang akhirnya mengantarkan partai Zhirinovsky berada di garis terdepan. Meningkatnya nasionalisme di Rusia setelah warisan dari Uni Soviet telah menjadi faktor domestik yang sangat penting, selain itu proses intelektualisasi masyarakat didampingi oleh degradasi moral mengakibatkan meningkatnya nasionalisme yang diisi dengan kevakuman ideologi. Kehilangan nilai-nilai tradisional dan politik pada runtuhnya kesatuan Uni Soviet telah dirasakan masyarakat sebagai kerugian yang dapat menjauhkan hubungan mereka dengan Uni Soviet, hilangnya ideologi inilah yang kemudian akhirnya menjadi elemen mendasar rasa nasionalisme. Pembentukan identitas Rusia merupakan perjalanan panjang sejarah Rusia yang penuh kegetiran dan menyakitkan.
       Secara politik orang Rusia adalah penerus Turki-Mongolia, secara kebudayaan mereka ahli waris Bizantium, semua unsur peradaban Bizantium, sastra dan seni musik masuk ke Rusia melalui gereja. Meskipun masuknya arus budaya itu melalui banyak modifikasi, namun peristiwa itu telah menjadi dasar hubungan yang dekat antara Eropa dan Eurasia, tetapi kedekatan tersebut tidak bertahan lama.
       Sifat ekspansionis dan mesianis Rusia berpengaruh terhadap Rusiafikasi dalam konteks Uni Soviet. Pandangan terhadap sifat ekspansionis dan mesianis Rusia juga menjelaskan sejarah Rusia sejak mesianisme Rusia itu muncul hingga disintegrasi Uni Soviet. Negara Uni Soviet adalah perwujudan sifat ekspansionis dan mesianis Rusia. Hal ini menyebabkan nasionalisme yang digunakan di Rusia agak berbeda dari yang ada di dalam bahasa Inggris atau Perancis, dalam bahasa Rusia, istilah nasionalisme merujuk kepada budaya, bahasa atau agama, bukan hanya wilayah atau etnis, hal inilah yang kemudian menyebabkan Marie Mendras seorang peneliti dari Barat, menyatakan bahwa Rusia tidak memiliki nasionalisme jika dilihat dari sudut pandang Barat.
       Elie Kedourie menyatakan bahwa nasionalisme menandakan:
"Seluruh manusia secara alamiah terbagi dalam bangsa-bangsa, bahwa bangsa-bangsa itu dikenal manusia melalui karakteristik tertentu yang diketahui dengan pasti, dan bahwa satu-satunya tipe pemerintahan yang sah adalah pemerintah sendiri (berdasarkan bangsa itu)."
       Konsep nasionalisme di Rusia terbagi dalam dua bentuk, yaitu: 
1. Nasionalisme "Great Power".
2. Nasionalisme Etnis.
       Nasionalisme Etnis bisa dikatakan bahwa hanya sekedar "bentuk imperial" yaitu sebutan untuk pemulihan dari kekaisaran Uni Soviet yang melihat bahwa kekaisaran Rusia tidak menyia-nyiakan seperti yang dilakukan oleh kekaisaran Osman dan Astro-Hungaria. Hak bertahan ini dipicu oleh kepercayaan terhadap mitos komunis, gagasan imperial yang ada sekarang hanya dianggap sebagai sebuah syarat untuk menyelamatkan bangsa. Adapun pencetus ide dari gagasan "great power" antara lain terdiri dari berbagai para politikus seperti dari Partai Komunis yang dipimpin oleh Gennady Zyuganov dan pemimpin Partai Liberal Demokratik yaitu Cladimir Zhirinovsky, dan Alexander Lebed.

Contoh Soal Nasionalisme Rusia

Sejak kapan masyarakat Rusia mendapatkan kesempatan untuk memperlihatkan kembali identitas kebangsaannya yang besar di antara masyarakat yang lain ….
Hal yang didapat pada runtuhnya kesatuan Uni Soviet yang telah dirasakan masyarakat Rusia adalah ….
Secara politik orang Rusia adalah penerus dari ….
Unsur peradaban Bizantium yang berupa sastra dan seni musik masuk ke Rusia melalui ….
Negara Uni Soviet adalah perwujudan dari sifat ….
Peneliti yang menyatakan bahwa negara Rusia tidak memiliki nasionalisme adalah ….
Seluruh manusia secara alamiah terbagi dalam bangsa-bangsa, bahwa bangsa-bangsa itu dikenal manusia melalui karakteristik tertentu yang diketahui dengan pasti, dan bahwa satu satunya tipe pemerintahan yang sah adalah pemerintah sendiri (berdasarkan bangsa itu), hal ini dinyatakan oleh ….
Di bawah ini yang merupakan konsep nasionalisme di Rusia adalah ….
Sebutan untuk pemulihan dari kekaisaran Soviet yang melihat bahwa kekaisaran Rusia tidak menyia-nyiakan seperti yang dilakukan oleh kekaisaran Osman dan Asrto-Hungaria adalah ….
Berikut ini yang merupakan politikus pencetus gagasan great power adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel