Contoh Soal Ikatan Logam

Contoh Soal Ikatan Logam ebaian besar unsur logam mampu membentuk pola ikatan yang bukan ikatan ion, bukan pula ikatan kovalen. Pola yang disebut ikatan logam ini meliputi pembentukan gugus logam bermuatan positif,kation dalam lautan elektron valensi yang digunakan bersama-sama.  

Kation secara khas tersusun dalam suatu formasi kisi-kisi, yang memungkinkannya menempatkan sebagian besar kation ke dalam sejumlah ruang yang diberikan. Elektron bebas, yang disebut elektron konduksi (hantaran), tidak diikat oleh inti atom tunggal, seperti dalam ikatan ion, tidak pula digunakan bersama oleh dua atom, seperti dalam ikatan kovalen. Sebaliknya, elektron bebas yang ada dalam zat yang terikat secara metalik dikatakan mengalami terdelokalisasi sehingga dapat melewati sepotong logam dan digunakan bersama antara semua kation.  

Karena itu, kadang ikatan logam disebut juga ikatan non-molekul. Karena tidak ada ikatan individual antara atom atau ion tunggal, sepotong logam utuh secara teknis dapat dianggap sebagai struktur makromolekul tunggal, atau molekul besar yang kasatmata.

Apa saja hasil-hasil Ikatan Logam?

Ikatan logam sangat mungkin terjadi pada atom unsur logam yang sama-sama mempunyai elektronegativitas rendah, atau cenderung menarik elektron ke arah inti atom. Maka, ikatan logam dapat terjadi antara atom-atom pada unsur tunggal, yang menghasilkan suatu sampel unsur murni. Atau, atom-atom dari dua atau lebih unsur yang berbeda dapat membentuk ikatan logam jika sekurang-kurangnya satu unsur berupa unsur logam; zat yang dihasilkan dinamakan aloi (lakur)  

Aloi terbentuk dengan melarutkan unsur lain menjadi logam tak mulia berwujud cairan, dan acap kali mempunyai sifat yang berbeda dari unsur penyusunnya. Misalnya, salah satu aloi yang paling awal dipelajari dan dibuat manusia adalah perunggu, yakni campuran timah dan tembaga. Walaupun kedua logam ini relatif lembut, perunggu jauh lebih keras, sehingga lebih banyak digunakan sebagai perkakas dan senjata. Contoh logam aloi lainnya adalah baja, timbel, dan perunggu. 

Apa Saja Sifat Logam yang Timbul Oleh Karena Ikatan Logam?

Unsur-unsur logam biasanya mempunyai beberapa elektron valensi; kulit elektron terluar unsur logam tidak dapat menjadi penuh hanya dengan satu atau dua elektron. Ini dinamakan defisiensi (kekurangan) elektron, yang bersama dengan delokalisasi elektron menghasilkan banyak sifat fisik logam. Salah satu sifat yang paling jelas dihasilkan adalah keterhantaran listrik, yang dapat terjadi ketika elektron konduksi tidak dilokalisasikan kepada satu kation mana pun dan ketika kation ini dapat memuat sejumlah nilai muatan yang berbeda, atau keadaan oksidasi. Sifat elektron konduksi terdelokalisasi juga menghasilkan sifat logam, yakni keterhantaran panas, atau kemampuan untuk menghantar panas dengan baik. Logam juga bersifat lentur, atau dapat menjadi lapisan tipis apabila dibengkokkan atau ditempa, dan lentuk, atau dapat ditarik menjadi kawat apabila diberi tegangan.  

Kekenyalan ini berlawanan dengan kerapuhan senyawa ion dan kekisi kovalen, dan timbul karena elektron konduksi dapat diubah-ubah bila diberi tekanan. Walaupun dapat dibentuk, logam pun tergolong materi yang kuat. Terakhir, karena foton dari semua panjang gelombang kasat mata cenderung dipantulkan oleh elektron konduksi, logam pun mempunyai ciri mengilap, yang sering kali membuatnya mudah dikenali seperti dalam wujudnya yang murni.


Contoh Soal Ikatan Logam


Apa itu elektron konduksi?
Istilah manakah yang paling tepat menjelaskan zat berikat logam yang terdiri atas sedikitnya dua unsur, dan salah satunya adalah unsur logam?
Manakah dari pasangan istilah berikut yang dengan jelas menunjukkan perbedaan nyata antara sifat fisik zat berikat logam dengan kerapuhan kekisi ion dan kovalen?
Berapakah jenis unsur yang paling mudah digunakan dalam pembuatan aloi?
Manakah dari unsur berikut ini yang sangat mungkin terdapat dalam ikatan logam?
Manakah pasangan unsur berikut ini yang sangat mungkin akan membentuk aloi?
Apa bedanya defisiensi elektron dengan delokalisasi elektron?
Mungkinkah nitrogen terlibat dalam pembentukan ikatan logam? Mengapa mungkin atau mengapa tidak?
Seorang siswa mempunyai lima kubus berbeda yang terbuat dari materi yang tidak semuanya diketahui. Salah satunya adalah logam. Manakah pengujian berikut ini yang TIDAK akan berguna dalam menentukan balok mana yang merupakan logam?


Baja adalah logam campuran yang banyak digunakan dan terdiri dari unsur besi, kurang dari 2,1% karbon, dan adakalanya unsur logam lain. Besi takmurni adalah aloi rapuh yang tersusun dari besi dan sekitar 3,5 - 4,5% karbon. Mengapa kandungan karbon yang lebih tinggi dapat meningkatkan kerapuhan aloi besi?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel