Contoh Soal Struktur Teks Biografi

Contoh Soal Struktur Teks BiografiAnak-anak pada pertemuan kali ini kita akan bersama-sama belajar tentang struktur teks biografi. Sebelumnya marilah kita mengetahui terlebih dahulu apakah arti biografi. Biografi menurut KBBI ialah riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain. Jadi, teks biografi ialah teks yang mempelajari riwayat hidup orang lain (dalam hal ini, orang lain yang dimaksud ialah tokoh yang terkenal). 
Sama halnya dengan teks lain, teks biografi memiliki struktur tersendiri. Namun, sebelum kita mempelajari struktur teks biografi ada baiknya kita mengetahui ciri-ciri teks biografi agar kita dapat membedakan dengan teks yang lain.
1. Judul teks berupa nama tokoh yang akan diceritakan.
2. Berisi hal menarik dan mngesankan dari seorang tokoh.

3. Berisi hal yang mengagumkan dan mengharukan pada kehidupan tokoh.
4. Berisi hal yang dapat dicontoh dari kehidupan tokoh.

Nah, sekarang, mari perhatikan bagan di bawah ini untuk mengetahui struktur teks biagrafi.

Struktur Teks Biografi dapat kita singkat menjadi OPeRa (Orientasi, Peristiwa/Masalah, dan Reorientasi) 

Perhatikan contoh di bawah ini!

                                      BUNG TOMO
Siapa tak kenal Sutomo? Pahlawan Nasional penyebar semangat arek-arek Suroboyo yang terkenal dengan nama Bung Tomo ini lahir pada tanggal 3 Oktober 1920 di Kota Surabaya, Jawa Timur. Bung Tomo dibesarkan di lingkungan keluarga yang berpendidikan. Ayahnya seorang asisten kantor pajak pemerintah, dan pegawai perusahan ekspor-impor Belanda. 
      Bung Tomo seorang pekerja keras. Aktif dalam organisasi kepanduan atau KBI. Tak heran pada usia 17 tahun, ia berhasil menjadi orang kedua di Hindia Belanda yang mencapai peringkat Pandu Garuda. Minat jurnalistiknya sangat tinggi. Ia pernah bekerja sebagai wartawan lepas pada Harian ‘Soeara Oemoem’ di Surabaya pada tahun 1937. Setahun kemudian, menjadi Redaktur Mingguan ‘Pembela Rakyat’, wartawan, penulis pojok harian berbahasa Jawa di Surabaya. Pada tahun 1942 – 1945 ketika ia bekerja di kantor berita tentara pendudukan Jepang , kesempatan ini dipakainya untuk memberitakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dalam bahasa Jawa. Kepiawaiannya dalam berorator mampu membakar semangat arek-arek Suroboyo pada pertempuran 10 November 1945. 
      Jiwa pantang menyerah, pekerja keras, berani membela kebenaran, dan semangat yang membara patut kita tiru sebagai generasi muda untuk membangun Indonesia menjadi negara yang lebih dihormati dan berwibawa di kancah Internasional.

Mari analisis

Teks di atas termasuk teks biografi sebab terdapat fakta dan opini pada paragrafnya.
FAKTA : terdapat pada paragraf 1 dan 2
OPINI : terdapat pada paragraf 3
Sekarang mari kita analisis struktur teks biografi tersebut. 
Struktur Teks biografi di atas terdiri atas Orientasi, Peristiwa/ masalah, dan Reorientasi (OPeRa)
1. Paragaf I : Orientasi (Paragraf pembuka)
Berisi identitas tokoh berupa tempat, tanggal lahir, dan latar kehidupan tokoh. Oleh sebab itu bagian ini berupa fakta.
• Nama : Sutomo
• Tempat, tanggal lahir : Surabaya, 3 Oktober 1920
• Latar kehidupan tokoh : dibesarkan di lingkungan keluarga berpendidikan. Ayahnya seorang asisten kantor pajak pemerintah dan pegawai ekspor – impor Belanda.
2. Paragraf II : Peristiwa/ Masalah
Berisi pengalaman hidup tokoh yang luar biasa (menarik, mengesankan, dan mengharukan) atau bisa juga masalah yang dialami tokoh. Bagian ini berupa fakta
• Bung Tomo Aktif dalam organisasi kepanduan atau KBI. Pada usia 17 tahun menjadi orang kedua di Hindia Belanda yang mencapai peringkat Pandu Garuda. 
• Pernah bekerja sebagai wartawan lepas pada Harian ‘Soeara Oemoem’ di Surabaya pada tahun 1937. Setahun kemudian, menjadi Redaktur Mingguan ‘Pembela Rakyat’, wartawan, penulis pojok harian berbahasa Jawa di Surabaya.
• Pada tahun 1942 – 1945 ketika ia bekerja di kantor berita tentara pendudukan Jepang dan memberitakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dalam bahasa Jawa. 
• Kepiawaiannya dalam berorator mampu membakar semangat arek-arek Suroboyo pada pertempuran 10 November 1945. 
3. Paragraf III : Reorientasi (simpulan)
Berisi opini penulis tentang hal-hal positif dari tokoh yang dapat kita tiru/ kita contoh.
• Jiwa pantang menyerah, pekerja keras, berani membela kebenaran, dan semangat yang membara patut kita tiru sebagai generasi muda untuk membangun Indonesia menjadi negara yang lebih dihormati dan berwibawa di kancah Internasional.

Poin Penting

  1. Teks biografi ialah teks yang berisi riwayat hidup seseorang/ tokoh.
  2. Teks biografi terdapat kalimat fakta dan opini. Fakta pada bagian Orientasi dan Peristiwa/ masalah. Sedangkan Opini pada bagian Reorientasi / Simpulan.
  3. Struktur Teks Biografi terdiri atas: OPeRa • Orientasi
    Berisi identitas tokoh berupa tempat, tanggal lahir, dan latar kehidupan tokoh. Oleh sebab itu bagian ini berupa fakta. • Peristiwa/ Masalah
    Berisi pengalaman hidup tokoh yang luar biasa (menarik, mengesankan, dan mengharukan) atau bisa juga masalah yang dialami tokoh. Bagian ini berupa fakta • Reorientasi
    Berisi opini penulis tentang hal-hal positif dari tokoh yang dapat kita tiru/ kita contoh.

