Contoh Soal Pemanfaatan Barang Tambang

Contoh Soal Pemanfaatan Barang Tambang Bahan tambang adalah sumber daya alam yang dieksploitasi oleh manusia dari bumi untuk diolah menjadi barang – barang baru yang dapat memenuhi kebutuhan manusia sehari – hari.Proses pengolahan bahan tambang ini disebut dengan proses produksi. Sebagai salah satu negara dengan potensi barang tambang yang melimpah di daerahnya, Indonesia melakukan beberapa proses pengolahan bahan tambang dalam negeri. Proses pengolahan ini melibatkan banyak modal dan didukung oleh tenaga ahli dalam dan luar negeri serta pemanfaatan teknologi tinggi.
Secara umum, barang tambang dan bahan galian lainnya memiliki beberapa peran berikut dalam pembangunan Indonesia :
a) Penyerapan tenaga kerja dengan pembangunan pabrik – pabrik untuk menangani proses produksi sehingga mengurangi angka pengangguran.
b) Menambah pendapatan negara untuk beberapa komoditi yang diekspor ke luar negeri.
c) Memajukan industri dalam negeri.
d) Memajukan bidang transportasi dan komunikasi sebagai industri pendamping.
Beberapa contoh pemanfaatan bahan – bahan tambang yang ditemukan di Indonesia adalah sebagai berikut :
• Minyak bumi didapatkan dengan cara melakukan pengeboran di permukaan bumi, baik di darat atau di laut. Minyak yang ditemukan kemudian dipompa keluar dan dialirkan melalui pipa-pipa panjang ke kilang penyulingan. Minyak mentah yang bentuknya seperti lumpur cair membutuhkan proses penyulingan terlebih dahulu sebelum dapat digunakan untuk penerangan rumah, tenaga penggerak mesin pabrik, untuk bahan bakar kendaraan bermotor. Hasil dari minyak bumi diolah untuk menghasilkan bahan bakar (solar, premium, avtur).
• Gas alam atau gas bumi umumnya ditemukan di area dekat dengan pertambangan minyak bumi. Gas bumi diolah untuk bahan bakar rumah tangga dan industri. Untuk rumah tangga, hasil pengolahan gas bumi dikenal sebagai LPG sedangkan untuk industri, gas alam diubah menjadi bentuk LNG dan memiliki pasar ekspor di negara seperti Jepang dan Korea Selatan.
• Batu bara sebagai bahan bakar pemberi tenaga untuk pembangkit listrik tenaga uap, industri semen, dan peleburan biji logam. Batu bara juga dikembangkan sebagai bahan mentah untuk cat, obat-obatan, wangi-wangian.
• Besi dapat digunakan untuk membuat jembatan, jalan kereta api, konstruksi bangunan, dan industri mobil.
• Aluminium merupakan logam yang ringan dan kuat yang digunakan untuk membuat badan pesawat terbang, kapal laut, alat dapur, perkakas rumah tangga, uang logam, dan sebagainya.
• Timah digunakan sebagai bahan untuk membuat kaleng, tube, bahan pelapis besi agar tidak berkarat dan untuk patri. Logam ini sangat lunak sehingga dapat dibuat sangat tipis hampir serupa dengan kertas. Kertas timah dipakai untuk pembungkus permen dll. 
• Nikel untuk bahan campuran dalam industri besi baja agar kuat dan tahan karat.
• Tembaga untuk bahan kabel dan industri barang-barang perunggu dan kuningan.
• Emas dan perak untuk bahan perhiasan.
• Intan sebagai bahan perhiasan dan pemotong kaca.
• Batu gamping dan batu kapur banyak digunakan untuk bahan bangunan, bahan utama pembuatan semen dan bahan ikutan pada peleburan bijih besi. Kapur juga berguna untuk pupuk bagi tanah yang kekurangan zat kapur. Tanah semacam ini banyak dijumpai di daerah bekas rawa.

Contoh Soal Pemanfaatan Barang Tambang

Pengolahan bahan tambang mentah untuk menjadi produk konsumsi disebut dengan ....
Faktor yang harus terpenuhi dalam sebuah proses produksi adalah sebagai berikut, kecuali ....
Fungsi transportasi dalam sebuah proses produksi adalah ....
Pengeboran minyak bumi di tengah laut disebut dengan ....
Avtur dan solar adalah produk turunan dari minyak bumi yang disebut ....
Pasar ekspor Indonesia untuk produk gas alam berada di negara ....
Pembangkit listrik dan industri berat lainnya diarahkan untuk menggunakan bahan bakar dari ....
Industri besi dan baja melapisi produknya agar tahan karat dengan ....
Pesawat terbang, uang logam, kapal adalah beberapa contoh penggunaan produk ini sebagai alternatif logam yang ringan tetapi kuat. Produk yang dimaksud adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel