Contoh Soal Mengenal Perbandingan Bertingkat

Contoh Soal Mengenal Perbandingan BertingkatPerbandingan merupakan ukuran yang digunakan untuk membandingkan banyak suatu benda dengan angka yang lebih sederhana.
Sebagai ilustrasi, misalkan perusahaan A mampu memproduksi barang sebanyak 500 buah setiap hari, sedangkan perusahaan B hanya mampu memproduksi 450 barang setiap hari.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, kalian dapat mengambil beberapa informasi, antara lain:
  • Perusahaan A memproduksi barang lebih banyak.
  • Perbandingan antara jumlah barang yang dihasilkan oleh perusahaan A dan B adalah 500 : 450, yang mana dapat disederhanakan menjadi 10 : 9.
Nah, perbandingan tersebut merupakan perbandingan dua variabel yang telah kalian pelajari saat kelas VII dan VIII.

Bagaimana jika yang dibandingkan memuat lebih dari dua variabel?
Yuk kita temukan jawabannya dengan mencermati uraian berikut.

Perbandingan Tiga Variabel

Misalkan perbandingan antara banyak buku yang dimiliki oleh Andi dan Budi adalah 2 : 3, sedangkan perbandingkan antara banyak buku yang dimiliki oleh Budi dan Tono adalah 4 : 5.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, dapat kita simpulkan bahwa ada tiga variabel yang dibandingkan, yaitu banyak buku yang dimiliki oleh Andi, Budi, dan Tono.

Dapatkah kalian mencari perbandingan banyak buku yang dimiliki oleh ketiga orang tersebut?
Pada ilustrasi di atas, kita tahu perbandingan antara banyak buku yang dimiliki oleh Budi terhadap banyak buku yang dimiliki oleh Andi dan Tono. Dengan demikian, kita dapat menggabungkan kedua perbandingan yang ada, asalkan nilai perbandingan banyak buku yang dimiliki oleh Budi adalah sama.
  • Andi : Budi = 2 : 3 → Andi : Budi = 8 : 12
  • Budi : Tono = 4 : 5 → Budi : Tono = 12 : 15
Nah, karena nilai perbandingan banyak buku yang dimiliki oleh Budi sudah sama pada kedua perbandingan di atas, maka kedua perbandingan dapat digabung menjadi 8 : 12 : 15.
Dengan kata lain, perbandingan banyak buku yang dimiliki oleh Andi, Budi, dan Tono adalah 8 : 12 : 15.

Nah, cara praktis berikut ini dapat kalian gunakan untuk menggabungkan dua perbandingan menjadi satu perbandingan.

Perbandingan Empat Variabel

Suatu perbandingan dapat saja memuat lebih dari tiga variabel.
Sebagai ilustrasi, misalkan ada empat kandidat pimpinan perusahaan dengan usia yang berbeda-beda. Perbandingan usia antara kandidat A dan B adalah 3 : 5, perbandingan usia antara kandidat B dan C adalah 4 : 3, sedangkan perbandingan usia antara kandidat C dan D adalah 4 : 5.
Nah, untuk menggabungkan ketiga perbandingan tersebut, caranya sama dengan bagaimana kalian menggabungkan dua perbandingan.
Berdasarkan uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa perbandingan usia antara kandidat A, B, C, dan D adalah 48 : 40 : 60 : 75.

Perbandingan Bertingkat

Apa itu perbandingan bertingkat?
Seperti namanya, perbandingan bertingkat menyajikan suatu perbandingan di dalam suatu perbandingan.

Sebagai ilustrasi, misalkan dalam suatu kolam renang, perbandingan antara jumlah pengunjung anak-anak dan jumlah pengunjung dewasa adalah 7 : 3. Adapun perbandingan antara jumlah pengunjung anak-anak yang menggunakan pelampung dan yang tidak menggunakan pelampung adalah 2 : 3.
Nah, untuk menentukan perbandingan antara jumlah pengunjung anak-anak yang menggunakan pelampung dan jumlah seluruh pengunjung kolam renang, kalian perlu menggunakan perbandingan bertingkat.

Perbandingan pertama adalah membandingkan antara jumlah pengunjung anak-anak dan dewasa. Adapun perbandingan kedua adalah membandingkan jumlah pengunjung anak-anak yang menggunakan pelampung dan yang tidak.
Dari tabel di atas, tampak bahwa perbandingan antara jumlah pengunjung anak-anak yang menggunakan pelampung dan yang tidak adalah 25, sedangkan perbandingan antara jumlah pengunjung anak-anak dan jumlah seluruh pengunjung adalah 710.
Dengan demikian, perbandingan antara jumlah pengunjung anak-anak yang menggunakan pelampung dan jumlah seluruh pengunjung kolam renang adalah 25×710=1450=725.
Contoh Soal Mengenal Perbandingan Bertingkat


Sebuah desa sedang mengalami panen besar, dengan rincian sebagai berikut:
  • jagung = 24 kuintal
  • padi = 3 ton
  • kacang = 20.000 kg
Perbandingan banyak panen jagung : padi : kacang adalah ....
Jumlah seluruh siswa dalam sebuah Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah 600 orang. Diketahui siswa kelas VII sebanyak 240 orang, siswa kelas VII sebanyak 210 orang, dan sisanya siswa kelas IX. Perbandingan jumlah siswa kelas VII : VIII : IX adalah ...
Dalam sebuah survey, diketahui bahwa ada tiga jenis pekerjaan yang dimiliki oleh orangtua siswa, yaitu PNS, karyawan swasta, dan wiraswasta. Perbandingan antara jumlah orangtua yang bekerja sebagai PNS dan karyawan swasta adalah 5 : 7, sedangkan perbandingan antara jumlah orangtua yang bekerja sebagai karyawan swasta dan wiraswasta adalah 4 : 3. Perbandingan antara jumlah orangtua yang bekerja sebagai PNS, karyawan swasta, dan wiraswasta adalah ....
Dalam sebuah desa terdapat tiga kampung. Perbandingan antara jumlah penduduk di kampung A dan B adalah 3 : 4. Perbandingan antara jumlah penduduk di kampung B dan C adalah 5 : 2. Perbandingan antara jumlah penduduk di kampung A dan C adalah ....
Dalam sebuah sekolah, diketahui bahwa perbandingan antara jumlah siswa kelas VIII dan VII adalah 6 : 7, sedangkan perbandingan antara jumlah siswa kelas IX dan VII adalah 9 : 8. Perbandingan antara jumlah siswa kelas VII : VIII : IX adalah ....
Andi, Budi, Ciko, dan Dony akan bermain kelereng bersama. Diketahui bahwa perbandingan antara jumlah kelereng yang dimiliki oleh Andi dan Budi adalah 2 : 3, perbandingan antara jumlah kelereng yang dimiliki oleh Budi dan Ciko adalah 4 : 7, sedangkan perbandingan antara jumlah kelereng yang dimiliki oleh Ciko dan Dony adalah 5 : 4. Perbandingan antara jumlah kelereng yang dimiliki oleh Andi dan Dony adalah ....
Perusahaan A, B, C, dan D sama-sama bersaing untuk menjual produk unggulan mereka. Perusahaan dengan penjualan terbesar dianggap sebagai perusahaan yang paling sukses.
Diketahui bahwa perbandingan antara jumlah barang yang berhasil dijual oleh perusahaan A dan B adalah 4 : 5, sedangkan perbandingan jumlah barang yang berhasil dijual oleh perusahaan B dan C adalah 4 : 6. Jika perbandingan antara jumlah barang yang berhasil dijual oleh perusahaan A dan D adalah 2 : 3, maka perusahaan yang paling sukses adalah ....
Perbandingan antara jumlah siswa laki-laki dan perempuan dalam suatu kelas adalah 3 : 4. Adapun perbandingan antara jumlah siswa laki-laki yang suka bermain sepakbola dan yang tidak suka bermain sepakbola adalah 2 : 1. Perbandingan antara jumlah siswa laki-laki yang suka bermain sepakbola dan seluruh siswa di kelas tersebut adalah ....
Jumlah pengunjung laki-laki dari suatu restoran adalah 32 dari jumlah pengunjung perempuan. Diketahui bahwa 12 dari pengunjung laki-laki memesan kepiting dan hanya 13 dari pengunjung perempuan yang memesan kepiting. Perbandingan antara jumlah pengunjung yang memesan kepiting dan jumlah seluruh pengunjung adalah ....
Sebuah rukun warga (RW) terdiri atas tiga rukun tetangga (RT). Diketahui bahwa perbandingan antara jumlah warga di RT 1 dan RT 2 adalah 7 : 8, sedangkan perbandingan antara jumlah warga di RT 3 dan RT 1 adalah 5 : 6. Jika 27 warga RT 1 adalah laki-laki, 38 warga RT 2 adalah perempuan, dan jumlah warga laki-laki dan perempuan di RT 3 adalah sama, maka perbandingan antara jumlah warga laki-laki dan jumlah seluruh warga dalam RW tersebut adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel