Contoh Soal Bagian-bagian mata dan jalannya cahaya pada mata

Contoh Soal Bagian-bagian mata dan jalannya cahaya pada mata Pada topik sebelumnya, kalian telah mengetahui sistem penglihatan pada manusia. Dalam topik ini, kalian akan mempelajari bagian-bagian mata dan jalannya cahaya pada mata.
Mari kalian ingat kembali sistem penglihatan pada manusia sebelum mempelajari bagian-bagian mata dan jalannya cahaya pada mata.

Bagian-Bagian Mata

section-media
Gambar 1. Bagian-Bagian Mata
Di depan lensa mata terdapat selaput yang membentuk suatu celah lingkaran. Selaput inilah yang disebut iris dan berfungsi memberi warna pada mata. Celah lingkaran disebut pupil. Lebar pupil dikendalikan oleh iris sesuai dengan intensitas cahaya yang mengenainya. Jumlah cahaya yang memasuki mata dikendalikan oleh iris. Iris mengatur ukuran biji mata, sedang tebal lensa dikendalikan oleh otot siliari. Kornea mata adalah bagian depan mata memiliki lengkung yang lebih tajam yang dilapisi oleh selaput bening. Di belakang kornea terdapat cairan (aqueous humor). Cairan ini berfungsi untuk membiaskan cahaya yang masuk ke dalam mata. Di bagian yang lebih dalam lagi terdapat lensa yang dibuat dari bahan bening, berserat dan kenyal. Lensa inilah yang disebut lensa mata atau lensa kristalin.

Jalannya Cahaya Pada Mata

Cahaya memasuki mata melalui iris menembus biji mata, dan oleh lensa difokuskan sehingga jatuh ke retina atau selaput jala. Retina adalah lapisan serat saraf yang menutupi bagian belakang. Retina mengandung struktur indra cahaya yang sangat halus disebut batang dan kerucut dan memancarkan informasi yang diterima saraf optik dan dikirim ke otak.
Apabila kita ingin melihat benda yang jauh letaknya maka otot siliari akan mengendor dan berakibat sistem lensa kornea berada pada panjang fokus maksimumnya yaitu kira-kira 2,5 cm (jarak dari kornea ke retina). Bila letak benda didekatkan maka otot siliari akan meningkatkan kelengkungan lensa sehingga mengurangi panjang fokusnya dan bayangan akan difokuskan ke retina. Proses perubahan kelengkungan lensa inilah yang disebut akomodasi.

Proses Pembentukan Bayangan di Retina

Proses pembentukan bayangan yang jatuh pada retina dapat digambarkan sebagai berikut.
section-media
Benda yang tingginya y terletak pada jarak S1 maka tampak kecil karena bayangan yang terbentuk di retina kecil dengan tinggi bayangan y’. Bayangan yang ditangkap di retina adalah nyata, terbalik, dan diperkecil. Otak kitalah yang menerjemahkan sehingga kalau kita melihat suatu benda maka kita dapat melihat seolah-olah bayangan tegak dan tidak terbalik.

Contoh Soal Bagian-bagian mata dan jalannya cahaya pada mata

Perhatikan gambar berikut.
section-media
Pupil mata ditunjukkan oleh nomor ….
Perhatikan gambar berikut.
section-media
Bagian mata yang dapat mengembang dan mengerut sehingga bayangan dapat tepat jatuh pada retina ditunjukkan nomor ….
Sebuah monitor komputer dapat menghasilkan cahaya. Cahaya tersebut masuk ke mata pengguna komputer. Bagian mata yang dapat mengatur dan mengendalikan jumlah cahaya yang masuk ke mata adalah ….
Bagian depan mata yang berbentuk lengkung dan dilapisi oleh selaput bening adalah ….
Lapisan berupa serat saraf yang menutupi bagian belakang dan memberikan informasi ke saraf optik adalah ….
Apabila seseorang ingin melihat benda yang letaknya jauh maka bagian mata yang akan mengendor adalah ….
Bayangan benda yang jatuh di retina memiliki sifat ….
Bagian mata yang berfungsi untuk mengirimkan informasi ke otak adalah....
Otot siliari pada mata tidak dapat bekerja dengan baik sehingga lensa mata kurang mencembung. Akibat dari keadaan ini, bayangan yang terbentuk akan jatuh di ….
Bagian mata yang berfungsi untuk membiasakan cahaya adalah....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel