Contoh Soal Menangkap Makna Teks Eksplanasi

Contoh Soal Menangkap Makna Teks Eksplanasi eks memiliki sruktur pembangun dan tujuan penulisan. Begitu juga dengan teks eksplanasi. Teks eksplanasi berisi informasi seputar peristiwa menyangkut alam dan sosial yang dihubungkan dengan konjungsi sebab akibat.
      Setelah membaca sebuah teks eksplanasi, ada baiknya kamu bisa menangkap makna dan memaknai teks eksplanasi tersebut. Memaknai atau menginterpretasi teks artinya memberikan pemahaman atau menafsirkan teks dengan baik secara eksplisit atau tersurat dan implisit atau tersirat. Proses menangkap makna teks ini harus dilakukan dengan baik dan benar.
Langkah-Langkah Menangkap Makna Teks Eksplanasi
Untuk bisa menangkap makna dari teks eksplanasi, terdapat langkah-langkah yang bisa dilakukan. Langkah-langkah tersebut di antaranya sebagai berikut.
  1. Memahami struktur yang membangun teks eksplanasi. Teks eksplanasi memiliki struktur pembangunnya sendiri. Struktur pembangun dari teks eksplanasi tersebut adalah pernyataan umum, deretan penjelas, dan penutup. Langkah pertama ini adalah langkah untuk memahami struktur dari sebuah teks eksplanasi.
  2. Memahami setiap ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks eksplanasi. Setiap jenis teks memiliki ciri kebahasaan yang berbeda. Ciri-ciri kebahasaan teks eksplanasi adalah sebagai berikut. a. Teks eksplanasi menggunakan konjungsi waktu dan konjungsi sebab akibat. b. Teks eksplanasi lebih banyak menggunakan kata kerja aktif. c. Teks eksplanasi dimungkinkan di dalamnya menggunakan istilah ilmiah. d. Menggunakan bahasa yang menunjukkan bahwa isi teks adalah hal yang benar atau fakta.
  3. Melakukan analisis 5W+1H dari teks eksplanasi tersebut. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan 5W+1H dalam teks seperti peristiwa apa yang terjadi, siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut, kapan peristiwa tersebut terjadi, di mana peristiwa tersebut terjadi, mengapa peristiwa tersebut bisa terjadi, dan bagaimana peristiwa tersebut terjadi.

Contoh Menangkap Makna Teks Eksplanasi

Perhatikan contoh teks eksplanasi singkat di bawah ini!
                              Peristiwa Banjir

Banjir merupakan sebuah peristiwa bencana yang umumnya terjadi di musim penghujan. Peristiwa banjir hampir terjadi setiap tahunnya, salah satunya di Indonesia. Banjir juga menjadi peristiwa tahunan yang terjadi di kota besar seperti Jakarta, tepatnya terjadi di beberapa wilayahnya.
      Banjir terjadi karena dua faktor penyebab. Pertama adalah faktor alam seperti hujan deras yang tidak berhenti dan menyebabkan debit air sungai terus meningkat kemudian meluap. Kedua adalah faktor sosial seperti kebiasaan membuang sampah ke sungai, akibatnya sungai menjadi tersumbat dan air deras yang datang dari hulu tidak bisa mengalir dengan baik kemudian meluap dan menyebabkan banjir. Penduduk di sekitar area banjir merupakan pihak yang paling dirugikan.
      Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi banjir adalah dengan waspada dan tidak membuang sampah secara sembarang ke sungai. Tindakan pencegahan ini setidaknya akan mengurangi resiko terjadinya banjir.
Memaknai teks eksplanasi “Peristiwa Banjir”
1. Struktur teks
Teks eksplanasi dengan judul “Peristiwa Banjir” ini terdiri dari struktur pembangun teks yang lengkap yaitu, paragraf pertama yang merupakan pernyataan umum, paragraf kedua menunjukkan deretan penjelas, dan paragraf ketiga merupakan penutup.
2. Teks ini juga sudah memenuhi ciri kebahasaan dari teks eksplanasi salah satunya menggunakan konjungsi sebab akibat pada deretan penjelasnya.
3. Teks ini juga memenuhi ketentuan 5W+1H, yaitu sebagai berikut.

a. Perisitiwa yang terjadi: “Banjir merupakan sebuah peristiwa bencana yang umumnya terjadi di musim penghujan.”

b. Siapa yang terlibat: “. Penduduk di sekitar area banjir merupakan pihak yang paling dirugikan.”

c. Kapan peristiwa terjadi: “Banjir merupakan sebuah peristiwa bencana yang umumnya terjadi di musim penghujan. Peristiwa banjir hampir terjadi setiap tahunnya, salah satunya di Indonesia. Banjir juga menjadi peristiwa tahunan yang terjadi di kota besar seperti Jakarta, tepatnya terjadi di beberapa wilayahnya.”

d. Di mana terjadinya peristiwa: “Peristiwa banjir hampir terjadi setiap tahunnya, salah satunya di Indonesia. Banjir juga menjadi peristiwa tahunan yang terjadi di kota besar seperti Jakarta, tepatnya terjadi di beberapa wilayahnya.”

e. Mengapa peristiwa terjadi: “Banjir terjadi karena dua faktor penyebab. Pertama adalah faktor alam seperti hujan deras yang tidak berhenti dan menyebabkan debit air sungai terus meningkat kemudian meluap. Kedua adalah faktor sosial seperti kebiasaan membuang sampah ke sungai, akibatnya sungai menjadi tersumbat dan air deras yang datang dari hulu tidak bisa mengalir dengan baik kemudian meluap dan menyebabkan banjir.”

f. Bagaimana peristiwa terjadi: “Banjir terjadi karena dua faktor penyebab. Pertama adalah faktor alam seperti hujan deras yang tidak berhenti dan menyebabkan debit air sungai terus meningkat kemudian meluap. Kedua adalah faktor sosial seperti kebiasaan membuang sampah ke sungai, akibatnya sungai menjadi tersumbat dan air deras yang datang dari hulu tidak bisa mengalir dengan baik kemudian meluap dan menyebabkan banjir.”

Contoh Soal Menangkap Makna Teks Eksplanasi

Bencana banjir salah satunya terjadi karena adanya tumpukan sampah di sungai. Tumpukan sampah tersebut akhirnya menghambat arus air ketika hujan deras tiba. Air yang tidak bisa mengalir dengan seharusnya pada aliran sungai akhirnya meluap dan menyebabkan daerah di sekitarnya menjadi banjir.
Hubungan yang terjadi dalam potongan teks eksplanasi di atas adalah ....
Sampah yang berserakan di pinggir jalan menjadi salah satu penyebab dari munculnya bau tidak sedap. Bau tidak sedap akibat dari tumpukan sampah ini membuat lingkungan sekitar menjadi tidak nyaman. Salah satu penyebab menumpuknya sampah di pinggiran jalan adalah karena kurangnya fasilitas pembuangan sampah yang memadai.
Tema potongan teks eksplanasi di atas adalah ....
Contoh kalimat yang menunjukkan pernyataan umum dalam sebuah teks eksplanasi adalah ....
Contoh kalimat di bawah ini yang tidak termasuk ke dalam penutup sebuah teks eksplanasi adalah ....
(1)Longsor terjadi umumnya di wilayah dengan tanah yang rapuh atau mudah mengalami longsor. (2) Longsor sendiri bisa disebabkan oleh salah satunya hujan deras yang tidak berhenti seharian atau semalaman. (3) Kurangnya jumlah pohon di area perbukitan juga bisa ngebuat longsor. (4) Penebangan pohon secara liar juga bisa menyebabkan bencana longsor ketika musim penghujan tiba.
Kalimat dalam potongan teks eksplanasi di atas yang menggunakan pilihan kata yang kurang tepat adalah ....
Dari penjelasan tersebut diketahui bahwa banjir bisa terjadi karena dua faktor yaitu faktor alam dan faktor sosial. Oleh karena itu, berusaha untuk mencegah terjadinya banjir dengan mulai mengubah cara hidup yang tidak baik adalah salah satu jalan yang penting untuk dipilih. Setidaknya, bencana banjir akibat faktor sosial akan semakin berkurang kejadiannya dan diharapkan tidak akan terjadi lagi banjir akibat faktor sosial.
Potongan teks eksplanasi di atas termasuk ke dalam bagian ....
Contoh potongan teks eksplanasi di bawah ini yang menunjukkan bagian deretan penjelasan adalah ....
Kalimat dari teks eksplanasi di bawah ini yang menyatakan tempat terjadinya sebuah peristiwa adalah ....
Kalimat yang tidak termasuk ke dalam bagian teks eksplanasi yang menunjukkan hubungan sebab akibat adalah ....
Peristiwa urbanisasi terjadi salah satunya karena daya tarik kota yang mencolok. Kota menawarkan banyaknya kemudahan dalam hal fasilitas. Selain itu, ada banyak lapangan pekerjaan dengan penghasilan yang menggiurkan. Oleh karena itu, banyak penduduk desa yang memilih pindah untuk hidup dan berjuang di kota.
Diksi yang menunjukkan tema potongan teks eksplanasi di atas adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel