Contoh Soal Lapisan Bumi

Contoh Soal Lapisan BumiBumi merupakan planet urutan ketiga dari sembilan planet yang mengelilingi matahari dan merupakan satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh mahluk hidup. Bumi terbentuk sekitar 4,6 milyar tahun yang lalu. Jarak bumi dengan matahari sekitar 150 juta km, dengan radius ±6.370 km. Planet bumi kita terdiri dari beberapa lapisan.

Struktur bumi bagian dalam terbagi atas beberapa lapisan, seperti halnya sebuah bawang. Bumi secara umum terdiri dari beberapa lapisan, yakni bagian paling atas disebut litosfer atau crust, lapisan di bawahnya adalah astenosfer atau mantel, dan yang paling bawah adalah inti bumi. Bagian dalam dari bumi dapat diketahui dengan mempelajari sifat-sifat fisika bumi yaitu dengan metode geofisika, terutama dari kecepatan rambatan getaran atau gelombang seismik, sifat kemagnetannya dan gaya berat, serta data panas bumi. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa bagian dalam bumi tersusun dari material yang berbeda-beda mulai dari permukaan bumi sampai ke inti bumi. Dengan metode geofisika tersebut juga diketahui bahwa berat jenis bumi keseluruhan adalah sekitar 5,52. Kerak bumi sendiri yang merupakan lapisan terluar dan disusun oleh batu-batuan mempunyai berat jenis antara 2,5 sampai 3,0. Dari hal tersebut dapat diketahui bahwa material yang menyusun bagian dalam bumi merupakan material yang lebih berat dengan berat jenis yang lebih besar daripada batuan yang menyusun kerak bumi.
1. Kerak Bumi (Crust)
       Kerak atau litosfer adalah lapisan terluar dari bumi terdiri dari bahan batu silikat. Kerak hanya menyumbang sekitar satu persen dari massa bumi dan merupakan lapisan tipis dibandingkan dengan tiga lapisan lainnya. Kebanyakan gempa bumi terjadi pada kerak bumi. Suhu lapisan ini bisa mencapai hingga 1600°F pada kedalaman yang cukup. Ketebalan dan komposisi kerak bumi bervariasi dalam tanah dan laut. Sebagai contoh, kerak benua dalamnya sekitar 8 mil dan terdiri dari material yang lebih ringan seperti granit, kuarsa, dan feldspar. Adapun kerak samudra dalamnya sekitar 3 kilometer dan sebagian besar terdiri dari basal.
2. Mantel (Astenosfer)
       Mantel merupakan lapisan terbesar dari bumi, terdiri dari besi, aluminium, kalsium, magnesium, silikon, dan oksigen. Bahkan sebagian besar massa bumi (sekitar 80%) berada dalam lapisan mantel. Suhu di lapisan ini diperkirakan sekitar 1.600-4.000°F. Dalam lapisan mantel, magma gunung berapi hadir. Ketebalan keseluruhan lapisan mantel adalah 1.802 mil. Untuk penelitian sederhana dan pemahaman, lapisan mantel dibagi lagi menjadi bagian atas dan bawah. Perlu diingat bahwa mantel atas jauh lebih dingin dibanding mantel bawah.
3. Inti Bagian Luar (Outer Core)
       Inti luar dapat dianggap sebagai bola logam yang sangat panas. Lapisan ini adalah cair dan terdiri dari besi dan nikel. Kepadatan yang tercatat sangat tinggi, tetapi kurang dari besi cair murni. Oleh karena itu, para ilmuwan berpendapat bahwa sulfur dan oksigen dapat hadir dalam inti luar. Hal tersebut karena kedua elemen ini mudah larut dalam besi cair. Ketebalan inti luar sekitar 1.400 kilometer dan suhu sekitar 8.000-11.000°F. Saat bumi berputar, inti luar (yang terdiri dari besi) berputar di atas inti dan menghasilkan medan magnet bumi, sebagai faktor yang bertanggung jawab untuk fungsi kompas magnetik.
4. Inti Bagian Dalam (Inner Core)
       Seperti namanya, inti bagian dalam adalah lapisan terdalam bumi serta ditandai dengan suhu yang sangat tinggi (bisa mencapai 9.000-13.000°F) dan tekanan kondisi. Suhu lapisan inti dalam lebih dari permukaan matahari. Panas yang hebat tercermin dari inti hingga memobilisasi bahan inti luar dan mantel. Hal ini disebabkan oleh tekanan tinggi sehingga bahan inti tidak dapat bergerak dan karenanya tetap solid. Ketebalan inti diyakini sekitar 800 mil.

Contoh Soal Lapisan Bumi

Bagian dalam dari Bumi dapat diketahui dengan mempelajari sifat-sifat ….
Berikut adalah data untuk mempelajari bagian dalam Bumi, kecuali …
Berat jenis bumi keseluruhan adalah ….
Kerak bumi mempunyai berat jenis antara ….
Kerak atau litosfer terdiri dari ….
Bagian kerak menyumbang massa bumi sebesar ….
Mantel merupakan lapisan terbesar dari bumi, terdiri dari beberapa elemen, kecuali ….
Perhatikan komponen berikut!
1) Besi
2) Nikel
3) Kalsium
4) Magnesium
Inti luar terdiri dari ….
Ketebalan inti luar sekitar ….
Suhu lapisan inti dalam lebih dari permukaan ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel