Contoh Soal Globalisasi dan Perubahan Pada Lembaga Pendidikan

Contoh Soal Globalisasi dan Perubahan Pada Lembaga PendidikanKarena lembaga sosial identik dengan himpunan norma dan unsur-unsur dalam kebudayaan yang lazimnya berlandaskan pada nilai sosial, maka sifatnya sangat dinamis serta senantiasa menyesuaikan diri dengan beragam perubahan yang terjadi di era globalisasi. 
Sesuai UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pada hakekatnya, pendidikan merupakan produk dari masyarakat, karena apabila disadari arti pendidikan sebagai proses transfer pengetahuan, sikap, kepercayaan, keterampilan, dan aspek-aspek kelakuan lainnya kepada generasi muda, maka seluruh upaya tersebut sudah dilakukan sepenuhnya oleh kekuatan-kekuatan masyarakat. 

Contoh Soal Globalisasi dan Perubahan Pada Lembaga Pendidikan


SOAL 1
Pendidikan sudah dimulai sejak seorang individu pertama kali berinteraksi dengan ….

SOAL 2
Proses pendidikan bersifat informal berlangsung di ….

SOAL 3
Contoh tipe pendidikan birokratis adalah ….

SOAL 4
Fungsi laten dari lembaga pendidikan ialah ….

SOAL 5
Tugas guru dari segi profesi yakni ….

SOAL 6
Berikut adalah sejumlah karakter yang dapat mengintegrasikan keluarga, lembaga pendidikan, dan masyarakat atau komunitas, kecuali ….

SOAL 7
Pendidikan tinggi jarak jauh di Indonesia dilaksanakan oleh ….

SOAL 8
Pendidikan sangatlah penting bagi keberlangsungan modernisasi karena melalui pendidikan dapat dikembangkan unsur utama modernisasi, yaitu ….

SOAL 9
Lembaga pendidikan berperan dalam mewujudkan integrasi sosial masyarakat Indonesia yang majemuk. Peran lembaga tersebut dilaksanakan dalam bentuk ….

SOAL 10
Salah satu faktor terpenting yang menjadi penyebab dibutuhkannya lembaga pendidikan dalam masyarakat modern adalah …

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel