Contoh Soal Asal-Usul Penduduk Indonesia

Contoh Soal Asal-Usul Penduduk IndonesiaSejumlah teori menyebutkan jika leluhur masyarakat Indonesia yang sekarang ini mendiami Nusantara adalah bangsa pendatang. Penelitian arkeologi dan ilmu genetika memberikan bukti jika leluhur Bangsa Indonesia bermigrasi dari wilayah Asia ke wilayah Asia bagian Selatan. 
• Teori Awal tentang Yunan
Teori awal asal-usul Bangsa Indonesia dikemukakan oleh sejarawan kuno sekaligus arkeolog dari Austria, Robert Baron von Heine Geldern atau lebih dikenal von Heine Geldern (1885-1968). Berdasarkan penelitian terhadap kebudayaan megalitik di Asia Tenggara dan beberapa wilayah di bagian Pasifik disimpulkan bahwa pada masa lampau telah terjadi perpindahan (migrasi) secara bergelombang dari Asia sebelah Utara menuju Asia bagian Selatan. Mereka kemudian mendiami wilayah berupa pulau-pulau yang terbentang dari Madagaskar (Afrika) sampai dengan Cile, Taiwan, dan Selandia Baru yang selanjutnya wilayah tersebut dinamakan wilayah berkebudayaan Austronesia. Teori mengenai kebudayaan Austronesia dan neolitikum inilah yang populer di kalangan antropolog untuk menjelaskan migrasi bangsa-bangsa di masa neolitikum.
Teori von Heine Geldern tentang kebudayaan Austronesia mengilhami pemikiran tentang rumpun kebudayaan Yunan (Cina) yang masuk ke Asia bagian Selatan hingga Australia yang melandasi pemikiran apabila leluhur Bangsa Indonesia berasal dari Yunan. Teori ini didasarkan pada bukti-bukti kesamaan secara fisik seperti temuan benda-benda arkeologi ataupun kebudayaan megalitikum.
• Teori Linguistik
Teori ini berupaya menjelaskan asal-usul bangsa Indonesia dari kesamaan bahasa yang dipergunakan. Dari keseluruhan bahasa yang dipergunakan suku-suku di Nusantara memiliki rumpun yang sama, yaitu rumpun Austronesia. Akar dari keseluruhan cabang bahasa yang digunakan leluhur yang menetap di wilayah Nusantara berasal dari rumpun Austronesia di Formosa atau dikenal dengan rumpun Taiwan. Teori linguistik membuka pemikiran baru tentang sejarah asal-usul Bangsa Indonesia yang disebut pendekatan ‘Out of Taiwan’. Teori ini dikemukakan oleh Harry Truman Simanjuntak yang selanjutnya mendasari teori modern mengenai asal-usul Bangsa Indonesia.
• Pendekatan Teori Genetika
Riset genetika yang dilakukan pada ribuan kromosom tidak menemukan kecocokan pola genetika dengan wilayah di Cina. Temuan ini tentunya cukup mengejutkan karena dianggap memutuskan dugaan gelombang migrasi yang berasal dari Cina, termasuk di antaranya pendekatan ‘Out of Yunan’. Sebaliknya, kecocokan pola genetika justru semakin memperkuat pendekatan ‘Out of Taiwan’ yang sebelumnya juga dijadikan dasar pemikiran arkeologi dengan pendekatan ilmu linguistik.Dengan menggunakan pendekatan ilmu linguistik dan riset genetika, maka asal-usul Bangsa Indonesia bisa dipastikan bukan berasal dari Yunan, akan tetapi berasal dari bangsa Austronesia yang mendiami Kepulauan Formosa (Taiwan).
Berdasarkan pendekatan ‘Out of Taiwan’, migrasi leluhur dari Taiwan (Formosa) tiba terlebih dulu di Filipina bagian Utara sekitar 4500 hingga 3000 SM. Diduga migrasi dilakukan untuk memisahkan diri mencari wilayah baru di Selatan. Akibat dari migrasi ini kemudian membentuk budaya baru, termasuk diantaranya pembentukan cabang bahasa yang disebut Proto-Malayo-Polinesia (PMP). Teori migrasi awal bangsa Austronesia dari Formosa disampaikan oleh Daud A. Tanudirjo berdasarkan pandangan pakar linguistik Robert Blust yang menerangkan pola penyebaran bangsa-bangsa Austronesia.
Pada tahap selanjutnya sekitar 3500 hingga 2000 SM terjadi migrasi dari Masyarakat yang semula mendiami Filipina dengan tujuan Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara. Migrasi yang berakhir di Maluku Utara ini kemudian meneruskan migrasinya sekitar tahun 3000 hingga 2000 SM menuju ke Selatan dan Timur. Migrasi di bagian Selatan menuju gugus Nusa Tenggara, sedangkan di bagian Timur menuju pantai Papua bagian Barat. Dari Papua Barat ini kemudian mereka bermigrasi lagi dengan tujuan wilayah Oseania hingga mencapai Kepulauan Bismarck (Melanesia) sekitar tahun 1500 SM.
Pada periode 3000 hingga 2000 SM, migrasi juga dilakukan ke bagian Barat yang dilakukan oleh mereka yang sebelumnya menghuni Kalimantan dan Sulawesi menuju Jawa dan Sumatera. Selanjutnya, hijrah pun diteruskan menuju semenanjung Melayu hingga ke seluruh wilayah di Asia Tenggara. Proses migrasi berulang-ulang dan menghabiskan masa ribuan tahun tidak hanya membentuk keanekaragaman budaya baru, akan tetapi juga pola penuturan (bahasa) baru.

Contoh Soal Asal-Usul Penduduk Indonesia

Pilihan Tunggal
Teori tentang asal-usul bangsa Indonesia menyebutkan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari wilayah ....
Pilihan Tunggal
Teori Yunan dikemukakan oleh arkeolog yang berasal dari ....
Pilihan Tunggal
Teori Yunan mendasarkan hipotesanya pada ....
Pilihan Tunggal
Migrasi bangsa – bangsa ke daerah baru berlangsung pada masa ....
Pilihan Tunggal
Daerah Yunan terletak di wilayah ....
Pilihan Tunggal
Teori Linguistik menjelaskan asal-usul penduduk Indonesia dari kesamaan ..
Pilihan Tunggal
Teori Linguistik menyebutkan bahwa asal-usul penduduk Indonesia berasal dari wilayah ....
Pilihan Tunggal
Pola genetika yang diteliti mendukung asal-usul bangsa Indonesia berdasarkan teori ....
Pilihan Tunggal
Teori genetika menyebutkan bahwa asal-usul bangsa Indonesia berasal dari bangsa ....
Pilihan Tunggal
Teori Out of Taiwan menyebutkan bahwa migrasi penduduk dari Taiwan tiba pertama kali di daerah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel