Contoh Soal Struktur Teks Hasil Observasi

Contoh Soal Struktur Teks Hasil Observasi Pada topik ini kalian akan belajar tentang struktur teks hasil observasi. Observasi disebut juga pengamatan yang dilakukan secara langsung. Observasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai peninjauan secara cermat. Adapun mengobservasi memiliki arti mengamati dengan teliti. Jadi, teks hasil observasi merupakan teks yang ditulis berdasarkan hasil pengamatan. 
      Pengamatan dilakukan terhadap suatu objek (benda, tempat, tumbuhan, hewan, manusia) atau peristiwa alam. Kepekaan pancaindera sangat diandalkan dalam menyusun teks ini karena melalui pengamatan. Kalian perlu mengamati dengan melihat, mendengar, atau meraba. Misalnya, kalian melakukan pengamatan terhadap keadaan museum saat ini. Museum yang menyimpan berbagai benda menarik dan berkaitan dengan sejarah ternyata sudah jarang dikunjungi oleh masyarakat. Museum selalu sepi dari pengunjung. Nah, kalian dapat mengamati keadaan ini dan membuat tulisan berupa teks hasil observasi. Tidak lupa, pada bagian akhir tulisan kalian dapat menjelaskan manfaat dari mengunjungi museum. 
      Untuk lebih jelasnya, bacalah teks berikut ini!
                                    Museum Geologi
Museum geologi adalah tempat untuk memamerkan benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan sumber daya alam. Museum Geologi dirikan pada 16 Mei 1928. Museum ini berkaitan erat dengan sejarah penyelidikan geologi dan tambang yang ada di wilayah Nusantara, sejak pertengahan abad ke-17 oleh para ahli Eropa. 
      Museum geologi di Indonesia terdapat di Kota Bandung. Museum Geologi memiliki beberapa ruangan yang terdiri atas dua lantai. Lantai satu terbagi menjadi tiga ruang utama, yaitu ruangan tengah, ruangan barat, dan ruangan timur. 
      Ruangan bagian tengah memamerkan kegiatan geologi dan kegiatan museum dalam bentuk animasi, pelayanan informasi, dan pelayanan pendidikan dan penelitian. Pada ruangan bagian barat dikenal sebagai ruang geologi Indonesia yang menyajikan tentang proses terjadinya bumi dalam sistem tata surya, tatanan tektonik regional yang membentuk geologi Indonesia, keadaan geologi di wilayah Sumatera, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, Irian Jaya, dan Jawa, serta fosil-fosil dan sejarah evolusi manusia menurut Darwin. Adapun ruangan bagian timur memamerkan berbagai hal yang berkaitan dengan sejarah pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup, kumpulan fosil tengkorak manusia purba yang ditemukan di Indonesia, dan sejarah pembentukan Danau Bandung. 
      Selain itu, lantai 2 dari museum geologi ini dibagi ke dalam tiga ruangan utama, yaitu ruangan tengah, ruangan barat, dan ruangan timur. Ruangan tengah memamerkan berbagai hal tentang pertambangan emas terbesar di dunia. Lalu, ruangan barat digunakan untuk staf museum dan ruangan timur dibagi ke dalam tujuh ruangan kecil. Ruangan-ruangan tersebut memamerkan setiap aspek dari tatanan geologi bagi kehidupan manusia khususnya di Indonesia. 
Museum Geologi sering menjadi tempat kunjungan study tour sekolah dari berbagai wilayah. Museum ini menjadi tempat yang dapat dimanfaatkan untuk pendidikan dan penyampaian nilai-nilai berupa sejarah kehidupan dan pelestarian alam. Koleksi yang ada di dalam museum dapat dipelajari oleh pengunjung, terutama dalam mempelajari berbagai hal tentang alam semesta, pemanfaatan sumber daya alam dengan benar, mengolah energi dengan baik, dan sebagainya.
      Setelah membaca teks tersebut, apakah kalian dapat menentukan struktur teks itu?

Mari Kita Analisis

      Mari perhatikan bagian awal teks tersebut. Bagian awal teks menunjukkan penjelasan umum tentang museum geologi. Penjelasan tersebut berupa pengertian tentang museum geologi tersebut. Penjelasan umum disebut juga sebagai definisi umum dalam teks hasil observasi. Karena disebut definisi umum, teks hasil observasi ini berisi penjelasan yang berisi definisi secara luas/umum. Penjelasan ini ditandai dengan kalimat definisi. Kalimat definisi menggunakan kata kerja penghubung seperti adalah, ialah, dan merupakan. Pada teks ”Museum Geologi” definisi umum ditunjukkan pada paragraf pertama. 
      Selain definisi umum, ada juga deskripsi bagian. Deskripsi bagian ini berisi penjelasan rinci dari suatu hal yang dibahas dalam teks. Pada teks ”Museum Geologi” deskripsi bagian berada pada paragaf dua sampai dengan paragraf 4 yang menggambarkan setiap ruangan di museum geologi secara rinci. Adapun bagian terakhir dalam teks hasil observasi yaitu deskripsi manfaat ada pada paragraf kelima atau paragraf terakhir. Deskripsi ini berisi tentang manfaat dari hal yang dibahas/diamati dalam teks, yaitu manfaat museum geologi.
      Jika dibuat ke dalam bagan, maka struktur teks hasil observasi adalah sebagai berikut.
      Teks hasil observasi ini berisi penjabaran umum atau laporan tentang hasil pengamatan atau observasi. Teks ini juga disebut sebagai teks klasifikasi karena memaparkan klasifikasi tentang jenis-jenis sesuatu yang memiliki kriteria tertentu. Jadi, dalam teks ini mendeskripsikan ciri, bentuk, atau sifat umum dari objek yang diamati.
      Teks hasil observasi ditulis secara objektif dan disusun secara sistematis. Kesistematisan tersebut mencakup penyusunan struktur yang benar. Selain itu, penjelasan dalam teks hasil observasi harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan logis.


Contoh Soal Struktur Teks Hasil Observasi

Berikut ini yang termasuk definisi umum adalah ....
Hal yang menarik dari Gunung Bromo yang menjadi objek wisata adalah statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai yang memiliki kaldera atau lautan pasir yang luasnya sekitar 10 km2. Gunung ini memiliki kawah dengan garis tengah yang hampir mencapai 800 m dan 600 m. Adapun daerah yang paling berbahaya di gunung tersebut berupa lingkaran yang memiliki jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo. 
Teks tersebut merupakan teks hasil observasi karena ....
Berikut ini yang termasuk deskripsi manfaat adalah ....
Anggrek bulan hidup menempel pada batang atau cabang pohon. Anggrek bulan memiliki akar berwarna putih dengan bentuk bulat memanjang dan berdaging. Daunnya berwarna hijau dengan bentuk memanjang. Adapun bunga anggrek bulan ini mekar dalam waktu yang lama, dapat tumbuh hingga diameter 10 cm, dan tidak terlalu harum. 
Kutipan teks tersebut dinyatakan sebagai deskripsi bagian karena ....
Kupu-kupu menjadi serangga yang memiliki banyak manfaat. Keberadaan kupu-kupu mampu membantu penyerbukan tanaman. Kupu-kupu juga menjadi objek penelitian biologis, koleksi, dan bahan industri, seperti ngengat sutera. Saat ini, ada tempat yang khusus dibuat untuk mengembangbiakkan kupu-kupu dan tempat ini dapat dijadikan objek wisata yang edukatif. 
Pernyataan yang sesuai untuk teks tersebut adalah ....
Cuplikan 1 
Taman Budaya Yogyakarta merupakan sarana wisata yang terletak di Jalan Sri Wedani Nomor 1, Yogyakarta. Taman Budaya Yogyakarta dibangun pada 11 Maret 1977 yang saat itu dikenal sebagai Purna Budaya dan berlokasi di sekitar kawasan Universitas Gadjah Mada. 
Cuplikan 2
Taman Budaya Yogyakarta memiliki dua bangunan utama, yaitu Societet Militair dan Concert Hall Taman Budaya. Gedung Societet Militair digunakan untuk pentas musik, tari, teater, dan pertunjukan seni lainnya. Adapun gedung Concert Hall Taman Budaya digunakan untuk penyelenggaraan pameran, diskusi sastra, dan pelatihan. Selain itu, ada fasilitas pelengkap lainnya seperti perpustakaan, kafe, mushola, tempat parkir, dan toilet.
Berikut pernyataan yang tepat untuk kedua cuplikan teks tersebut, kecuali ....
Paus biru merupakan mamalia laut yang berasal dari bagian famili Balaenopteridae. Famili ini meliputi paus sirip, paus bungkuk, paus bryde, paus minek, dan paus sei. Paus biru ini biasanya diklasifikasikan sebagai salah satu dari delapan spesies paus yang termasuk ke dalam genus Balaenoptera. 
Paus biru memiliki tubuh panjang yang tampak membentang. Paus ini memiliki kepala yang datar seperti huruf U, memiliki punggung yang terbentang dari lubang sembur sampai bagian bibir atas. Sirip punggung paus biru berukuran kecil berkisar antara 8-70 cm. Panjang sirip paus biru + 3-4 m. 
....
Berikut ini bagian deskripsi manfaat yang sesuai untuk melengkapi teks hasil observasi tersebut adalah ....
Bayam adalah tumbuhan yang berasal dari Amerika tropik yang telah tersebar ke penjuru dunia. Bayam merupakan tumbuhan yang tumbuh di daerah beriklim panas dan dingin. Tumbuhan bayam akan subur jika ditanam di dataran rendah, lahan terbuka, memiliki iklim hangat, dan cahaya yang kuat.
Teks tersebut termasuk bagian struktur teks hasil observasi, yaitu ....
Buah naga yang memiliki banyak manfaat ini berbentuk bulat dan bulat panjang. Kulit buah ini berwarna merah menyala dengan sirip berwarna hijau. Daging buah naga dihiasi oleh biji-biji kecil berwarna hitam pekat. Bobot buah ini mencapai 400-800 g/buah. 
Teks tersebut termasuk bagian struktur teks hasil observasi, yaitu ....
Taman Bunga Nusantara memiliki beberapa keunikan. Keunikan tersebut berupa tempat rekreasi yang sangat menarik, seperti rumah kaca dan taman labirin ... Saat masuk taman labirin ini, pengunjung akan kebingungan dengan jalan yang ada di dalamnya. 
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi teks yang menunjukkan struktur deskripsi bagian tersebut adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel