Contoh Soal Pola Hidup Sehat untuk menjaga Sistem Ekskresi Manusia

Contoh Soal Pola Hidup Sehat untuk menjaga Sistem Ekskresi Manusia Kamu telah mempelajari tentang organ-organ ekskresi kita. Kamu masih ingat bukan apa saja organ ekskresi kita dan apa fungsinya? Kita harus bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa. Coba kamu bayangkan apa yang terjadi jika kamu tidak memiliki organ ekskresi maka racun-racun sisa metabolisme akan menyebar di tubuhmu. Akibatnya, tubuh kamu akan sakit. Bentuk rasa syukur kamu dapat dilakukan dengan menjaga sistem ekskresi. Bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal, hati, paru-paru, dan kulit? Kamu akan mempelajarinya pada topik ini.

A. Organ Ekskresi Manusia

Ginjal merupakan organ ekskresi utama manusia. Ginjal berfungsi untuk menyaring darah, mempertahankan keseimbangan asam dan basa, mengatur volume cairan darah, menyerap kembali zat yang berguna bagi tubuh, mengendalikan kadar gula dalam darah, menjaga pH darah, dan mengeluarkan zat-zat berbahaya bagi tubuh. 
        Organ ekskresi kedua adalah hati yang berfungsi untuk menetralkan racun dalam tubuh dengan cara detoksifikasi, membantu mengemulsikan lemak, dan menghasilkan empedu. Organ ekskresi yang ketiga adalah paru-paru yang berfungsi untuk mengeluarkan karbondioksia dari tubuh kita. Organ ekskresi keempat adalah kulit yang berfungsi mengeluarkan keringat. Keringat yang dikeluarkan mengandung air dalam bentuk larutan garam anorganik (seperti sodium klorida) dan sejumlah kecil materi organik seperti urea.

B. Ayo, Jaga Kesehatan Organ Ekskresi Kita

Melihat begitu banyak fungsi organ ekskresi, kita harus menjaganya agar tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik. Bagaimana cara menjaga kesehatan organ ekskresi? Ayo cermati uraian berikut.
1. Berolahraga
Olahraga sangat baik untuk kesehatan. Olahraga akan meningkatkan kerja jantung memompa darah ke ginjal sehingga kerja ginjal meningkat. Olahraga juga membuat tubuh kita menjadi segar. Racun-racun tubuh akan dikeluarkan melalui keringat. Jika kamu berolahraga, kamu mengeluarkan banyak keringat bukan? Saat berolahraga, aliran darah kamu menjadi lancar sehingga kerja semua organ tubuh meningkat. Jadi, berolahragalah agar tubuh menjadi sehat. Olahraga yang dapat kamu lakukan misalnya lari pagi atau berenang.
section-media
2. Makan teratur dan bergizi 
Makanlah secara teratur dan bergizi untuk menjaga kesehatan ginjal kamu. Pilihlah makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran organik yaitu sayur yang ditanam tanpa pupuk kimia. Hindari makanan cepat saji atau junk food seperti burger, gorengan, dan mie instan. Kurangi konsumsi garam berlebih dan konsumsilah ikan. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, kamu telah membantu kerja hati, ginjal, dan kulit. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin E dan C agar kulit kamu sehat dan cerah. 
3. Jangan minum obat sembarangan 
Hindari mengonsumsi obat sembarangan. Hal ini akan membuat hati bekerja ekstra untuk menetralisir racun dari obat kimia. Ginjal juga bekerja ekstra membuang sisa-sisa zat kimia dalam tubuh. Hindari beberapa obat antibiotik dan anti nyeri. Konsultasikan tentang penggunaan obat tersebut kepada dokter spesialis. 
4. Konsumsi air putih yang cukup 
Air sangat penting bagi tubuh kita. Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari agar tubuh kamu tidak kekurangan cairan. Air yang cukup juga sangat membantu kerja ginjal untuk menyaring darah dikarenakan konsentrasi darah menjadi encer sehingga lebih mudah disaring ginjal. 
5. Cukup istirahat 
Tubuh kamu memiliki hak untuk beristirahat. Kamu harus tidur yang cukup agar organ tubuh memiliki waktu untuk regenerasi sel yang baru. Apalagi sel kulit kamu akan meremajakan sel saat kamu tidur. Jika kamu kurang tidur, kulit akan terlihat kusam bukan? Oleh karena itu, istrahatlah yang cukup agar kulit kamu cerah. 
6. Menjaga kadar gula darah 
Jangan terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat apalagi bagi kamu yang memiliki kecenderungan diabetes. Karbohidrat yang tinggi akan menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Apabila hormon insulin yang diproduksi pankreas sedikit, maka gula tersebut tidak dapat diubah menjadi glikogen. Gula akan menumpuk di dalam darah sehingga ginjal tidak dapat menyaring gula yang terlalu banyak tersebut. Akibatnya, gula akan dikeluarkan dari tubuh. Hal ini mengindikasikan kamu terkena diabetes mellitus. 
7. Menjaga tekanan darah 
Tekanan darah tinggi menyebabkan rusaknya pembuluh darah. Tekanan darah tinggi disebabkan dinding pembuluh darah tebal oleh lemak sehingga mempersempit pembuluh darah. Jika ini terjadi pada ginjal, tentu akan terjadi kerusakan ginjal yang berakibat kepada penyakit gagal ginjal.
8. Hindari asap rokok 
Asap rokok mengandung racun-racun yang membahayakan tubuh. Asap rokok dapat merusak paru-paru, menyebabkan hipertensi, dan penyakit jantung. Asap rokok juga dapat merusak hati karena hati bekerja ekstra untuk menetralisir racun yang ada pada asap rokok. Kamu sebagai generasi muda penerus bangsa harus sehat jasmani dan rohani jadi jangan merokok dan hindari orang yang sedang merokok. 
9. Jauhi alkohol 
Jangan pernah mencoba minum alkohol. Alkohol akan berdampak buruk bagi kesehatan ginjal. Alkohol menyebabkan peningkatan tekanan darah dalam tubuh kamu yang pada akhirnya berujung pada gangguan ginjal. Alkohol juga dapat merusak hati karena zat-zat beracun dalam alkohol memaksa hati bekerja keras untuk menetralisir racun-racun tersebut. 
10. Jauhi narkoba 
Jangan pernah mengonsumsi narkoba karena narkoba akan merusak organ-organ tubuh kamu termasuk organ ekskresi. Hati, ginjal, dan paru-paru kamu akan rusak. “Say No to Drug”. Apa yang terjadi jika organ ekskresi kamu rusak? Racun di dalam tubuhmu tidak bisa dikeluarkan sehingga darah kamu mengandung racun yang menyebabkan kematian sel-sel tubuhmu. Kamu akan sangat menderita dan menyusahkan keluargamu. Oleh karena itu, sayangi organ tubuh yang diberikan Tuhan padamu dengan cara merawatnya dengan baik. 
11. Jangan menahan BAK 
Jangan menahan buang air kecil (BAK). Menahan buang air kecil dapat menyebabkan kuman berkembang di kandung kemih. Akibatnya, kamu dapat terkena penyakit saluran kencing. Bila tidak diobati, penyakit ini dapat menyerang ginjal.

Contoh Soal Pola Hidup Sehat untuk menjaga Sistem Ekskresi Manusia

Setelah berolahraga, tubuhmu bersimbah keringat. Organ ekskresi yang berfungsi untuk hal itu adalah….
Garam anorganik, seperti sodium klorida, dikeluarkan tubuh dalam bentuk.…
Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh….
Manfaat olahraga bagi tubuh adalah….
Makanan yang tidak baik untuk kesehatan organ ekskresi adalah.…
Agar kulit sehat sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung.…
Berikut ini yang tidak termasuk cara merawat organ ekskresi adalah.…
Kita harus minum air putih minimal ... gelas sehari.
Hormon insulin diproduksi oleh….
Berikut ini yang dapat merusak paru-paru adalah….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel