Contoh Soal Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Ekonomi

Contoh Soal Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan EkonomiKegiatan ekonomi berkembang seiring dengan tercukupinya faktor – faktor ekonomi. Lokasi adalah salah satu faktor penentu perkembangan ekonomi. Wilayah Indonesia memiliki keuntungan untuk pengembangan ekonomi dengan lokasi wilayahnya yang strategis. Setelah mempelajari bahasan ini, kalian akan mengetahui keunggulan lokasi Indonesia yang potensial mendukung kemajuan perekonomian masyarakat.

Lokasi adalah posisi satu wilayah ditinjau dari keadaannya di permukaan bumi. Lokasi Indonesia sendiri memiliki sejumlah keunggulan sendiri seperti keunggulan iklim, geostrategis dan keunggulan tanah. Ketiga keunggulan lokasi yang dimiliki Indonesia tersebut berdampak pada kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat. Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat, meliputi tiga hal yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi. Ketiga kegiatan tersebut memiliki hubungan yang sangat erat dan saling bergantung. Produksi memerlukan adanya distribusi dan konsumsi, kegiatan produksi tanpa kegiatan distribusi dan konsumsi, tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Kegiatan distribusi tidak mungkin ada, tanpa adanya barang yang diproduksi dan yang mengonsumsi barang tersebut. Kegiatan konsumsi tidak akan tercapai jika tidak ada yang memproduksi barang dan yang mendistribusikan barang tersebut. Ketiga kegiatan ekonomi ini digambarkan sebagai mata rantai kegiatan ekonomi berikut:
• Produksi 
Produksi dapat diartikan sebagai kegiatan yang menghasilkan atau menciptakan barang dan jasa. Kegiatan produksi tidak sekadar menciptakan manfaat suatu barang tetapi juga menambah daya guna suatu barang. Dalam arti luas kegiatan produksi adalah kegiatan menciptakan atau menambah nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dalam melakukan kegiatan produksi diperlukan sejumlah faktor produksi. Faktor produksi merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menciptakan atau menambahkan kegunaan suatu barang atau jasa. 
• Distribusi 
Distribusi merupakan kegiatan ekonomi yang menjembatani antara dua kegiatan, yaitu produksi dan kegiatan konsumsi. Barang yang dihasilkan oleh produsen, akan bermanfaat dan dapat dikonsumsi oleh konsumen, jika barang tersebut dapat disalurkan. Semua kegiatan yang ditujukan untuk menyalurkan barang-barang dan jasa dari produsen ke konsumen, disebut distribusi atausaluran distribusi. Saluran distribusi merupakan lembaga atau individu yang menjalankan kegiatan khusus pada bidang distribusi. 
• Konsumsi
Konsumsi adalah segala kegiatan pemakaian barang dan jasa yang dilakukan oleh konsumen. Kegiatan konsumsi umumnya disertai dengan pengorbanan yang disebut biaya konsumsi. Besarnya biaya konsumsi yang dikeluarkan bergantung kepada tingkat kebutuhan masyarakat terhadap barang produksi, ketersediaan barang dan beberapa faktor lainnya.
Secara umum, lokasi wilayah Indonesia memberikan sejumlah keunggulan bagi aktivitas ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat, di antaranya adalah:
1) Di sektor agraria, petani dapat melakukan kegiatan bercocok tanam sepanjang tahun karena Indonesia berada di daerah tropis dengan curah hujan yang cukup dan suhu normal serta hanya dua musim sepanjang tahun.
2) Indonesia menjadi daerah penting bagi perdagangan internasional karena letaknya yang berada pada posisi silang lalulintas pelayaran perdagangan dunia. Perdagangan melalui laut dari Asia ke Asia Tenggara dan Asia Timur maupun sebaliknya, akan selalu melewati wilayah Indonesia. Selat Malaka sangat penting artinya bagi mobilitas pelayaran bangsa-bangsa dunia. Pelayaran dari Asia Barat ke Asia Timur, pasti akan melewati Selat Malaka. Selain menjadi tempat persinggahan para pedagang dari berbagai negara, Indonesia memiliki hasil bumi yang melimpah. 
3) Kesuburan tanah yang dimiliki Indonesia, memungkinkanpengolahan tanah untuk pertanian dan perkebunan dengan baik.

Contoh Soal Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Ekonomi

Pilihan Tunggal
Lokasi sebuah wilayah berhubungan dengan posisinya di ….
Pilihan Tunggal
Kegiatan ekonomi dengan memproduksi barang disebut ….
Pilihan Tunggal
Distribusi adalah kegiatan ….
Pilihan Tunggal
Kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi disebut dengan ….
Pilihan Tunggal
Proses distribusi membutuhkan ….
Pilihan Tunggal
Lembaga atau individu yang menjalankan kegiatan khusus pada bidang distribusi disebut sebagai ….
Pilihan Tunggal
Pengorbanan yang dilakukan dalam melakukan konsumsi disebut ….
Pilihan Tunggal
Peranan lokasi terhadap kemampuan bercocok tanam petani Indonesia sepanjang tahun adalah ….
Pilihan Tunggal
Wilayah Indonesia yang menjadi pusat perdagangan dunia sejak masa kerajaan kuno adalah ….
Pilihan Tunggal
Kesuburan tanah di Indonesia menguntungkan untuk kegiatan …..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel