Contoh Soal Alat-Alat Pendeteksi Radioaktif

Contoh Soal Alat-Alat Pendeteksi Radioaktif Pada topik ini kalian akan belajar tentang alat pendeteksi radioaktif. Sebelumnya kalian telah belajar tentang zat radioaktif, sinar-sinar radioaktif, dan peluruhan radioaktif, sekarang kita berlanjut ke detektor radioaktif. Sinar radioaktif memiliki sifat yang sangat berbahaya sehingga dibutuhkan alat untuk mendeteksi adanya sinar radioaktif. Alat yang digunakan untuk mendeteksi adanya radioaktif dinamakan detektor. Detektor sinar radioaktif ada bermacam-macam, antara lain kamar kabut Wilson, film fotografis/ emulsi film, pencacah Geiger-Muller, detektor sintilasi, dan elektroskop pulsa. Mari kita pelajari satu per satu alat-alat tersebut.

1. Kamar Kabut Wilson

Jika udara didinginkan sampai uap mencapai keadaan jenuh, maka udara itu masih dapat didinginkan tanpa terjadi pengembunan. Uap pada kondisi ini dinamakan uap superjenuh. Pada tahun 1911, C.T.R. Wilson menemukan ion-ion gas yang dapat bertindak sebagai inti pengembunan. Wilson menyadari bahwa gejala ini dapat digunakan untuk menunjukkan lintasan-lintasan radiasi ionisasi melalui udara. Bentuk jejak-jejak kabut yang dihasilkan pada kamar kabut bergantung pada partikel-partikel radioaktif yang digunakan. Dengan demikian, jejak-jejak ini dapat digunakan sebagai petunjuk untuk mengenali jenis partikel radioaktif itu.

2. Film Fotografis/ Emulsi Film

Film fotografis pertama kali digunakan oleh Bacquerel secara tidak sengaja saat menemukan radioaktif alami dari uranium. Di sini, Bacquerel menemukan sinar radioaktif yang dapat menghitamkan film. Setiap bulan, film fotografis tersebut dicuci. Banyaknya penghitaman pada film akan menunjukkan tingkat radiasi yang mengenainya.

3. Pencacah Geiger Muller

Pencacah Geiger-Muller (GM) adalah detektor yang paling banyak digunakan untuk mendeteksi radiasi. Pulsa arus listrik dicatat pada sebuah pencacah (scaler). Pulsa arus listrik biasanya juga dihubungkan ke sebuah pengeras suara (loudspeaker) sehingga pengguna dapat mendengar suara “klik” setiap kali suatu sinar radioaktif melewati jendela detektor.

4. Detektor Sintilasi

Detektor sintilasi terbuat dari logam yang atom-atomnya mudah dideteksi oleh radiasi yang datang (efek fotolistrik). Efek fotolistrik adalah keluarnya elektron-elektron dari permukaan logam ketika terkena radiasi. Bahan-bahan yang umum digunakan sebagai sintilator adalah kristal-kristal natrium iodida. Bahan-bahan ini diletakkan di salah satu ujung peralatan yang disebut tabung foto pengganda (photomultiplier) sehingga foton yang dikeluarkan oleh sintilator dapat diubah menjadi sinyal listrik. Tabung foto pengganda terdiri dari beberapa elektroda yang disebut dioda. Detektor sintilasi lebih peka terhadap sinar gamma bila dibandingkan pencacah Geiger-Muller.

5. Elektroskop Pulsa

Prinsip kerja detektor ini adalah melewatkan zat radioaktif ke dalam kamar gas. Gas yang terionisasi akan ditarik oleh sepasang elektroda (positif dan negatif). Ion gas bermuatan positif akan ditarik oleh elektroda negatif dan ion gas bermuatan negatif akan ditarik oleh elektroda positif. Hal inilah yang mengakibatkan elektroda bergerak. Jumlah gerakan inilah yang akan dikonversi menjadi pulsa listrik.

Contoh Soal Alat-Alat Pendeteksi Radioaktif


SOAL 1
Detektor yang dapat mengukur intensitas radiasi zat radioaktif adalah ....

SOAL 2
Detektor yang digunakan untuk mengamati jejak partikel radioaktif adalah ....

SOAL 3
Detektor yang menggunakan prinsip muatan positif dan negatif ion atau partikel radioaktif adalah ....

SOAL 4
Pengertian sintilasi adalah ....

SOAL 5
Suatu zat radioaktif yang memancarkan sinar alfa didekatkan pada sebuah elektroskop yang bermuatan negatif. Hal tersebut akan menyebabkan daun-daun elektroskop ....

SOAL 6
Alat pendeteksi radiaokatif yang bekerja berdasarkan efek fotolistrik adalah ....

SOAL 7
Masuknya radiasi pengion akan membentuk pasangan ion positif dan elektron. Hal tersebut merupakan prinsip kerja dari ....

SOAL 8
Ilmuwan berikut ini yang pernah menggunakan film fotografis sebagai detektor zat radioaktif adalah ....

SOAL 9
Banyaknya penghitaman pada film fotografis menunjukkan ....

SOAL 10
Bahan yang biasa digunakan sebagai sintilator adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel