Contoh Soal Globalisasi dan Perubahan Pada Lembaga Agama

Contoh Soal Globalisasi dan Perubahan Pada Lembaga AgamaAgama dan keberagamaan memiliki sejarah panjang, membentang sepanjang peradaban masyarakat dan manusia. Secara sosiologis, masyarakat dan manusia dalam menganut agama mempunyai ciri-ciri mempercayai sesuatu secara mutlak, mensakralkan sesuatu, dan percaya pada yang gaib. Emile Durkheim menyebut bahwa agama ialah suatu sistem terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci, dan bahwa kepercayaan dan praktik tersebut mempersatukan semua orang yang beriman ke dalam suatu komunitas moral yang dinamakan umat. Menurut Durkheim, semua agama mengenal pembagian semua benda yang ada di bumi ini, baik yang berwujud nyata maupun berwujud ideal, ke dalam dua kelompok yang saling bertentangan, yaitu hal bersifat duniawi (profan) dan suci (sacred). Sedangkan Soerjono Soekanto (2013) mendefinisikan agama sebagai kepercayaan pada hal-hal spiritual, perangkat kepercayaan dan praktik spiritual yang dianggap sebagai tujuan tersendiri, serta ideologi mengenai hal-hal spiritual.

Contoh Soal Globalisasi dan Perubahan Pada Lembaga Agama


SOAL 1
Agama ialah suatu sistem terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci. Ini adalah sekelumit definisi agama menurut ….

SOAL 2
Fungsi penyelamatan lembaga agama ialah …

SOAL 3
Agama ikut bertanggung jawab atas adanya norma-norma dan aturan moral yang baik dan berlaku dalam masyarakat. Ini merupakan wujud fungsi ….

SOAL 4
Peristiwa yang menunjukkan terjadinya sekularisasi radikal adalah ….

SOAL 5
Hal yang ditawarkan oleh ajaran sesat dan tidak bisa dipenuhi oleh agama konvensional ialah ….

SOAL 6
Proses dari paham yang tidak terikat pada nilai-nilai agama, melainkan hanya mengutamakan akal pikiran dan pendekatan ilmiah rasional belaka, diistilahkan sebagai ….

SOAL 7
Ketaqwaan dan kesalehan sosial sangat bermakna dimiliki dalam bidang ….

SOAL 8
Tujuan dari modernisasi di bidang agama adalah ….

SOAL 9
Ancaman terhadap jati diri bangsa dalam hal moral ialah ....

SOAL 10
Perhatikan hal-hal berikut!
1) Mementingkan keimanan
2) Memandang penting gotong royong
3) Individualis
4) Liberal dan demokratis
Jati diri pokok bangsa Indonesia adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel