Contoh Soal Menyusun Teks Eksplanasi

Contoh Soal Menyusun Teks EksplanasiSebelumnya, kalian sudah belajar mengidentifikasi teks eksplanasi sesuai struktur dan ciri-ciri bahasanya. Kali ini, kalian akan belajar menyusun teks eksplanasi.
Mari ingat kembali struktur dan ciri teks eksplanasi di bawah ini.
1. Struktur teks eksplanasi terbagi menjadi tiga bagian yang berurutan yaitu pernyataan umum, deretan penjelas, dan penutup.
2. Ciri kebahasaan teks eksplanasi adalah menggunakan kalimat kompleks, menggunakan konjungsi waktu, menggunakan kata kerja aktif, menggunakna kata baku dan ilmiah, dan bahasan/topik berisi fakta.

Perhatikan teks acak berikut ini!

  1. Angin puting beliung sering terjadi pada saat musim pancaroba yang memang suhu udaranya kadang tidak menentu. Penyebabnya juga adalah suhu pancaroba di siang hari yang panas dan pengapnya udara terutama karena kurangnya tumbuhan hijau di sekitar wilayah terjadinya angin. Awan hitam mulai berkumpul yang kemudian berubah menjadi awan vertikal yang disebabkan oleh radiasi matahari. Di dalam awan tersebut mulai terjadi arus udara yang naik dan turun yang kemudian turun dengan kecepatan yang sangat tinggi ke permukaan bumi dan memiliki peredaran angin yang acak.
    Beberapa dampak yang ditimbulkan oleh adanya angin puting beliung ini di antaranya hancurnya rumah-rumah yang dilewati oleh angin, pohon-pohon menjadi tumbang, makhluk hidup bisa terlempar akibat arus anginnya, dan bahkan angin puting beliung bisa menghancurkan sebuah kawasan sampai dengan 5 km. Akan tetapi, umumnya tidak akan terjadi angin puting beliung susulan setelahnya.
  2. Peristiwa angin puting beliung umumnya belum bisa diprediksi secara pasti waktu rinci terjadinya. Hanya saja, beberapa antisipasi bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya angin puting beliung di antaranya waspada dan selalu mengenali datangnya musim pancaroba, melakukan kegiatan penghijauan yang bermanfaat untuk membuat udara di sekitar menjadi tidak panas sehingga kemungkinan terjadinya puting beliung menajdi semakin kecil, membangun rumah yang kuat, dan menghindari tempat rawan saat terjadi angin puting beliung.
  3. Angin puting beliung merupakan jenis angin kencang yang cukup sering terjadi di Indonesia. Angin puting beliung sendiri termasuk jenis angin yang memiliki karakteristik berputar dengan kecepatan yang tinggi yaitu sekitar 63 km/jam. Angin puting beliung ini umumnya terjadi pada saat pancaroba tiba sekitar siang dan sore hari. Angin ini termasuk sangat berbahaya karena bisa menghancurkan apa saja yang dilewatinya.
Nah, mari kita ingat ciri-ciri setiap struktur teks eksplanasi untuk menyusun teks acak di atas.
a. Struktur pertama adalah pernyataan umum. Dalam pernyataan umum biasanya terdapat ciri-ciri bahasa adanya kata yang menjelaskan definisi. Contohnya yaitu, adalah, atau merupakan. Berdasarkan hal ini, paragraf yang paling tepat untuk mengisi bagian pertama adalah paragraf nomor 3.
b. Struktur berikutnya adalah deretan penjelas. Secara ciri-ciri bahasa, deretan penjelas memakai kata-kata detail yang merujuk pada pernyataan umum. Dengan demikian, yang paling cocok mengisi struktur ini adalah paragraf nomor 1.
c. Langkah terakhir adalah mencari paragraf yang tepat sebagai penutup. Teks eksplanasi biasa ditutup dengan kesimpulan atau saran. Dalam hal ini, paragraf yang paling tepat adalah paragraf nomor 2.

Teks hasil penyusunan

Angin puting beliung merupakan jenis angin kencang yang cukup sering terjadi di Indonesia. Angin puting beliung sendiri termasuk jenis angin yang memiliki karakteristik berputar dengan kecepatan yang tinggi yaitu sekitar 63 km/jam. Angin puting beliung ini umumnya terjadi pada saat pancaroba tiba sekitar siang dan sore hari. Angin ini termasuk sangat berbahaya karena bisa menghancurkan apa saja yang dilewatinya.
      Angin puting beliung sering terjadi pada saat musim pancaroba yang memang suhu udaranya kadang tidak menentu. Penyebabnya juga adalah suhu pancaroba di siang hari yang panas dan pengapnya udara terutama karena kurangnya tumbuhan hijau di sekitar wilayah terjadinya angin. Awan hitam mulai berkumpul yang kemudian berubah menjadi awan vertikal yang disebabkan oleh radiasi matahari. Di dalam awan tersebut mulai terjadi arus udara yang naik dan turun yang kemudian turun dengan kecepatan yang sangat tinggi ke permukaan bumi dan memiliki peredaran angin yang acak.
      Beberapa dampak yang ditimbulkan oleh adanya angin puting beliung ini di antaranya hancurnya rumah-rumah yang dilewati oleh angin, pohon-pohon menjadi tumbang, makhluk hidup bisa terlempar akibat arus anginnya, dan bahkan angin puting beliung bisa menghancurkan sebuah kawasan sampai dengan 5 km. Akan tetapi, umumnya tidak akan terjadi angin puting beliung susulan setelahnya.
      Peristiwa angin puting beliung umumnya belum bisa diprediksi secara pasti waktu rinci terjadinya. Hanya saja, beberapa antisipasi bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya angin puting beliung di antaranya waspada dan selalu mengenali datangnya musim pancaroba, melakukan kegiatan penghijauan yang bermanfaat untuk membuat udara di sekitar menjadi tidak panas sehingga kemungkinan terjadinya puting beliung menajdi semakin kecil, membangun rumah yang kuat, dan menghindari tempat rawan saat terjadi angin puting beliung.

Contoh Soal Menyusun Teks Eksplanasi



Perhatikan teks acak berikut!
(1) Bila dibiarkan seperti ini, bencana serupa akan terus terulang setiap tahunnya.
(2) Sampah yang menumpuk di sungai menyebabkan air meluap saat hujan besar turun.
(3) Banjir bandang akhirnya datang dan melumpuhkan aktivitas kota.
(4) Banyak warga mengalami kerugian besar akibat bencana ini.
Kalimat yang menunjukkan penyebab terjadinya bencana banjir dalam teks di atas adalah ....
Kegiatan dilakukan di siang hari dengan mengundang seluruh lapisan masyarakat. Seluruh masyarakat yang terlibat dibagi dalam beberapa kelompok dan mereka mulai mengerjakan apa yang menjadi tugasnya. Ada yang membersihkan selokan, menyapu seluruh bagian jalan kampung, menambal jalanan yang berlubang, dan masih banyak lagi. Semua kegiatan yang dilakukan ini akan menumbuhkan semangat saling membantu antaranggota masyarakat.
Tema yang paling tepat untuk teks di atas adalah ....
Air putih merupakan salah satu jenis air minum yang sangat baik untuk kesehatan. Ada banyak sekali manfaat dari air putih untuk tubuh. Setiap orang dianjurkan untuk mengonsumsi air putih sebanyak delapan gelas dalam satu hari.
Potongan teks eskplanasi di atas termasuk ke dalam bagian ....
Contoh kalimat dari sebuah teks eksplanasi yang berisi bagian interpretasi di bawah ini adalah ....
Salah satu ciri bahasa dari teks eksplanasi adalah menggunakan konjungsi waktu. Teks-teks eksplanasi di bawah ini mengandung konjungsi waktu, kecuali ....
Contoh Kalimat dalam bagian penutup yang baik dan tepat untuk sebuah teks eksplanasi dengan tema “erosi” adalah ....
Teks eksplanasi memaparkan fakta atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Contoh teks di bawah ini yang termasuk teks eksplanasi adalah ....
Tanah longsor salah satunya terjadi karena aktivitas penebangan pohon secara liar di area perbukitan atau di daerah yang lebih tinggi. Kejadian longsor akan banyak merugikan mereka yang tinggal tepat di bawah lokasi perbukitan yang mengalami longsor tersebut. beberapa akibat yang ditimbulkan oleh bencana tanah longsor ini di antaranya hancurnya ladang, rumah-rumah tertimbun longsoran, dan masih banyak lagi.
Potongan teks eksplanasi di atas termasuk ke dalam bagian ....
Contoh potongan teks eksplanasi yang merupakan bagian dari pernyataan umum adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel