Contoh Soal Langkah-Langkah Menulis Teks Cerita Sejarah

Contoh Soal Langkah-Langkah Menulis Teks Cerita SejarahPenulisan teks cerita sejarah dilakukan agar generasi sebuah bangsa dapat melihat sejarah masa lampau yang dialami untuk menjadi koreksi dan perbaikan di masa yang akan datang.

Contoh Soal Langkah-Langkah Menulis Teks Cerita Sejarah


SOAL 1
Perhatikan gambar di bawah ini!

Struktur analisis teks cerita sejarah di atas yang tepat ialah ....

SOAL 2
Keinginan menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dimulai ketika para pemuda mengadakan Kongres Pemuda. Rapat pertama pada 27 Oktober 1928 membahas faktor yang memperkuat persatuan Indonesia. Rapat kedua pada 28 Oktober 1928 membahas pentingnya keseimbangan pendidikan di sekolah dan di rumah. Rapat terakhir membahas pentingnya pendidikan kepanduan. Konggres ini melahirkan Ikrar satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa yang dibacakan pada 28 Oktober 1928. Oleh karena itu setiap tanggal 28 Oktober kita peringati sebagai hari Sumpah Pemuda.
Struktur analisis teks cerita sejarah di atas yang tepat ialah ....

SOAL 3
Revolusi Industri terjadi sekitar pertengahan abad ke-19. Revolusi ini ditandai dengan munculnya mesin uap. Mesin yang menggerakkan angkutan darat dan laut serta mesin-mesin pabrik mengakibatkan mengakibatkan berkurangnya tenaga manusia. Tak heran James Watt penemu mesin uap ini merupakah tokoh yang memiliki pengaruh penting dalam sejarah dunia.
Tahapan teks cerita sejarah di atas ialah ....

SOAL 4
Siasat Belanda melawan Pangeran Diponegoro dimulai dengan menghancurkan pos pertahanan di Gua Selarong pada tahun 1825. Namun usaha ini sia-sia karena posko ini telah dikosongkan. Pasukan Diponegoro tengah menghimpun kekuatan di Gunung Kidul. Akhirnya pada tahun 1827 Belanda kembali menyerang dengan politik Benteng Stelselnya. Akibatnya Pasukan Diponegoro berhasil dipukul mundur.
Reorientasi teks cerita sejarah di atas yang tepat ialah ....

SOAL 5
Terjadi peperangan pada semua negara di dunia ketika terjadi Perang Dunia ke II. Negara yang tergabung Blok Poros yaitu Jerman, Italia, dan Jepang melawan Blok Sekutu yang terdiri dari Inggris, Perancis, Amerika Serikat, Belanda, Belgia, Cina dan Rusia. Kekacauan ini disebabkan penyerangan Jerman atas Polandia pada tahun 1939 dan kekalahan Jepang di Pear Harbour pada tahun 1941
Tahapan Teks cerita sejarah di atas ialah ....

SOAL 6
Teks 1 : Museum proklamasi ini pada masa Pendudukan Jepang merupakan rumah Laksamana Maeda. Setelah Indonesia memproklamsikan kemeredekaan pada 17 Agustus 1945 sekaligus kekalahan jepang , gedung ini menjadi Markas Tentara Inggris.
Teks 2 : Pada 1961 dikontrak oleh Kedutaan Inggris. Selanjutnya tahun 1981 dipergunakan oleh Depdikbud dan tahun 1982 digunakan sebagai kantor Perpustakaan Nasional. Baru pada tahun 1984 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Nugroho Notosusanto meresmikan sebagai Museum Perumusan Naskah Proklamasi.
Perbedaan struktur analisis dua teks berdasarkan langkah-langkah penyajiannya adalah .…

SOAL 7
Sepeda motor pertama di dunia lahir di Jerman pada 1885. Pada tahun 1895 masuk ke Amerika Serikat. Sepeda motor pertama kali ada di Indonesia pada tahun 1893. Jadi, sepeda motor yang pertama kali masuk Indonesia merupakan sepeda motor pertama di dunia juga.
Hal yang membuat susunan reorientasi teks sejarah di atas kurang tepat ialah ....

SOAL 8
Masjid Cheng Ho merupakan bangunan masjid terunik karena Ornamennya bernuansa Tiongkok lama. Masjid ini mampu menampung sekitar 200 jamaah. Yang membuat menarik ialah di dalam masjid Cheng Ho terdapat gambar Laksamana Cheng Ho untuk mengenang jasanya berdagang, menjalin persahabatan, serta menyebarkan agama Islam.
Teks cerita sejarah di atas dapat disebut juga bagian ....

SOAL 9
Tema yang dapat dimasukkan dalam teks cerita sejarah ialah ....

SOAL 10
Pada urutan peristiwa kronologi teks cerita sejarah terdapat tahapan-tahapan yang biasa disebut dengan istilah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel