Contoh Soal Dosis Serap

Contoh Soal Dosis SerapDosis serap adalah jumlah energi yang diserap oleh suatu materi yang dikenai radiasi. Materi ini adalah benda hidup dan benda mati, termasuk tubuh manusia. Dosis serap merupakan satuan dasar yang digunakan untuk mengukur efek radiasi pada suatu materi.

▷ Hubungan antara Energi Radiasi dan Dosis Serap

Dosis serap (diberi lambang D) yang didefinisikan sebagai banyak energi radiasi yang diserap oleh materi per satuan massa. Persamaan dosis serap dirumuskan sebagai berikut.

D=Em

Satuan dosis serap dalam SI dinyatakan dalam Gray (disingkat Gy). 1 Gy adalah besarnya energi radiasi yang dapat memindahkan energi sebesar 1 Joule pada 1 kg materi, sehingga 1 Gy = 1 Joule/kg. 1 Rad adalah jumlah radiasi yang dapat meningkatkan energi sebesar 1 x 10-2 J pada 1 kg materi. Dengan demikian 1 Rad = 1 x 10-2 J/kg. Hubungan Gy dan Rad adalah sebagai berikut.
1 Gy = 1 Joule/kg = 100 rad atau 1 Rad = 0,01 Gy
Semakin besar energi radiasi, semakin besar dosis serapnya. Dosis serap juga dipengaruhi oleh jenis dan kerapatan materi penyerap. Contoh kasus, dua materi yang berbeda akan mempunyai dosis serap yang berbeda untuk radiasi yang sama. Hal ini disebabkan setiap materi mempunyai daya serap energi radiasi yang spesifik yang dinyatakan sebagai koefisien energi serap materi. Dosis serap juga digunakan untuk menyatakan kekuatan radiasi suatu tempat. Umumnya dinyatakan dengan intensitas radiasi pada udara di suatu tempat tertentu. Satuannya adalah 1 nGy/jam atau 10-9Gy/jam. Besarnya radiasi di alam adalah 10 nGy/jam. Dosis serap pada ruangan hampa udara adalah nol, berapapun energi radiasinya. Dosis serap suatu materi di suatu tempat tertentu dinyatakan sebagai perbandingan antara koefisien energi serap pada materi dengan koefisien energi serap di udara.

▷ Hubungan antara Dosis Serap dan Dosis efektif

Penggunaan jenis radiasi yang berbeda akan mengkibatkan perbedaan kerusakan untuk dosis serapan yang sama dan biasa disebut dosis ekivalen. Hal ini karena perbedaan faktor kualitas atau RBE (relatifive biological effectiveness) dilambangkan Q.
Faktor kualitas dari berbagai jenis radiasi tampak pada tabel berikut.
Dosis ekuivalen, H dengan satuan Sv (Sievert) atau rem, didefinisikan sebagai sebagai hasil kali dosis serap D dalam satuan Gy, dengan faktor kualitas, Q. Dengan demikian, Dosis serapan ekuivalen dapat dirumuskan sebagai berikut.
H (dalam Sv atau rem) = D (dalam Gy) x Q
Setiap organ tubuh memiliki dosis ekivalen efektif yang berbeda-beda karena masing-masing organ tubuh mempunyai daya tahan yang berbeda terhadap radiasi. Dosis ekuivalen efektif digunakan untuk menyatakan sebarapa besar efek radiasi terhadap tubuh manusia, bukan merupakan suatu besaran melainkan petunjuk untuk tujuan proteksi radiasi yang didasarkan pada dosis serap.

Contoh Soal Dosis Serap

SOAL 1
Rad merupakan satuan dosis serap yang dapat dinyatakan dengan ....

SOAL 2
Seberkas sinar alfa menembus daging dengan luas penampang 2 cm2 dan membawa 7 x 108partikel/s. Energi tiap partikelnya adalah 1,25 MeV. Tebal daging 0,75 cm (massa jenis 0,95 gr/cm3) dan partikel kehilangan energi sebesar 5% dari intensitas semula. Dosis serap dalam Gy adalah ....

SOAL 3
Pernyataan berikut ini benar, kecuali ....

SOAL 4
Seberkas sinar α melewati sebuah benda dan mengendapkan energi 0,3 J tiap satu kilogramnya. Dosisnya adalah ....

SOAL 5
Sinar gamma menembus daging bermassa 5 gr dengan intensitas 8 x 107 partikel dan energi yang diberikan sebesar 2,5 MeV. Dosis serapnya adalah ....

SOAL 6
Ketika dikenai sinar gamma, suatu bahan memiliki dosis serap 0,0032 Gy. Dosis ekuivalen bahan tersebut adalah ....

SOAL 7
Semakin besar dosis serap ....

SOAL 8
Perhatikan tabel berikut.
Pernyataan yang tidak tepat berdasarkan tabel di atas adalah ....

SOAL 9
Tingkat kerusakan suatu bahan dipengaruhi oleh jenis radiasi yang digunakan. Hal tersebut karena ada faktor pembeda di setiap radiasi yang dinyatakan sebagai ....

SOAL 10
Besarnya radiasi oleh alam adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel