Contoh Soal Permasalahan yang Timbul Akibat Globalisasi

Contoh Soal Permasalahan yang Timbul Akibat GlobalisasiAdakah masalah yang ditimbulkan oleh globalisasi? Berbagai perubahan pada komunitas dan masyarakat lokal yang diakibatkan oleh globalisasi, pada akhirnya, juga menimbulkan berbagai permasalahan berikut :
Di era globalisasi, interaksi kultural terjadi melalui perkembangan media massa, terutama televisi, film, musik, bahan bacaan, dan media lainnya. Bersamaan dengan itu, masuk pula sejumlah paham dari negara Barat yang kurang bersesuaian dengan kebudayaan Indonesia, di antaranya:
a) Individualisme, yaitu suatu paham yang mementingkan kepentingan diri sendiri (individu).
b) Materialisme, yaitu suatu paham yang selalu memandang segala sesuatu berdasarkan materi atau harta benda.
c) Sekularisme, yaitu suatu paham yang menilai bahwa manusia tidak terikat pada nilai-nilai agama, melainkan hanya mengutamakan akal pikiran dan pendekatan ilmiah rasional belaka.
d) Hedonisme, yaitu suatu paham yang menganggap bahwa kesenangan atau kenikmatan duniawi merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.
Beberapa pihak bahkan menyamakan globalisasi dengan westernisasi, sehingga beranggapan bahwa bentuk kehidupan dan kebudayaan Barat adalah sebagai satu-satunya kemungkinan yang ada dan terbaik. Mereka ini kerap mempertentangkan kebudayaan Barat dengan kebudayaan lokal serta mencoba menyingkirkan unsur-unsur budaya lokal yang sarat keunikan untuk menggantikannya dengan nilai-nilai Barat yang cenderung homogen.

Contoh Soal Permasalahan yang Timbul Akibat Globalisasi


SOAL 1
Faktor yang menyebabkan masyarakat cenderung bersifat dinamis adalah ….

SOAL 2
Pada saat ini, sebagian generasi muda Indonesia hampir melupakan kesenian dan budaya bangsa. Mereka cenderung mendengarkan lagu-lagu dan menonton film-film asing. Hal ini terjadi karena adanya ….

SOAL 3
Sebagian remaja kota lebih senang makan ayam goreng di sebuah restoran waralaba dari luar negeri. Mereka merasa rendah diri, kurang prestise apabila tidak makan di restoran tersebut. Gejala globalisasi tersebut berdampak negatif karena ….

SOAL 4
Globalisasi yang menuntut cara berpikir rasional dan pragmatis seringkali mengesampingkan keyakinan ajaran agama (sekularisme). Bila hal tersebut terjadi terus-menerus maka dapat berdampak negatif seperti ….

SOAL 5
Persamaan antara modernisasi, westernisasi, dan sekularisasi adalah ….

SOAL 6
Peristiwa yang tergolong sebagai westernisasi ialah ….

SOAL 7
Perhatikan hal-hal berikut!
1) Mementingkan keimanan
2) Memandang penting gotong royong
3) Individualis
4) Liberal dan demokratis
Sebagian jati diri bangsa Indonesia adalah ….

SOAL 8
Pentingnya menghargai dan melestarikan kearifan lokal didasari salah satu alasan, yaitu ….

SOAL 9
Gangguan keseimbangan yang terjadi akibat globalisasi dapat dipulihkan kembali melalui ….

SOAL 10
Derasnya arus informasi dan komunikasi di era globalisasi yang membawa nilai-nilai baru dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia yang ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel