Contoh Soal Menyusun Teks Eksposisi
Contoh Soal Menyusun Teks Eksposisi - Kali ini, kalian akan belajar menyusun teks eksposisi. Ingat teks yang baik memiliki susunan yang baik. Dalam hal ini, susunan struktur yang tepat dan susunan kalimat yang koherensi.
Langkah Menyusun Teks Eksposisi dari Teks Rumpang
Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kalian gunakan jika harus menyusun teks acak atau teks rumpang.
1. Perhatikan kalimat yang mengandung gagasan utama pada setiap struktur teks.
Teks eksposisi dibangun oleh tesis, argumen, dan penegasan ulang. Kalimat-kalimat yang mengandung tesis bisanya berisi pandangan penulis terhadap hal yang dibahas. Dalam argumen, carilah kalimat yang berisi fakta. Dalam penegasan ulang, carilah kata hubung yang menyatakan penegasan, simpulan, atau sebab akibat. Kata hubung tersebut misalnya oleh karena itu, jadi, atau dengan demikian
2. Perhatikan urutan kalimat
Urutan kalimat akan diketahui dengan mencermati makna setiap kalimat.
3. Perhatikan konjungsi atau kata rujukan
Dalam menyusun kalimat atau teks, kata rujukan dan kata penghubung memiliki peranan yang sangat penting karena menjadi faktor pembuat kohesi dan koherensi sebuah teks.
1. Perhatikan kalimat yang mengandung gagasan utama pada setiap struktur teks.
Teks eksposisi dibangun oleh tesis, argumen, dan penegasan ulang. Kalimat-kalimat yang mengandung tesis bisanya berisi pandangan penulis terhadap hal yang dibahas. Dalam argumen, carilah kalimat yang berisi fakta. Dalam penegasan ulang, carilah kata hubung yang menyatakan penegasan, simpulan, atau sebab akibat. Kata hubung tersebut misalnya oleh karena itu, jadi, atau dengan demikian
2. Perhatikan urutan kalimat
Urutan kalimat akan diketahui dengan mencermati makna setiap kalimat.
3. Perhatikan konjungsi atau kata rujukan
Dalam menyusun kalimat atau teks, kata rujukan dan kata penghubung memiliki peranan yang sangat penting karena menjadi faktor pembuat kohesi dan koherensi sebuah teks.
Mari Kita Praktik Menyusun Teks Eksposisi
Perhatikan paragraf-paragraf berikut ini.
(1)Sebuah penelitian mengenai hal ini dilakukan oleh sebuah LSM. LSM ini membagi anak-anak dalam 3 kelompok. Ketiga kelompok anak tersebut akan diberikan tontonan yang berbeda. Kelompok pertama, mereka menonton orang dewasa yang bermain pukul-pukulan dengan sebuah boneka. Kelompok kedua menonton seorang dewasa yang mengurus boneka, dan kelompok yang ketiga menonton seorang dewasa yang melakukan aktivitas duduk, membaca, dan mencari-cari permainan lainnya di samping boneka.
(2)Zaman bergerak dengan sangat cepat. Kita harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman sekaligus harus bisa menentukan sikap dalam menghadapi perkembangan zaman tersebut. Salah satu tantangan zaman adalah jenis tontonan. Kita harus bisa menyaring jenis tontonan kita karena itulah yang akan mempengaruhi pikiran dan bisa jadi karakter kita.
(3)Hal yang mengejutkan terjadi ketika semua anak itu dimasukkan ke dalam tempat yang sama dengan ruangan yang mereka tonton. Tentu saja, ruangan ini lengkap dengan sebuah boneka yang sama dengan boneka yang sudah mereka tonton. Anak kelompok pertama bermain dengan boneka itu dengan cara memukul-mukulnya. Kelompok kedua bermain dengan cara mengurus dan memeluk boneka, dan kelompok ketiga sama sekali tidak bermain dengan boneka. Kelompok ketiga ini hanya duduk, membaca, dan melakukan aktivitas lainnya di dalam ruangan.
(4)Dengan demikian, penelitian itu menjadi salah satu bukti bahwa, manusia dipengaruhi oleh apa yang mereka lihat. Oleh sebab itu, kita harus hati-hati dan selalu memilih apa yang akan kita tonton.
(1)Sebuah penelitian mengenai hal ini dilakukan oleh sebuah LSM. LSM ini membagi anak-anak dalam 3 kelompok. Ketiga kelompok anak tersebut akan diberikan tontonan yang berbeda. Kelompok pertama, mereka menonton orang dewasa yang bermain pukul-pukulan dengan sebuah boneka. Kelompok kedua menonton seorang dewasa yang mengurus boneka, dan kelompok yang ketiga menonton seorang dewasa yang melakukan aktivitas duduk, membaca, dan mencari-cari permainan lainnya di samping boneka.
(2)Zaman bergerak dengan sangat cepat. Kita harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman sekaligus harus bisa menentukan sikap dalam menghadapi perkembangan zaman tersebut. Salah satu tantangan zaman adalah jenis tontonan. Kita harus bisa menyaring jenis tontonan kita karena itulah yang akan mempengaruhi pikiran dan bisa jadi karakter kita.
(3)Hal yang mengejutkan terjadi ketika semua anak itu dimasukkan ke dalam tempat yang sama dengan ruangan yang mereka tonton. Tentu saja, ruangan ini lengkap dengan sebuah boneka yang sama dengan boneka yang sudah mereka tonton. Anak kelompok pertama bermain dengan boneka itu dengan cara memukul-mukulnya. Kelompok kedua bermain dengan cara mengurus dan memeluk boneka, dan kelompok ketiga sama sekali tidak bermain dengan boneka. Kelompok ketiga ini hanya duduk, membaca, dan melakukan aktivitas lainnya di dalam ruangan.
(4)Dengan demikian, penelitian itu menjadi salah satu bukti bahwa, manusia dipengaruhi oleh apa yang mereka lihat. Oleh sebab itu, kita harus hati-hati dan selalu memilih apa yang akan kita tonton.
S1
Perhatikan kalimat acak berikut ini.
(1)Kebiasaan ini akan mengurangi risiko masuknya makanan yang kurang higenis ke dalam perut.(2)Membawa bekal dari rumah adalah kebiasaan yang menunjaang kesehatan.
(3)Ketidakhigenisan tersebut bisa berasal dari debu atau tangan yang kurang bersih dari penjual.
(3)Ketidakhigenisan tersebut bisa berasal dari debu atau tangan yang kurang bersih dari penjual.
Urutan kalimat yang benar untuk menjadi sebuah tesis teks eksposisi adalah ....
S2
Memilih teman dekat ... syarat yang penting dalam bergaul. ... ini menentukan kepada jenis aktivitas apa yang akan kita lakukan dengan teman-teman dekat kita. ... akan menghasilkan hobi bersama, karya bersama, idola bersama, kadang sampai hal-hal yang dibenci bersama.
Kata-kata yang tepat untuk mengisi bagian rumpang agar menjadi teks yang utuh adalah ....
S3
Perhatikan kalimat acak berikut ini.
(1)Menurutnya, ia diajak temannya untuk ngebut di jalan ketika diberi aba-aba.
(2)Ternyata, dia dijadikan orang yang membawa lari pelaku pencurian minmarket itu.
(3)Mereka akan berbalapan begitu salah satu temannya selesai belanja di sebuah minimarket.
(4)Hal ini terbukti dari kejadian tertangkapnya seorang pemuda yang mengaku tidak mengetahui rencana perampokan minimarket.
(1)Menurutnya, ia diajak temannya untuk ngebut di jalan ketika diberi aba-aba.
(2)Ternyata, dia dijadikan orang yang membawa lari pelaku pencurian minmarket itu.
(3)Mereka akan berbalapan begitu salah satu temannya selesai belanja di sebuah minimarket.
(4)Hal ini terbukti dari kejadian tertangkapnya seorang pemuda yang mengaku tidak mengetahui rencana perampokan minimarket.
Susunan yang tepat dari kalimat acak di atas sehingga membentuk sebuah contoh yang dijadikan argumentasi adalah ....
S4
Kelompok kata hubung antarkalimat yang benar adalah ....
S5
Bacalah teks berikut ini dengan cermat!
(1) Selain itu, anak juga dapat mengeksplorasi kemampuan dan keinginan mereka agar menjadi seseorang yang lebih percaya diri.
(2) Anak akan disiplin dan belajar berkomitmen dengan kegiatan yang dilakukannya sehari-hari.
(3) Kegiatan ekstrakurikuler di luar sekolah menjadi kegiatan yang penting untuk pembentukan pribadi anak.
(4) Melalui kegiatan tersebut, anak akan belajar untuk membagi waktu antara sekolah, pekerjaan rumah, dan kegiatan ekstrakurikuler.
(1) Selain itu, anak juga dapat mengeksplorasi kemampuan dan keinginan mereka agar menjadi seseorang yang lebih percaya diri.
(2) Anak akan disiplin dan belajar berkomitmen dengan kegiatan yang dilakukannya sehari-hari.
(3) Kegiatan ekstrakurikuler di luar sekolah menjadi kegiatan yang penting untuk pembentukan pribadi anak.
(4) Melalui kegiatan tersebut, anak akan belajar untuk membagi waktu antara sekolah, pekerjaan rumah, dan kegiatan ekstrakurikuler.
Susunan kalimat yang benar untuk menjadi argumen eksposisi adalah ....
S6
(1) Salah satu solusi tersebut adalah kemampuan masyarakat untuk berkomitmen terhadap peraturan pemerintah dalam mengatasi kemacetan seperti, tidak menggunakan mobil pribadi untuk melakukan aktivitas di ibukota.
(2) Solusi dapat ditemukan jika masyarakat dan pemerintah dapat bekerja sama dengan baik.
(3) Masalah ini masih belum menemukan solusi yang tepat.
(4) Kemacetan lalu lintas masih menjadi masalah bagi Ibukota Jakarta.
(5) Masyarakat dapat beralih untuk menggunakan alat transportasi massal.
(2) Solusi dapat ditemukan jika masyarakat dan pemerintah dapat bekerja sama dengan baik.
(3) Masalah ini masih belum menemukan solusi yang tepat.
(4) Kemacetan lalu lintas masih menjadi masalah bagi Ibukota Jakarta.
(5) Masyarakat dapat beralih untuk menggunakan alat transportasi massal.
Susunan kalimat yang benar untuk menjadi tesis eksposisi adalah ....
S7
Dengan demikian, karya sastra tidak hanya sebagai hiburan tetapi juga media untuk menyampaikan nilai-nilai kehidupan. Seseorang dapat lebih peka terhadap hal-hal yang telah terjadi dalam hidupnya. Kehidupan yang perlu dijalani dengan penuh rasa syukur dan penghayatan yang mendalam. ....
Berikut ini kalimat yang tepat untuk melengkapi penegasan ulang tersebut adalah ....
S8
(1) Pada tahun 2013, jumlah penduduk di Indonesia mencapai angka 250 juta jiwa. (2) Jumlah ini meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya. (3) Karena itu, program Keluarga Berencana harus semakin digalakkan oleh pemerintah. (4) ................ (5)Jika pertumbuhan penduduk terus meningkat, Indonesia akan semakin padat dan berdampak pada persediaan bahan pangan dan penciptaan lapangan kerja.
Berikut ini kalimat yang tepat untuk melengkapi argumen tersebut adalah ....
S9
(1) Kualitas generasi muda bangsa ini dapat ditingkatkan dengan mengajak mereka untuk membaca. (2) Dengan membaca, mereka akan memperoleh banyak informasi dan memiliki wawasan yang lebih luas. (3) Tidak hanya itu, membaca dapat membuat seseorang menjadi lebih cerdas, berbudaya, dan melatih cara berpikir dengan baik. (4) Oleh karena itu, pembacaan program di sekolah harus diikuti oleh mereka.
Kalimat yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah ....
S10
....Aktivitas ini masih diyakini sebagai salah satu cara efektif belajar. Bagaimana tidak ketika kita meringkas, kita melakukan tiga aktivitas: membaca, menulis, dan kembali membaca dalam hati ketika menuliskannya.
Kalimat yang tepat untuk mengisi awal paragraf tesis di atas adalah ....