Contoh Soal Struktur Teks Biografi



Ahmad Yani merupakan salah satu pahlawan Revolusi Indonesia. Lahir di Purworejo pada tanggal 19 Juni 1922, pemuda ini mengawali karier militernya di Dinas Topografis Militer di Malang dengan pangkat Sersan. Prestasi yang pernah diraihnya menjadi Komandan TKR Purwokerto, melawan DI/TII di Jawa Tengah, dan pernah disekolahkan di Kansas, USA selama sembilan bulan. Karena selalu berbeda paham dengan PKI (menolak membentuk Angkatan Kelima buruh dan tani dipersenjatai) akhirnya ia ditembak di depan kamarnya dan jenazahnya ditemukan di lubang buaya.
Struktur teks biografi yang nampak ialah ....
Siapa tak kenal Thomas Alva Edison? Penemu lampu pijar terlahir dengan kondisi memiliki pendengaran yang tidak bagus. Namun, ia tidak pernah putus asa untuk mencoba sesuatu sampai berhasil. Sebanyak 9.955 kali percobaan membuat lampu yang gagal menyala, akhirnya pada tahun 1879 dia berhasil membuat lampu pijar menyala selama 40 jam. Tidak hanya itu, dia juga berhasil menemukan pembangkit tenaga listrik di New York pada tahun 1882.
Struktur teks biografi yang nampak pada teks di atas ialah ....
Terlahir dari keluarga yang terbilang sangat miskin, tidak membuat Isaac Newton minder dan bermalas-malasan. Newton malah tampil sebagai siswa lulusan terbaik di King’s School, Grantham, Lincolnshire. Ia lulus dengan nilai yang sangat memuaskan dan mampu melanjutkan di Triniti College, Cambridge. Penemuannya yang terbesar didapatkan ketika ia tengah duduk di bawah pohon apel. Penemuan itu bernama teori gravitasi bumi yang diterima oleh semua masyarakat di dunia.
Masalah yang nampak pada tokoh dalam teks biografi di atas ialah ....
Perhatikan rekaman cerita berikut dengan saksama!
Ajaran yang didapatkan tokoh dari orang tuanya pada teks biografi di atas ialah ....
Perhatikan rekaman cerita berikut dengan saksama!
Struktur teks biografi yang tidak nampak pada rekaman teks biografi di atas ialah ....
Lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’ karangan W.R. Supratman diciptakan pada tahun 1924. Lagu ini pertama kali diperdengarkan pada acara Kongres pemuda II. W.R. Supratman memperdengarkan lagu ini tanpa syair hanya diiringi biola karena saat itu bangsa kita sedang dijajah Belanda. Sejak saat itu lagu ini selalu dikumandangkan di setiap acara konggres. Efek lagu ini begitu dahsyat bagi persatuan bangsa kita, sehingga W.R. Supratman dikejar-kejar Belanda dan berhasil ditangkap lalu dijebloskan di penjara. Beliau jatuh sakit dan meninggal pada tahun 1938.
Struktur penyajian teks biografi di atas menampilkan ....
Anak ke empat pasangan Moh Iskan dan Lisnah ini diberi nama Dahlan Iskan. Lewat buku ‘Sepatu Dahlan’ diceritakan bagaimana miskinnya kehidupan masa kecilnya. Teramat miskin malah, sampai-sampai untuk sekolah pun dia tak memiliki sepasang sepatu. Meski hidup serba kekurangan, kedua orang tuanya selalu rukun, tak pernah bertengkar, dan bersahaja. Tak heran berkat didikan orang tuanyalah, tokoh yang terlahir pada tahun 1951 ini dapat membesarkan koran “Jawa Pos” sebagai koran nasional di Surabaya. Semoga Indonesia memiliki berjuta-juta Putra Bangsa yang mampu membesarkan nama Indonesia di kancah Internasional.
Bagian yang termasuk peristiwa dalam teks di atas adalah ....
Bacalah teks biografi di bawah ini dengan cermat!
(1). Raja Pop Dunia atau lebih terkenal dengan nama Michael Jackson lahir di Indiana, Amerika pada tanggal 29 Agustus 1958. 
(2). Penulis lagu, penyanyi, dan aktor yang satu ini memiliki dandanan yang khas dan gaya menari ‘break dance’. 
(3). Pada tahun 1982 ketika dia berhasil menjual album sebanyak 21 juta kopi di AS dan 27 juta di seluruh dunia.
(4). Perjalanan hidup yang penuh kontroversi dengan berbagai macam masalah membuat namanya semakin terkenal.
Bagian teks biografi di atas yang berisi opini ditunjukkan pada nomor ....
Pecinta dunia MotoGP pasti sudah akrab sekali dengan nama Valentino Rossi. Pembalap kelahiran Italia, 16 Februari 1979 ini memiliki tinggi badan 182 dan telah 9 kali meraih gelar MotoGP sampai tahun 2015. Sejarah kariernya dimulai pada tahun 1996-1999 Aprillia, 2000-2003 Honda, 2004-2010 Yamaha, 2011-2012 Ducati, dan 2013-2016 Yamaha....
Reorientasi yang tepat untuk struktur teks biografi di atas ialah ....
Barack Obama merupakan presiden Amerika Serikat pertama keturunan Amerika-Afrika. Lahir pada tanggal 4 Agustus 1961. Lulusan Columbia University dan Harvard Law School ini terpilih sebagai presiden Amerika Serikat pada tahun 2009. Sebelum menjabat sebagai presiden, Obama pernah bekerja sebagai mengajar Hukum selama 12 tahun di University of Chicago Law School.
Struktur teks biografi di atas yang menonjol ialah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel