Contoh Soal Ciri-Ciri Bahasa Teks Biografi

Contoh Soal Ciri-Ciri Bahasa Teks Biografi Pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari bahasa yang dipakai pada teks biografi. Bahasa pada teks biografi memiliki kemiripan dengan beberapa teks yang lain karena teks biografi termasuk dalam teks naratif.
Perhatikan penjelasan bagan berikut ini.
Jenis-jenis kata hubung yang dipakai pada teks biografi meliputi:
1. Kata hubung koordinatif (hubungannya sama)
Contohnya : dan, serta, tetapi
2. Kata hubung korelatif (memiliki pasangan/ relasi)
Contohnya : 
• Tidak hanya ... tetapi juga
• Baik ... maupun
• Jangankan ..., ... pun
• Bukan hanya ... melainkan juga
• Sedemikian rupa ... sehingga
• Demikian ... sehingga
• Bukannya ..., melainkan
• Apa(kah) ... atau
• Entah ... entah
3. Kata hubung subordinatif (hubungannya tidak sama)

Contohnya : setelah, agar, sehingga, karena
Kata rujukan ialah kata ganti sesuatu yang telah disebutkan sebelumnya.
1. Rujukan benda : ini, itu, tersebut
2. Rujukan tempat : di sana, di sini, di situ
3. Rujukan orang : -nya, beliau, dia, ia, mereka
Penulisan identitas tokoh meliputi waktu, aktivitas/ peristiwa, dan tempat kejadian. 
Kata kerja yang menyatakan tindakan, contohnya: meletakkan, menyuruh, mengubah, dsbnya.
Perhatikan contoh di bawah ini

photobucket.com
Siapa tak kenal Joanne Kathleen Rowling atau akrab disebut J.K. Rowling.  Penulis novel Harry Potter yang lahir tanggal 31 Juli 1965 mendapatkan ide cerita tersebut ketika melakukan perjalanan menaiki kereta api dari Manchester ke London pada tahun 1990. Tidak serta merta buku yang ia tulis diterima oleh penerbit. Penerbit ke-13 lah yang menerima bukunya setelah ditolak oleh 12 penerbit lain. Sebelum menjadi penulis terkaya, dia berprofesi sebagai guru bahasa Inggris. Bukunya menembus angka fantastis di pasaran bahkan sampai buku yang ke tujuh, novel Harry Potter tetap menyedot perhatian dunia. Dinilai memiliki ide yang cemerlang, penuturan yang sangat menakjubkan, tak heran, bila J.K Rowling mendapatkan berbagai macam penghargaan dan bukunya menjadi idola seluruh dunia.

Mari Analisis

Teks biografi di atas memiliki ciri bahasa sebagai berikut ini.
  1. Kata hubung
    • Intrakalimat (satu kalimat)
    a. Siapa tak kenal Joanne Kathleen Rowling atau akrab disebut J.K. Rowling. = koordinatif
    b. Penulis novel Harry Potter yang lahir tanggal 31 Juli 1965 mendapatkan ide cerita tersebut ketika melakukan perjalanan menaiki kereta api dari Manchester ke London pada tahun 1990. = subordinatif
    c. Penerbit ke-13 lah yang menerima bukunya setelah ditolak oleh 12 penerbit lain.= subordinatif
    d. Dinilai memiliki ide yang cemerlang, penuturan yang sangat menakjubkan, tak heran, bila J.K Rowling mendapatkan berbagai macam penghargaan dan bukunya menjadi idola seluruh dunia.= koordinatif
    • Antarkalimat 
    a. Oleh karena itu, tak heran bila buku tersebut mendapatkan berbagai macam penghargaan dan menjadi buku idola seluruh dunia.
    Makna kata hubung:
    a. Siapa tak kenal Joanne Kathleen Rowling atau akrab disebut J.K. Rowling. 
    Menyatakan makna penambahan
    b. Penulis novel Harry Potter yang lahir tanggal 31 Juli 1965 mendapatkan ide cerita tersebut ketika melakukan perjalanan menaiki kereta api dari Manchester ke London pada tahun 1990. 
    Menyatakan makna waktu
    c. Penerbit ke-13 lah yang menerima bukunya setelah ditolak oleh 12 penerbit lain.
    Menyatakan makna kelanjutan
    d. ... tak heran bila buku tersebut mendapatkan berbagai macam penghargaan dan menjadi buku idola seluruh dunia.
    Menyataka makna penambahan
  2. Kata rujukan
    • Penulis novel Harry Potter yang lahir tanggal 31 Juli 1965 mendapatkan ide cerita tersebut ketika melakukan perjalanan menaiki kereta api dari Manchester ke London pada tahun 1990. = kata rujukan benda
    • Tidak serta merta buku yang ia tulis diterima oleh penerbit. Penerbit ke-13 lah yang menerima bukunya setelah ditolak oleh 12 penerbit lain. = kata rujukan orang
    • Sebelum menjadi penulis terkaya, dia berprofesi sebagai guru bahasa Inggris. = kata rujukan orang
    • Oleh karena itu, tak heran bila buku tersebut mendapatkan berbagai macam penghargaan dan menjadi buku idola seluruh dunia. = kata rujukan benda.
  3. Waktu, aktivitas, dan tempat
    • Tanggal 31 Juli 1965 -- lahir
    • Perjalanan menaiki kereta api dari manchester ke london – mendapatkan ide cerita
    • Penerbit ke-13 – menerima buku
    • Buku Harry Potter – mendapat penghargaan – idola dunia – wanita terkaya
  4. Kata kerja tindakan
    • Penulis novel Harry Potter yang lahir pada tanggal 31 Juli 1965 mendapatkan ide cerita tersebut ketika melakukanperjalanan menaiki kereta api dari Manchester ke London pada tahun 1990.
    • Penerbit ke-13 lah yang menerima bukunya setelah ditolak oleh 12 penerbit lain.

    • Oleh karena itu, tak heran bila buku tersebut mendapatkan berbagai macam penghargaan dan menjadi buku idola seluruh dunia.
Contoh Soal Ciri-Ciri Bahasa Teks Biografi



1) Siapa lagi penyanyi remaja yang sedang dikagumi setaraf Justin Bieber kalau bukan Harris J. 2) Lewat lagu andalannya berjudul “Salam Alaikum” yang memiliki nuansa mirip Maher Zain, Harris J berhasil menarik simpati remaja dunia. 3) Penyanyi keturunan India dan Irlandia ini, lahir di Inggris pada tanggal 3 Maret 1997. 4) Sejak berusia 5 tahun dia suka menyanyi di acara sekolah dan gathering. 5) Pada tahun 2015, Harris mulai masuk industri rekaman setelah menjadi pemenang ajang pencarian bakat yang diselenggarakan oleh salah satu perusahaan rekaman.
Kalimat yang tidak memakai kata rujukan pada teks biografi di atas ialah ....
(1). Tokoh bertangan dingin yang mengharumkan nama Indonesia berkali-kali lewat siswa binaannya pada kejuaraan Olimpiade Fisika siapa lagi kalau bukan Yohanes Surya. 
(2). Lahir pada tanggal 6 November 1963, beliau berhasil menyelesaikan program masternya pada tahun 1990 dan program doktornya pada 1994 dengan predikat cumlaude. 
(3). Setelah itu dari tahun 1993 hingga 2007, siswa-siswa binaannya berhasil mengharumkan nama bangsa dengan menyabet 54 medali emas, 33 medali perak dan 42 medali perunggu dalam berbagai kompetisi Sains/Fisika Internasional. 
(4). Tidak hanya penulis produktif untuk bidang Fisika/Matematika, tetapi juga narasumber berbagai program pengajaran Fisika melalui CD ROM untuk SD, SMP dan SMA.
Kata hubung korelatif yang tepat terdapat pada kalimat nomor ....
Budayawan dan sastrawan Taufiq  Ismail lahir di Bikittinggi, Sumatera Barat pada tahun 1935. Berbagai penghargaan telah diperolehnya, baik tingkat nasional maupun  tingkat internasional dalam bidang puisi dan essai sastra. Masa kecinya banyak dihabiskan di Pekalongan. Pendidikan yang pernah ditempuhnya mulai dari sekolah rakyat di Jawa Tengah, dilanjutkan SMP di Bukit Tinggi, dan SMA di  Bogor. Kemudian dia melanjutkan sekolahnya di Amerika Serikat setelah mendapatkan beasiswa American Field International School. Karya Taufiq Ismail yang terkenal ialah buku kumpulan puisi yang berjudul Manifestasi dan Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia.
Kata hubung pada kalimat yang tercetak miring menyatakan makna hubungan ....
Sir Isaac Newton lahir pada tanggal 25 Desember tahun1643. Berasal dari keluarga yang miskin. Ayahnya meninggal 3 bulan sebelum Newton dilahirkan. Setelah itu, ibunya menikah lagi, tetapi dirinya tidak begitu dekat dengan ayah barunya. Newton kecil pertama kali bersekolah di King’s School, Grantham, Lincolnshire. Di sana ia menjadi salah satu siswa terbaik. Ketika di bangku kuliah, dia begitu menguasai pelajaran Matematika, Science, dan Fisika. Penemuannya di bidang fisika yang sampai saat ini membuatnya menjadi salah satu penemu abadi sepanjang masa.
Penulisan identitas waktu, aktivitas, dan tempat yang sesuai teks biografi di atas ialah ....
Perhatikan rekaman berikut dengan saksama!
Ciri bahasa yang dominan pada rekaman teks biografi di atas ialah ....
Perhatikan rekaman berikut dengan saksama!
Kata kerja tindakan yang nampak pada teks biografi yaitu ....
Jenderal Sudirman lahir pada tanggal 24 Januari 1916 di Bodas Karangjati, Rembang, Purbalingga. Ketika berusia enam tahun, ayahnya meninggal dunia. Kemudian Sudirman dibesarkan dan diajarkan agama, etika, tata krama, dan kesederhanaan yang baik oleh pamannya. Pada tahun 1944, Sudirman diminta bergabung dengan tentara Pembela Tanah Air (PETA), kesatuan militer yang dibentuk Jepang untuk menghalau serangan sekutu. PETA dibubarkan pada tanggal 18 Agustus 1945 dan kesempatan ini digunakan Sudirman dengan teman-temannya membentuk BKR untuk melawan Jepang. 
Penggunaan kata kerja tindakan yang nampak pada teks di atas ialah ....
R.A Dewi Sartika merupakan salah satu tokoh perintis pendidikan bagi kaum wanita di Indonesia. Lahir di Bandung pada tanggal 4 Desember 1884 dan menghembuskan napas terakhir di Tasikmalaya pada tanggal 11 September 1947 ketika berusia 62 tahun. Setelah menginjak umur 10 tahun, ia telah ahli baca-tulis dan beberapa kata bahasa Belanda. Pada tahun 1902, ia membuka sekolah bagi para perempuan di ruangan kecil bagian belakang rumah milik ibunya di Bandung. Sebelum meninggal, beliau telah menyaksikan buah hasil kerja kerasnya dengan didirikannya 9 sekolah istri pada tahun 1912.
Konjungsi yang menyatakaan kata hubung antarkalimat pada teks biografi di atas ialah ....
1) Pelukis, pematung, arsitek, musisi, ilmuwan, matematikawan, insinyur, penemu, ahli anatomi, ahli geologi, pembuat peta, ahli botani, dan penulis pastilah dia Leonardo Da Vinci. 2) Beliau dilahirkan pada tahun 1452 di Italia dan meninggal pada tahun 1519 di Perancis. 3) Kejeniusannya melukis Jamuan Terakhir dan Monalisa membuatnya menjadi pelukis terbesar sepanjang masa. 4) Hal itu dikarenakan dia memadukan ilmu dengan seni dalam lukisannya sehingga lukisan itu seperti hidup dan nyata.
Pemakaian kata rujukan orang yang tidak tepat terlihat di nomor ....
Mahatma Gandhi terlahir dengan nama Mohandas Karamchand Gandhi. Lahir pada tanggal 2 Oktober 1869. Dia terkenal sebagai tokoh India yang memimpin rakyatnya untuk lepas dari belenggu penjajahan Inggris pada tahun 1877. Saat Gandhi akan meninggalkan India dan berangkat ke Afrika Selatan tiket kereta yang dibelinya adalah tiket kelas satu. Namun dengan semena-mena kondektur kereta mengusirnya dan menyuruhnya pindah ke kelas tiga. Kondektur kereta itu ternyata keturunan Inggris kulit putih. Gandhi berdebat panjang dan akhirnya ia ditendang keluar kereta. Mulai saat itulah Gandhi memiliki tekat ingin memerdekakan bangsa India dari penjajahan Inggris. 
Kata yang tercetak miring pada teks biografi di atas merupakan ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel