Contoh Soal Struktur dan Fungsi Paru-Paru

Contoh Soal Struktur dan Fungsi Paru-ParuKamu telah mempelajari ginjal dan hati sebagai alat ekskresi tubuh. Sekarang, kamu akan mempelajari tentang paru-paru. Mengapa paru-paru termasuk salah satu alat ekskresi tubuh kita? Paru-paru termasuk alat ekskresi karena mengeluarkan karbondioksida dari tubuh kita. 
        Karbondioksida merupakan racun di dalam darah sehingga harus dikeluarkan dari tubuh. Bagaimana struktur paru-paru? Apa fungsinya? Bagaimana proses pengeluaran karbondioksida di alveolus? Kamu akan mengetahui jawabannya setelah mempelajari topik ini.

A. Struktur Paru-Paru

Manusia memiliki sepasang paru-paru, yaitu paru-paru kiri dan kanan. Paru-paru tersebut memiliki fungsi utama sebagai alat pernapasan yang berhubungan erat dengan sistem ekskresi. Hal ini disebabkan karena sisa hasil metabolisme pada jaringan berupa karbondioksida dan air diangkut melalui darah ke paru-paru untuk dibuang dengan cara difusi di alveolus. 
        Paru-paru merupakan alat pernapasan sekaligus alat ekskresi manusia. Paru-paru terletak di dalam rongga dada bagian atas, dilindungi oleh toraks. Paru-paru terbagi menjadi dua yaitu paru-paru kanan (pulmo dekster) yang memiliki tiga lobus dan paru-paru kiri (pulmo sinister) yang memiliki dua lobus. 
        Paru-paru dibungkus oleh selaput tipis yang disebut pleura. Paru-paru tersusun oleh bronkiolus, alveolus, jaringan elastik, dan pembuluh darah. Paru-paru memiliki struktur seperti spons yang elastis dengan daerah permukaan yang lebar untuk pertukaran gas. Apa sajakah bagian paru-paru yang berfungsi untuk ekskresi? Ayo cermati uraian berikut. 
1. Trakea
Trakea atau batang tenggorokan berupa pipa tempat masuknya udara dari hidung dan mulut. Udara yang kamu hirup dari hidung dan mulut akan ditarik ke trakea menuju paru-paru. Walaupun kamu dapat bernapas melalui mulut sebaiknya dibiasakan bernapas melalui hidung. Hal ini disebabkan hidung memiliki rambut-rambut halus untuk menyaring udara yang masuk dan terdapat lendir untuk menghangatkan udara yang masuk. 
2. Bronkus
Bronkus merupakan cabang batang tenggorokan. Bronkus menghubungkan paru-paru kanan dan kiri dengan trakea. Udara dari trakea akan dibawa ke paru-paru melewati bronkus.
3. Bronkiolus
Bronkus memiliki cabang-cabang kecil yang disebut bronkiolus. Bronkiolus berupa tabung-tabung kecil yang jumlahnya sekitar 30.000 buah untuk satu paru-paru. Bronkiolus ini akan membawa oksigen ke dalam paru-paru.
4. Alveolus 
Alveolus terletak di ujung bronkiolus. Alveolus memiliki bentuk berupa kantong kecil yang menyerupai busa. Jumlahnya sekitar 600 juta pada paru-paru manusia dewasa. Alveolus memiliki selaput tipis dan mengandung kapiler darah sehingga terjadi difusi gas pernapasan. Pada alveolus ini, oksigen akan berdifusi dengan karbondioksida yang diambil dari dalam darah.

B. Fungsi Paru-Paru

Paru-paru memiliki dua fungsi utama sebagai alat ekskresi dan alat pernapasan. Dalam sistem ekskresi, fungsi paru-paru adalah untuk mengeluarkan karbondioksida dan uap air. Sementara dalam sistem pernapasan, fungsi paru-paru untuk proses pertukaran oksigen dan karbondioksida di dalam darah. 
        Karbondioksida bersifat racun bagi tubuh. Oleh karena itu, harus dikeluarkan dari tubuh kita. Fungsi paru-paru lainnya sebagai penjaga keseimbangan asam basa tubuh. Apabila terjadi asidosis, yaitu suatu keadaan pada saat darah terlalu banyak mengandung asam dan menyebabkan menurunnya pH darah, maka tubuh akan mengeluarkan banyak karbondioksida yang bersifat asam ke luar tubuh.

        Karbondioksida dikeluarkan dari tubuh dengan cara difusi. Di dalam paru-paru, karbondioksida pada kapiler darah menembus membran alveolus. Kemudian, diembuskan keluar melalui bronkiolus dan trakea serta hidung dan mulut.

C. Penyakit dan Kelainan pada Paru-Paru

Paru-paru memiliki peranan yang sangat penting untuk pernapasan dan ekskresi tubuh. Fungsi paru-paru akan terganggu apabila diserang penyakit. Penyakit apa sajakah yang dapat menyerang paru-paru? Ayo cermati uraian berikut. 
1. Asma
Asma merupakan penyempitan saluran pernapasan utama pada paru-paru (bronkus). Penyakit ini memiliki gejala susah untuk bernapas atau sesak napas. 
2. Tuberculosis
Tuberculosis adalah penyakit yang biasa menyerang saluran pernapasan atau paru-paru yang bersifat menular. Penyebabnya adalah bakteri Mycobacterium tuberculosis
3. Pneumonia
Pneumonia disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur yang menginfeksi paru-paru khususnya di alveolus. Penyakit ini menyebabkan oksigen susah masuk karena alveolus dipenuhi oleh cairan. 
4. Emfisema 
Emfisema merupakan penyakit yang menyerang paru-paru karena hilangnya elastisitas alveolus. Pada penderita emfisema, volume paru-paru lebih besar dibandingkan dengan orang yang sehat karena karbondioksida yang seharusnya dikeluarkan dari paru-paru terperangkap di dalamnya.
5. Pneumotoraks
Pneumotoraks adalah penyakit yang terdapat di selaput paru atau pleura. Pneumotoraks terjadi jika satu atau kedua membran pleura tertembus dan udara masuk ke dalam rongga pleura menyebabkan paru-paru mengempis. Jika banyak udara yang terjebak di dalam rongga, tekanan di sekitar paru-paru semakin tinggi yang dapat mengancam jiwa. 
6. Bronkhitis
Bronkitis adalah suatu peradangan pada bronkus (saluran udara ke paru-paru). Penyakit ini biasanya bersifat ringan dan pada akhirnya akan sembuh sempurna. 
7. Kanker Paru-Paru
Kanker paru-paru ialah keberadaan tumor ganas pada paru-paru. Penyebab paling sering pada penyakit kanker paru-paru adalah rokok. Rokok mengandung ribuan zat karsinogen yang memicu pertumbuhan sel abnormal di dalam paru-paru.

Contoh Soal Struktur dan Fungsi Paru-Paru

Zat sisa metabolisme yang dikeluarkan oleh paru-paru adalah….
Berikut ini yang bukan fungsi paru-paru adalah.…
Paru-paru dibungkus oleh selaput tipis yang disebut….
Pertukaran oksigen dan karbondioksida terjadi di.…
Cabang batang tenggorokan disebut.…
Suatu keadaan pada saat darah terlalu banyak mengandung asam dan menyebabkan menurunnya pH darah disebut....
Priska mengalami sesak napas ketika berada di ruangan penuh asap. Dapat dipastikan Priska terkena penyakit….
Bacalah gejala penyakit salah satu pasien berikut.
• Infeksi pada alveolus karena bakteri.
• Oksigen susah masuk karena alveolus dipenuhi oleh cairan.
• Gejalanya adalah demam, batuk berdahak, dan nyeri dada.
Dokter meresepkan antibiotik untuk mengobati penyakit tersebut. Dapat dipastikan pasien tersebut menderita penyakit….
Penyakit yang menyerang paru-paru karena hilangnya elastisitas alveolus disebut.…
Pneumotoraks adalah penyakit paru-paru yang terdapat di….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel