Contoh Soal Langkah-Langkah Menulis Teks Eksemplum
Contoh Soal Langkah-Langkah Menulis Teks Eksemplum - Setelah dapat menyusun urutan teks agar menjadi teks eksemplum yang baik dan benar, kali ini kalian akan mengaplikasikan pembahasan-pembahasan sebelumnya dalam praktik menulis teks eksemplum.
Langkah-Langkah Menulis Teks Eksemplum
1. Tentukan tema
Menentukan tema teks yang mudah dapat kalian lakukan dengan mengingat pengalaman yang tidak pernah kalian harapkan atau membuat kisah fiktif yang berisi pengalaman yang tidak pernah diharapkan tokoh, misalnya tema malu karena jatuh.
2. Tentukan tujuan/fungsi sosial
Menentukan tema teks yang mudah dapat kalian lakukan dengan mengingat pengalaman yang tidak pernah kalian harapkan atau membuat kisah fiktif yang berisi pengalaman yang tidak pernah diharapkan tokoh, misalnya tema malu karena jatuh.
2. Tentukan tujuan/fungsi sosial
Setelah menemukan sebuah tema yang menurutmu menarik, jelaskanlah tujuan atau fungsi sosial teks tersebut, yaitu menilai perilaku atau karakter tokoh dalam cerita.
3. Temukan data
Pada tahap ini, temukanlah data dengan mengingat pengalaman yang tidak pernah kalian harapkan atau bertanya pada orang-orang terdekat mengenai pengalaman buruk yang tidak pernah mereka harapkan akan terjadi, misalnya terinspirasi dari kisah teman yang mengalami kekurangberuntungan gara-gara rantai sepeda putus.
4. Menyusun kerangka teks
Dalam menyusun kerangka teks eksemplum, terlebih dahulu buatlah daftar struktur teks eksemplum berupa orientasi, insiden, dan interpretasi. Kemudian, buatlah poin-poin ringkas dalam setiap struktur, misalnya
5. Mengembangkan kerangka
Setelah dibuat kerangka, kembangkanlah kerangka tersebut menjadi sebuah teks eksemplum yang terdiri atas beberapa paragraf yang padu satu sama lain, misalnya
3. Temukan data
Pada tahap ini, temukanlah data dengan mengingat pengalaman yang tidak pernah kalian harapkan atau bertanya pada orang-orang terdekat mengenai pengalaman buruk yang tidak pernah mereka harapkan akan terjadi, misalnya terinspirasi dari kisah teman yang mengalami kekurangberuntungan gara-gara rantai sepeda putus.
4. Menyusun kerangka teks
Dalam menyusun kerangka teks eksemplum, terlebih dahulu buatlah daftar struktur teks eksemplum berupa orientasi, insiden, dan interpretasi. Kemudian, buatlah poin-poin ringkas dalam setiap struktur, misalnya
5. Mengembangkan kerangka
Setelah dibuat kerangka, kembangkanlah kerangka tersebut menjadi sebuah teks eksemplum yang terdiri atas beberapa paragraf yang padu satu sama lain, misalnya
S1
Ketika pelajaran Matematika dimulai, Rasid sangat percaya diri karena dia yakin kali ini nilai tugas Matematikanya akan tinggi. Hal itu disebabkan usaha kerasnya mengerjakan tugas tersebut hingga rela tidur menjelang subuh. Namun, ketika mengeluarkan buku dari tas, dia tidak mendapatkan buku matematika tetapi malah buku sejarah yang dia bawa. Dia merasa sangat kecewa karena salah membawa buku pelajaran akibat terburu-buru. Alhasil, bukan nilai tinggi yang didapatnya melainkan peringatan kedua dari guru sekaligus tugas tambahan.
Teks di atas dikembangkan dari kerangka berikut yaitu ....
S2
Ketika pelajaran Matematika dimulai, Rasid sangat percaya diri karena dia yakin kali ini nilai tugas Matematikanya akan tinggi. Hal itu disebabkan usaha kerasnya mengerjakan tugas tersebut hingga rela tidur menjelang subuh. Namun, ketika mengeluarkan buku dari tas, dia tidak mendapatkan buku matematika tetapi malah buku sejarah yang dia bawa. Dia merasa sangat kecewa karena salah membawa buku pelajaran akibat terburu-buru. Alhasil, bukan nilai tinggi yang didapatnya melainkan peringatan kedua dari guru sekaligus tugas tambahan.
Judul yang dapat digunakan berdasarkan penggalan teks di atas adalah ....
S3
Perhatikan kerangka teks berikut!
(1) Panggung Kesenian Sekolah menjadi peluang Rosiana untuk pamer
(2) Rosiana datang dan langsung menuju ke barisan paling depan
(3) Siswa belum ada yang mengenakan baju seperti Rosiana
(4) Sesuatu menimpa baju baru Rosiana saat duduk
(5) Ternyata yang jatuh adalah kotoran burung
Pengembangan kerangka teks eksemplum yang tepat adalah ....
(1) Panggung Kesenian Sekolah menjadi peluang Rosiana untuk pamer
(2) Rosiana datang dan langsung menuju ke barisan paling depan
(3) Siswa belum ada yang mengenakan baju seperti Rosiana
(4) Sesuatu menimpa baju baru Rosiana saat duduk
(5) Ternyata yang jatuh adalah kotoran burung
Pengembangan kerangka teks eksemplum yang tepat adalah ....
S4
Perhatikan kerangka teks berikut!
(1) Panggung Kesenian Sekolah menjadi peluang Rosiana untuk pamer
(2) Rosiana datang dan langsung menuju ke barisan paling depan
(3) Siswa belum ada yang mengenakan baju seperti Rosiana
(4) Sesuatu menimpa baju baru Rosiana saat duduk
(5) Ternyata yang jatuh adalah kotoran burung
(1) Panggung Kesenian Sekolah menjadi peluang Rosiana untuk pamer
(2) Rosiana datang dan langsung menuju ke barisan paling depan
(3) Siswa belum ada yang mengenakan baju seperti Rosiana
(4) Sesuatu menimpa baju baru Rosiana saat duduk
(5) Ternyata yang jatuh adalah kotoran burung
Jika dikembangkan dengan tepat, fungsi sosial teks eksemplum di atas adalah ....
S5
Berikut ini kerangka yang dapat digunakan untuk membuat interpretasi adalah ....
S6
Di suatu kampung kecil, tinggalah seorang pria bernama Yahya. Pria bertubuh tinggi dan kurus ini hidup sebatang kara sebab kedua orang tuanya telah meninggal.
Suatu hari, Yahya melihat pengumuman yang tertempel di dinding masjid. Di sana tertulis bahwa di masjid itu akan diadakan lomba azan dengan hadiah sangat menarik. Yahya merasa tertarik untuk mengikuti lomba tersebut. Ia langsung mendatangi panitia lomba untuk mendaftar.
Suatu hari, Yahya melihat pengumuman yang tertempel di dinding masjid. Di sana tertulis bahwa di masjid itu akan diadakan lomba azan dengan hadiah sangat menarik. Yahya merasa tertarik untuk mengikuti lomba tersebut. Ia langsung mendatangi panitia lomba untuk mendaftar.
Pernyataan yang sesuai dengan penggalan teks di atas adalah ....
S7
Di suatu kampung kecil, tinggalah seorang pria bernama Yahya. Pria bertubuh tinggi dan kurus ini hidup sebatang kara sebab kedua orang tuanya telah meninggal.
Suatu hari, Yahya melihat pengumuman yang tertempel di dinding masjid. Di sana tertulis bahwa di masjid itu akan diadakan lomba azan dengan hadiah sangat menarik. Yahya merasa tertarik untuk mengikuti lomba tersebut. Ia langsung mendatangi panitia lomba untuk mendaftar.
Suatu hari, Yahya melihat pengumuman yang tertempel di dinding masjid. Di sana tertulis bahwa di masjid itu akan diadakan lomba azan dengan hadiah sangat menarik. Yahya merasa tertarik untuk mengikuti lomba tersebut. Ia langsung mendatangi panitia lomba untuk mendaftar.
Kerangka yang sesuai dengan teks di atas adalah sebagai berikut, kecuali ....
S8
Perhatikan kerangka berikut!
(1) Asna seorang siswi yang kritis
(2) Asna berjanji tidak melakukan kesalahan yang sama
(3) Bu Fatma memaafkan Asna
(4) Berpikir dahulu sebelum bertindak
(1) Asna seorang siswi yang kritis
(2) Asna berjanji tidak melakukan kesalahan yang sama
(3) Bu Fatma memaafkan Asna
(4) Berpikir dahulu sebelum bertindak
Kerangka yang dapat dikembangkan menjadi bagian orientasi adalah ....
S9
Perhatikan kerangka berikut!
(1) Asna seorang siswi yang kritis
(2) Asna berjanji tidak melakukan kesalahan yang sama
(3) Bu Fatma memaafkan Asna
(4) Berpikir dahulu sebelum bertindak
(1) Asna seorang siswi yang kritis
(2) Asna berjanji tidak melakukan kesalahan yang sama
(3) Bu Fatma memaafkan Asna
(4) Berpikir dahulu sebelum bertindak
Pengembangan yang tepat untuk kerangka (4) yang berkaitan dengan kerangka lainnya adalah ....
S10
Perhatikan kerangka berikut!
- Polisi menyita sepeda motor kami
- Kami dimarahi orang tua Hendri
Pengembangan yang tepat untuk kerangka di atas adalah sebagai berikut, kecuali ....