Contoh Soal Membandingkan Teks Cerita Pendek dengan Teks Tanggapan Deskripsi

Contoh Soal Membandingkan Teks Cerita Pendek dengan Teks Tanggapan Deskripsi - Teks cerita pendek merupakan salah satu teks sastra dengan jalan cerita yang singkat, tokoh yang terlibat sedikit, dan mengetengahkan sepenggal kisah hidup sang tokoh. 
      Ciri-ciri dari teks cerita pendek adalah sebagai berikut.
(1) Bentuk tulisan dari teks cerita pendek lebih singkat, lebih pendek, dan lebih padat daripada novel.
(2) Mengisahkan cerita yang berarti dan berkesan pada tokohnya.
(3) Tulisan dari cerita pendek jumlahnya kurang dari 10.000 kata.
(4) Memiliki alur yang lurus dan tunggal.
(5) Menceritakan cerita dengan konflik pada tokohnya tetapi tidak menimbulkan perubahan nasib sang tokoh.
(6) Bisa dibaca dalam waktu yang singkat.
      Secara umum, struktur teks cerita pendek adalah sebagai berikut.
(1) Orientasi merupakan tahapan struktur yang mengenalkan tokoh utama dari cerita pendek, latar, dan waktu terjadinya cerita pendek tersebut. 
(2) Komplikasi merupakan tahapan struktur yang berisi masalah yang harus dihadapi oleh tokoh utama. Masalah atau konflik tersebut bisa berasal dari luar tokoh atau dari dalam diri tokoh itu sendiri.
(3) Resolusi merupakan tahapan struktur yang berisi pemecahan masalah yang dihadapi oleh tokoh.
Teks Tanggapan Deskripsi
Teks tanggapan deskripsi merupakan sebuah teks yang berisi penggambaran tentang sebuah objek (orang, benda, pemandangan, dan lain sebagainya) dengan sangat jelas melalui berbagai macam indera yang mengajak pembacanya untuk ikut terlarut dan merasakan objek itu sendiri.
      Ciri-ciri dari teks tanggapan deskripsi adalah sebagai berikut.
(1) Teks melukiskan atau menggambarkan sebuah objek tertentu.
(2) Membuat pembaca seolah merasakan atau melihat sendiri objek tersebut.
(3) Penggambaran dilukiskan dengan sangat jelas dan melibatkan berbagai indera.
(4) Menjelaskan aneka ciri dari objek mulai dari ukuran, warna, bentuk, serta keadaan dari objek yang diceritakan.
Struktur Teks Tanggapan Deskripsi
Stuktur yang membangun teks tanggapan deskripsi adalah sebagai berikut.
(1) Identifikasi merupakan bagian yang berisi ciri-ciri, tanda, dan benda yang berada dalam teks tersebut.
(2) Deskripsi umum/kalimat topik yang berisi penjelasan sesuatu yang akan dideskripsikan.
(3) Deskripsi bagian merupakan bagian yang berisi gambaran-gambaran dari bagian dalam teks tersebut.

Perbandingan Teks Cerita Pendek dengan Teks Tanggapan Deskripsi

(1) Teks cerita pendek mengisahkan kisah fiksi sedangkan teks tanggapan deskripsi menceritakan tentang sebuah objek nyata.
(2) Terdapat bentuk percakapan dalam teks cerita pendek sedangkan dalam teks tanggapan deskripsi tidak ada bentuk percakapan.
(3) Dalam teks cerita pendek terdapat alur cerita, tokoh, konflik, dan penyelesaian masalah. Dalam teks tanggapan deskripsi terdapat gambaran objek yang jelas sampai pembaca ikut terlarut dan seolah merasakan sendiri objek tersebut.

Poin Penting

  1. Teks cerita pendek merupakan teks sastra dengan salah satu cirinya adalah lebih pendek dari novel dan menceritakan sepenggal kisah tokohnya.
  2. Teks tanggapa deskripsi menggambarkan sebuah objek dengan sangat jelas dan melibatkan indera sehingga pembaca terlarut dan seolah bisa ikut merasakan apa yang ada dalam teks.
  3. Teks cerita pendek menceritakan tentang cerita fiksi sedangkan teks tanggapan deskripsi menceritakan tentang sesuatu yang nyata dan ada.

Contoh Soal Membandingkan Teks Cerita Pendek dengan Teks Tanggapan Deskripsi



Perhatikan contoh potongan teks di bawah ini! 

Elin mulai memasuki ruangan ayahnya yang ada di lantai dua. Sang ayah dilihatnya tengah sibuk membereskan semua berkas pekerjaannya. Sejenak, Elin hanya bisa terdiam di depan pintu yang setengah terbuka itu, menatap nanar pada ayahnya yang masih saja fokus terhadap pekerjaan di tengah situasi genting seperti ini. “Apa yang harus aku lakukan?” Ucapnya dalam hati sambil memberanikan diri masuk ke ruangan kerja ayahnya.
Teks di atas termasuk ke dalam jenis teks ....
Pantai Rancabuaya yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Garut ini memiliki keindahan yang luar biasa. Ombaknya yang besar bergulung-gulung seolah hendak melahap para pengunjung yang asyik bermain di tepi pantai. Gulungan besar ombak tersebut akhirnya hanya menjadi gulungan kecil yang mengejar anak-anak yang berteriak girang berlarian karena tidak ingin basah terkena ombak. Lautnya biru jernih dengan pemandangan ke tengah laut yang seolah tanpa batas.
Teks di atas termasuk ke dalam jenis teks ....
Contoh kalimat yang termasuk ke dalam bagian sebuah teks cerita pendek adalah ....
Contoh kalimat dari sebuah teks tanggapan deskripsi yang menggambarkan bentuk objek tulisan adalah ....
(1)Hutan ini dipenuhi oleh pohon-pohon pinus yang terkenal dengan bentuknya yang unik serta pohonnya yang tinggi-tinggi. (2)Pohon-pohon pinus di hutan ini seolah disusun dengan rapi karena ke manapun mata memandang, setiap jarak dari pohon pinue seolah sama dan memberikan kesan simetris yang cantik. (3)Pekatnya warna batang dengan hijaunya daun-daun pinus membuat jenis pohon ini terlihat sangat cantik terutama jika dilihat secara berkelompok dalam sebuah hutan pinus. (4)Menelusuri jalanan yang membelah hutan pinus menjadi pengalaman unik tersendiri.
Kalimat dari teks tanggapan deskripsi di atas yang menggambarkan warna dari objek adalah ....
Hari yang cerah kembali menyambut seorang Dini yang tengah sibuk menyapu halaman rumahnya. Ia merupakan seorang anak yang rajin membantu orang tua. Perawakannya tinggi, kulit sawo matang, dengan sepasang mata yang bulat besar. Setiap hari ia pun senang berbagi senyum dengan banyak orang. Sesekali ia membantu tetangganya yang sedang memerlukan pertolongan.
Potongan teks cerita pendek di atas termasuk ke dalam bagian ....
Keindahan lain yang bisa ditemukan di wilayah Jawa Tengah ini adalah Candi Borobudur. Candi dengan ukuran yang sangat besar ini memberikan pesonanya tersendiri. Setiap menaiki undakannya, Anda akan dibawa memasuki waktu yang berbeda. Di setiap dinding candi pada tiap lantainya, Anda akan menemukan relief-relief dengan penggambaran yang cantik dan seolah bercerita kepada Anda.
Potongan teks tanggapan deskripsi di atas merupakan bagian dari ....
Contoh potongan teks cerita pendek di bawah ini yang menunjukkan bagian resolusi adalah ....
Sebagian gunung-gunung di Indonesia termasuk ke dalam jenis gunung berapi aktif yang bisa erupsi kapan saja. Setiap gunung berapi di Indonesia memiliki karakternya masing-masing. Misalnya seperti gunung Merapi yang mengeluarkan banyak sekali awan panas pada saat aktif meletus. Awan panas yang keluar dari gunung berapi sangat berbahaya bahkan jam dinding pun akan berhenti bekerja seperti yang ada di rumah yang dijadikan museum di dekat gunung Merapi. Jam dinding itu berhenti di angka tepat kejadian awan panas meluncur menyerang pemukiman.
Potongan teks tanggapan deskripsi di atas termasuk ke dalam bagian ....
Perhatikan teks cerita pendek di bawah ini!
(1) Rina memerhatikan ibunya dengan wajah senang, ulang tahunnya besok!
(2) Rina berlari kecil dari kamar mungilnya menuju dapur, ia mengintip di balik pintu dapur, sang ibu tengah sibuk memasak.
(3) Senyum tersungging di wajah bocah cantik yang baru saja terbangun dari tidur nyenyaknya.
(4) Namanya Rina, memiliki rambut hitam tebal sebahu dengan kulit yang kuning langsat.
Susunan teks cerita pendek yang tepat adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel