Contoh Soal Besaran Turunan

Contoh Soal Besaran TurunanBesaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Salah satu contoh besaran turunan adalah kecepatan. Kecepatan tergolong besaran turunan karena diturunkan dari besaran panjang dan waktu, sehingga kecepatan memiliki satuan meter per sekon. Bagaimana lebih detailnya mengenai konsep besaran turunan ini? Yuk, kita perhatikan tabel dan pembahasan berikut ini.

Ingat

Tabel 1. Besaran-Besaran Turunan dan Satuannya
section-media
Beberapa satuan dalam besaran turunan memiliki nama lain, misalnya untuk frekuensi biasanya menggunakan satuan Hertz atau disingkat Hz. Meskipun demikian, artinya sama dengan 1/s.
Aplikasi
Untuk mengukur suatu besaran turunan, biasanya kita harus mengukur juga besaran pokoknya baik secara langsung maupun tidak langsung. Kita ambil contoh speedometer yang mengukur laju suatu kendaraan. Agar dapat menunjukkan angka kecepatan pengendara, speedometer memiliki bagian yang terhubung dengan putaran mesin. Dengan demikian, speedometer dapat mengidentifikasi kecepatan putaran mesin. Jika putaran mesin tinggi, jarum speedometer akan menyimpang jauh dari titik nol. Begitu juga sebaliknya, jika putaran mesin rendah, jarum speedometer akan menyimpang tidak jauh dari titik nol. Hubungan antara simpangan jarum dan kecepatan mesin ini telah diatur sehingga menunjukkan kecepatan kendaraan yang sebenarnya.

Contoh Soal Besaran Turunan

Besaran turunan adalah....
Berikut ini yang bukan jenis besaran turunan adalah....
Dimensi satuan massa, panjang, dan waktu berturut-turut adalah M, L, dan T. Berdasarakan tetapan tersebut, kecepatan memiliki dimensi LT-1. Jika momentum merupakan hasil kali kecepatan dan massa, maka dimensinya adalah….
Periode adalah waktu yang dibutuhkan benda untuk menempuh satu kali getaran. Dimensi dari periode adalah....
Kelajuan adalah besaran turunan dari waktu dan panjang. Alat yang digunakan untuk mengukur kelajuan adalah….
Liter adalah satuan dari....
Debit air adalah banyaknya air yang mengalir setiap detik. Dimensi satuan dari debit air adalah….
Besaran turunan berikut ini yang tidak memiliki dimensi adalah....
Gaya merupakan hasil kali massa dan percepatan. Dimensi satuan gaya adalah….
Amir sedang duduk di atas pohon. Sebelumnya, Amir telah mengukur ketinggian pohon dengan meteran. Ahsan sedang berada di bawah menunggu lemparan mangga Amir dengan memegang stopwatch. Saat Ahsan memberi aba-aba, Amir melemparkan mangga dari atas. Ketika mangga menyentuh tanah, Ahsan menghentikan stopwatchnya. Besaran pokok dan besaran turunan yang dapat mereka ukur adalah....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel