Macam-Macam Media Penyimpanan Data

Macam-Macam Media Penyimpanan Data -Pada topik sebelumnya, kalian telah belajar tentang transmisi data. Pada topik ini, kalian akan belajar tentang penyimpanan data. Di zaman modern ini, teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat. Hal itu dibuktikan dengan semakin banyaknya produk teknologi yang dihasilkan.
        
Macam-Macam Media Penyimpanan Data
Macam-Macam Media Penyimpanan Data
Para pengguna sudah disediakan banyak pilihan produk teknologi untuk membantu dan memudahkan pekerjaan. Salah satu produk teknologi yang biasa dimanfaatkan adalah flash disk. Tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan benda itu. Apakah sebagian besar dari kalian memiliki benda kecil tersebut? Flash disk merupakan media penyimpanan data yang bersifat portabel atau mudah dipindahkan, sehingga kehadirannya memberikan banyak kemudahan untuk pengguna.
Jadi, saat kalian ingin menyimpan data berupa gambar, video, dan musik kalian cukup menyalinnya di dalam flash disk yang berukuran mini. Lalu apa sebenarnya penyimpanan data? Apa saja yang termasuk media penyimpanan data? Bagaimanakah penerapannya dalam teknologi informasi dan komunikasi? Semua jawaban pertanyaan itu akan kalian temukan pada uraian berikut.
Proses penyimpanan data berkaitan erat dengan transmisi data pada teknologi informasi dan komunikasi. Setiap data digital yang tersimpan merupakan hasil transmisi data dalam bentuk kode-kode biner (0 dan 1). Data-data tersebut dapat berupa gambar, suara, atau video. Kemudian, data-data tersebut diolah secara komputasi agar dapat disimpan dalam media penyimpanan data digital.
Media penyimpanan data berfungsi untuk mempertahankan data dan informasi pada selang waktu tertentu. Data yang tersimpan dalam media penyimpanan digital berbeda dengan data aslinya. Data-data ini dapat kalian lihat menggunakan alat bantu pembaca, seperti komputer, laptop, VCD, radio, televisi, dan sebagainya. Berikut ini merupakan macam-macam media penyimpanan data digital dan penerapannya dalam teknologi informasi dan komunikasi.

💻 Hard Disk

Hard disk adalah perangkat keras pada komputer/ laptop yang berfungsi sebagai media penyimpanan data non-volatile. Artinya, alat ini dapat menyimpan data meskipun tidak terhubung dengan aliran listrik. Hard disk memiliki piringan magnetik yang dapat menyimpan data sekunder dari suatu perangkat kompter/ laptop, sehingga daya tampung penyimpanannya cukup besar. 
Kapasitas penyimpanan hard disk dapat diperbesar dengan menambahkan piringan magnetik. Seiring dengan perkembangan zaman, kapasitas penyimpanan hard disk menjadi semakin besar, tetapi ukuran alatnya menjadi semakin kecil atau biasa disebut hard disk portabel. Saat ini, hard disk tidak hanya dipasang di dalam perangkat (internal) komputer saja, tetapi dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) menggunakan kabel USB ataupun FireWire.

💻 Flash Disk

Flash disk adalah media penyimpanan data portabel yang memiliki penghubung berupa USB. Alat ini memiliki ukuran yang kecil, sehingga mudah dibawa. Meskipun ukurannya kecil, namun alat ini memiliki kapasitas yang besar. Flash disk dapat dihubungkan pada komputer/ laptop, televisi, VCD, atau alat lain yang dilengkapi penghubung USB. Namun, flash disk memiliki umur penyimpanan data yang lebih singkat dibandingkan alat penyimpanan data lain jika penggunaannya tidak berhati-hati.

💻 Floppy Disk

Floppy disk merupakan alat pembaca disket, yaitu sebagai tempat menulis dan menyimpan data serta menjalankan sistem operasi dan aplikasi. Dahulu, alat ini masih sering digunakan, tetapi untuk saat ini sebagian besar pengguna memilih menggunakan flash disk atau CD/ DVD karena bersifat lebih praktis.

💻 CD atau DVD

CD (compact disc) dan DVD (digital versatile disc atau digital video disc) adalah media penyimpanan data yang terbuat dari lapisan plastik dan termasuk media penyimpanan optik yang popular. Kedua benda ini memiliki ukuran dan bentuk yang sama. Bedanya, DVD memiliki peran yang lebih optimal karena dapat memainkan film dan audio dengan lebih baik dan memiliki kapasitas penyimpanan data 6x lebih besar dibandingkan CD. Seperti halnya pada CD, DVD juga dapat menyimpan data, foto, atau data lain dari komputer. Untuk membaca CD/ DVD dapat digunakan sinar laser dengan panjang gelombang 650 nm (kemerahan).

💻 Cakram Blue Ray

Piring cakram adalah media penyimpanan data berkapasitas besar dan berkualitas tinggi, sehingga biasa digunakan untuk menyimpan video dengan resolusi besar. Nama blue-ray diambil dari jenis laser biru-ungu (405 nm) yang digunakan untuk membaca dan menulis penyimpanan data jenis ini. Dengan demikian, cakram ini memiliki kapasitas penyimpanan data yang lebih besar dibandingkan DVD.

💻 Memory Card

Memory card merupakan salah satu media penyimpanan data digital yang sangat popular. Alat ini biasa dipasang pada telepon genggam, MP3/ MP4 player, kamera digital, handycam, dan sebagainya. Memory card juga dapat dibaca pada layar komputer, namun penggunaannya harus melalui perangkat pembaca, yaitu memory card reader.

💻 Compact Cassette

Compact cassette/ kaset adalah media yang digunakan untuk menyimpan data berupa suara. Kaset berbentuk pita magnetik yang mampu merekam data dengan format suara selama 120 menit (2 jam). Penggunaan kaset harus melalui perangkat tape recorder. Namun penggunaannya saat ini sudah jarang, karena pengguna lebih memilih menggunakan CD/ DVD. 
Selain media penyimpanan data di atas, terdapat media penyimpan data digital lain melalui sistem online, seperti e-book, media sosial, e-mail, dan beberapa aplikasi penyimpanan data online lainnya. Perkembangan teknologi inilah yang kemudian dapat mempermudah kita dalam menyampaikan informasi dan berkomuniksi dengan pengguna lain.
Manfaatkan media penyimpanan di atas sesuai kebutuhan kalian. Untuk mengasah kemampuan kalian tentang penyimpanan data, kerjakan soal-soal yang telah tersedia. Selamat belajar dan memanfaatkan teknologi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel