Contoh Soal Gerakan Bumi, Bulan dan Matahari

Contoh Soal Gerakan Bumi, Bulan dan Matahari Dalam topik ini kalian akan belajar tentang gerakan bumi, bulan, dan matahari. Tahukah kamu apa penyebab terjadinya siang dan malam, pergantian musim dan perbedaan waktu tiap negara? Itu semua adalah contoh akibat adanya gerakan bumi, bulan dan matahari, mari kita bahas satu persatu.
Bumi merupakan salah satu planet yang ada di sistem tata surya. Pergerakan planet-planet dalam sistem tata surya telah dijelaskan oleh Johannes Keppler melalui tiga hukumnya.
Hukum Keppler I
Planet-planet mengitari matahari dalam lintasan berbentuk ellips.
Hukum Keppler II
Lintasan matahari dan planet dalam interval waktu yang sama akan menyapu luasan yang sama.
Hukum Keppler III
Periode revolusi planet bertambah besar seiring dengan pertambahan jarak atau
section-media
Selain memenuhi hukum Keppler di atas, bumi juga melakukan gerakan rotasi dan revolusi.
A. Rotasi Bumi
Rotasi bumi adalah gerakan bumi pada porosnya. Arah rotasi bumi berlawanan dengan gerakan jarum jam. Bumi berputar dari Barat ke Timur. Bumi berputar sejauh 360o dan ditempuh selama 24 jam, sehingga setiap 1o bujur ditempuh selama 4 menit (360o : 24 jam = 4 menit). Akibat adanya rotasi bumi, terjadi peristiwa-peristiwa berikut.
1. Pergantian siang dan malam
Ketika berotasi, bagian bumi yang menghadap matahari akan mengalami siang, dan bagian yang membelakangi matahari akan mengalami malam. Siang dan malam akan bergantian terus selama bumi berputar.
2. Matahari seolah-olah terbit dari Timur dan tenggelam di Barat
Bumi berotasi dari barat ke timur menyebabkan matahari terlihat bergerak dari Timur ke Barat, padahal matahari tidak bergeser. Gerakan matahari itu disebut gerakan semu harian matahari.
3. Terjadinya perbedaan waktu dan pembagian waktu di Bumi
Ketika bumi berotasi, setiap 1o bujur ditempuh dalam 4 menit, sehingga setiap 15o bujur, bumi mengalami perbedaan waktu 1 jam (15o x 4 menit = 60 menit). Bumi dibagi atas 24 bagian waktu yang terdiri dari 2 bagian besar yaitu Bujur Barat dan Bujur Timur. Bujur Barat dan Timur dipisahkan oleh garis meridian, dan 0o garis bujur berada di kota Greenwich Inggris. Bagian waktunya disebut GMT (Greenwich Mean Time). Indonesia berada diantara garis 92o BT - 141o BT. Berdasarkan peraturan pemerintah RI no.243 tahun 1963, Indonesia dibagi menjagi 3 bagian waktu.
a. Waktu Indonesia bagian Barat (WIB); patokannya berada di titik 105o BT, sehingga selisih waktunya 105o:15o = 7 jam dari GMT. Daerahnya meliputi seluruh Jawa, Madura, Kalimantan Barat dan Tengah.
b. Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA); patokannya berada di titik 120o BT, sehingga selisih waktunya 120o:15o = 8 jam dari GMT. Daerahnya meliputi Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, seluruh kepulauan Nusa Tenggara dan Sulawesi 
c. Waktu Indonesia bagian Timur (WIT); patokannya berada di titik 135o BT, sehingga selisih waktunya 135o:15o = 9 jam dari GMT. Daerahnya meliputi kepulauan Maluku dan Papua.
4. Terjadinya angin darat dan angin laut
Pada siang hari, daratan lebih cepat panas daripada lautan, sehingga udara bergerak dari laut ke darat. Angin yang bergerak dari laut ke darat disebut angin laut. Di malam hari daratan lebih cepat dingin dan tekanan udara maksimum, sedangkan di laut masih panas dan tekanan udara minimum sehingga udara bergerak dari darat ke laut. Angin yang bergerak dari darat ke laut angin darat. Angin darat dan laut ini dimanfaatkan nelayan untuk melaut.
B. Revolusi Bumi
Selain berotasi, bumi juga bergerak mengelilingi matahari yang disebut dengan revolusi bumi. Revolusi bumi dilakukan bersamaan dengan revolusi bulan. Peristiwa-peristiwa alam yang diakibatkan oleh revolusi bumi:
1. Terjadi pergantian musim
Pada saat bumi berevolusi, posisi bumi berada pada kemiringan 23,5o ke arah Timur Laut dari sumbu Utara-Selatan bumi. Akibat kemiringan ini, saat berevolusi ada bagian bumi yang mengalami 4 musim; musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi. 
2. Gerak semu tahunan matahari
Gerak semu matahari ini adalah posisi matahari yang seolah-olah terbit dari empat titik yang berbeda dalam satu tahun. Hal tersebut menyebabkan terjadinya pergantian musim.
C. Rotasi dan Revolusi Bulan
Bulan memiliki tiga jenis putaran:
- berputar pada porosnya;
- berevolusi mengelilingi bumi (disebut sebagai satelit bumi); dan
- bersama-sama bumi mengelilingi matahari.
Rotasi dan revolusi bulan mengelilingi bumi membutuhkan waktu yang sama yaitu berkisar dari 29 sampai 30 hari, oleh karena itu bulan terlihat sama dari bumi dari waktu ke waktu.
D. Gerhana
Gerhana merupakan peristiwa tertutupnya suatu benda oleh benda lain. Ada dua jenis gerhana yaitu gerhana bulan dan gerhana matahari.
E. Perhitungan Kalender Masehi dan Hijriyah
Kalender merupakan kumpulan waktu harian yang disusun berdasarkan peristiwa dalam setahun. Di kalender terdapat beberapa tahun baru diantaranya tahun baru masehi dan tahun baru hijriyah.
1. Tahun Masehi
Tahun masehi dihitung berdasarkan waktu revolusi bumi mengelilingi matahari yaitu sekitar 365,25 hari yang dibagi atas 12 bulan. Satu hari dihitung dari waktu rotasi bumi yaitu 24 jam. 
2. Tahun Hijriyah
Tahun hijriyah disebut juga tahun bulan karena dihitung berdasarkan waktu bulan mengitari bumi. Revolusi bulan mengelilingi bumi selama 29,5 hari untuk setahun dihitung 12 bulan, sehingga setahun ada 354 hari.

Contoh Soal Gerakan Bumi, Bulan dan Matahari

Terjadinya pergantian siang dan malam merupakan akibat adanya ....
Bunyi hukum Keppler I mengenai gerakan bumi sebagai planet adalah....
Perbedaan dan pembagian waktu di belahan bumi terjadi karena….
Jika di Kalimantan Timur saat ini pukul 11.40 maka di Papua pukul....
Jika suatu daerah berada di 150oBT, maka selisih waktunya dengan kota Greenwich Inggris adalah....
Gerakan semu tahunan matahari terjadi karena....
Jika GMT menunjukkan pukul 10.00, maka di Jawa Barat pukul....
Revolusi bumi mengakibatkan....
Bulan merupakan satelit yang mengalami rotasi dan revolusi. Jika diamati dari bumi, bentuk bulan selalu sama dari waktu ke waktu. Hal ini dikarenakan....
Perbedaan perhitungan kalender hijriyah dan masehi adalah....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel