Pengertian Transmisi Data

Pengertian Transmisi Data - Transmisi data merupakan proses pengiriman data dari salah satu sumber data ke penerima data dengan menggunakan komputer/media elektronik. Untuk mengetahui lebih jauh tentang transmisi data beserta proses dan langkah kerjanya. Berikut ini merupakan beberapa hal yang berkaitan dengan proses transmisi data.
Pengertian Transmisi Data
Pengertian Transmisi Data

Media Transmisi Data

Kabel (Wired)

  • Kabel pilin: Unshielded Twisted Pair (UTP), kabel ini biasa digunakan untuk melakukan transmisi melalui jaringan komputer seperti di kantor-kantor / warnet-warnet. Selain UTP, STP (Shielded Twisted Pair) yang didalamnya terdapat beberapa kawat dalam satu bendel juga dapat digunakan untuk melakukan transmisi data.
  • Koaksial (coaxial cable): Kabel ini terdiri dari dua macam konduktor yang dipisahkan dengan menggunakan isolator.
  • Serat optik: kabel yang dapat mengirimkan informasi dengan cara menghantarkan informasi / data menggunakan gelombang cahaya.

Nirkabel (Wireless)

Wi-fi atau Wireless adalah media transmisi unguided, yang mana media ini hanya bisa mentransmisikan data dan tidak dijadikan untuk pemandu. Transmisi data yang terdapat pada jaringan ini biasanya dilakukan dengan menggunakan sebuah alat bantu yang dikenal dengan antenna atau transceiver. Misalnya radio, microwave, dan infra merah.

Jalur Transmisi Data

Jalur transmisi merupakan suatu alat yang mampu mengirimkan informasi dengan menggunakan peralatan lain. Jalur transmisi data ini dibagi menjadi 3 macam, yaitu:
  • Multicast adalah suatu proses komunikasi terjadi melalui satu alat dengan alat lainnya. Contoh: server yang digunakan untuk mengakses internet.
  • Broadcast adalah proses dalam pengiriman data atau informasi dari satu alat ke alat-alat lainnya. Contoh: pemancar radio, pemancar televisi serta mengirim email menggunakan mailing list.
  • Unicast adalah kontak informasi yang terjadi pada suatu alat dengan satu alat yang lain. Misalnya sewaktu menggunakan telepon, ketika salah satu telepon digunakan untuk menghubungi salah satu telepon yang lain, maka selain kedua telepon yang berhubungan tersebut tidak dapat menghubungi salah satu dari telepon yang sedang terkoneksi/terhubung tersebut.

Jalur Transmisi Data

            Konfigurasi Jalur Transmisi Data merupakan salah satu faktor yang penting untuk diperhatikan sebelum menggunakan transmisi data (pengiriman data), dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:
  • Point to point: Dalam konfigurasi ini media atau peralatan saling terhubung antara satu peralatan dengan peralatan yang lain tanpa terbagi. Contoh: printer yang terhubung langsung dengan PC/komputer.
  • Point to multipoint: Dalam proses disebut juga dengan access multipoint, dimana pada satu alat/media dapat terhubung dengan beberapa alat lainnya. Contoh: televisi, penyiaran radio yang mana satu pemancar radio/televisi dapat diakses dengan beberapa radio/televisi.

Arah Kanal Transmisi

            Kanal transmisi data ini adalah pipa yang menghubungkan dua unit alat untuk mengirimkan datanya. Untuk menentukan arah transmisi dalam kanal tersebut dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu:
  • Simplex: arah kanal transmisi Simplex hanya dapat melakukan komunikasi/transmisi satu arah saja. Contoh: pemancar televisi atau pemancar radio.
  • Half Duplex: dapat melakukan komunikasi/transmisi data dengan dua arah, akan tetapi tidak dapat melakukan transmisi data secara bersamaan, namun untuk melakukan transmisi data dua arah (Half Duplex) ini harus bergantian. Contoh: Walkie-talkie.
  • Full Duplex: kedua alat yang terhubung dapat melakukan transmisi data bersamaan. Contoh: telepon genggam, telepon.

Mode Transmisi

            Dengan adanya mode transmisi ini memungkinkan suatu alat dapat terhubung untuk melakukan komunikasi terhadap perangkat yang lain. Contoh: perangkat input yang masuk ke pemroses, dari pemroses ke storage, dari pemroses ke media output serta dapat melakukan transmisi data dari komputer sistem ke beberapa komputer yang lain.
  • Transmisi Paralel, data dapat dikirimkan serentak menggunakan beberapa jalur sekaligus.
  • Transmisi Seri, dalam jalur ini yang disediakan hanya ada satu, dimana data nantinya akan dikirimkan secara bergantian hingga semua data tersebut nanti dapat diterima oleh pengirim.

Kapasitas Chanel Transmisi

Kapasitas Channel Transmisi disebut juga dengan istilah Bandwith. Bandwidth adalah kemampuan maksimum dari suatu media / alat untuk menyalurkan informasi dalam satuan waktu detik. Satuan yang digunakan untuk Bandwith adalah bit persecond (bps). Broadband Frekuensi, jalur lebar yang mampu memindahkan lebih banyak data dan lebih tinggi dibandingkan dengan frekuensi yang lebih sempit (narrowband), teknologi yang tergolong dalam jenis ini diantaranya adalah sinyal televisi, televisi kabel, SONET, dsb. Istilah ini juga dikenal dengan wideband channel. Wideband adalah pita dengan saluran lebar. Dengan kemampuan lebih besar bila dibandingkan dengan narrowband. Contoh teknologi yang tergolong wideband dan broadband ini adalah sebagai berikut:
  • Pemancar layanan TV secara broadcast, menggunakan 6 MHz pada setiap saluran.
  • TV Kabel dan Televisi pada 700MHz. Pemancaran siaran televisi dan TV Satelit. Juga termasuk untuk komunikasi data dan akses dari internet
  • ATM—sampai 13,22 Gbps. Layanan yang memiliki kemampuan besar untuk melakukan transfer data, video dan suara.
  • SONET—sampai 13,22 Gbps, melalui layanan media fiber optic multiplexing berkecepatan tinggi.
  • T-3 pada 44,7 Mbps, yang ekuivalen dengan rangkaian 28 T-1, melalui serat optik atau mikro digital.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel