Contoh Soal Hukum Gay Lussac

Contoh Soal Hukum Gay LussacHukum ini dikemukakan oleh Joseph Louis Gay Lussac pada tahun 1808. Kemudian dikenal dengan hukum Gay Lussac. Perbandingan volum gas-gas pada reaksi sesuai dengan perbandingan koefisien reaksinya, hukum ini hanya berlaku untuk reaksi gas yang susunannya sederhana. Hukum pertama berkaitan dengan volume sebelum dan sesudah reaksi kimia. Sedangkan hukum kedua menjelaskan hubungan tekanan dan tempertatur dalam gas yang sering disebut sebagai hukum Amontons. Hukum ini dapat dibuktikan melalui teori kinetik gas. Temperatur adalah ukuran rata-rata energi kinetik. Jika energi kinetik gas meningkat, maka partikel-partikel gas yang bertumbukan dengan dinding akan semakin cepat pula.


Contoh Soal Hukum Gay Lussac


Pada suhu dan tekanan tertentu, 2 gram gas X2 mempunyai volume 1 liter. Jika pada suhu dan tekanan yang sama 7,5 gram gas C2H6 (Mr = 30) mempunyai volum 10 liter, maka massa atom relatif X adalah ….
Volume larutan H2SO4 0,1 M yang diperlukan untuk mereaksikan 2,7 gram logam Al (Ar = 27) adalah ….
Diketahui persamaan reaksi sebagai berikut:
2Al + 2 NaOH + 6H2O → 2Na(Al(OH)4 + 3H2
Jika Al yang digunakan sebanyak 6 gram (Ar Al = 27), maka volume gas hidrogen yang dihasilkan pada keadaan standar (STP) adalah ….
Jika 20 mililiter asam fosfat, H3PO4 0,1 Molaritas dititrasi dengan larutan natrium hidroksida 0,2 Molaritas hingga tepat berubah menjadi HPO42-, maka volum basa yang diperlukan adalah …
Sebanyak 4 liter gas propana (C3H8) bereaksi dengan gas oksigen (O2) menghasilkan karbondioksida dan uap air. Volume oksigen yang dibutuhkan untuk proses pembakaran tersebut adalah...
Suatu senyawa karbon yang bermassa 0,24 gram memerlukan 112 ml oksigen (STP) untuk membakar semua karbonnya. Presentase karbon (Ar C = 12) dalam zat tersebut adalah ….
Sebanyak 0,20 gram gas X menempati volum 440 ml. Kemudian 0,10 gram gas CO2 320 ml berada pada suhu dan tekanan yang sama pula. Gas X tersebut adalah …. (Ar C = 12, N = 14, O = 16, S = 32)
10,8 gram logam aluminium bereaksi dengan asam sulfat berlebih. Jumlah gas hidrogen yang dihasilkan saat 7 gram gas nitrogen bervolum 6 liter adalah ….. (Ar Al = 27, N = 14)
Sebanyak 60 ml larutan NaOH 0,2 M bereaksi dengan larutan H3PO4 0,1 M, maka volum larutan H3PO4 yang bereaksi sebanyak ….
Jika gas oksigen direaksikan dengan 20 liter gas nitrogen, maka volume gas oksigen yang dibutuhkan dan gas dinitrogen trioksida yang dihasilkan masing-masing sebanyak ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel