Contoh Soal Unsur-Unsur Karya Ilmiah

Contoh Soal Unsur-Unsur Karya IlmiahKalian tahu apa itu karya ilmiah? Karya ilmiah bisa diartikan sebagai sebuah karya ilmu pengetahuan yang memaparkan fakta umum dengan ditulis berdasarkan metodologi penulisan yang baik dan benar. Penulisan karya ilmiah dilakukan berdasarkan hasil pengamatan atau penelitian. Contoh dari karya tulis ilmiah ini seperti skripsi, laporan, tesis, disertasi, dan sebagainya.

Karya tulis ilmiah memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut.
• berupa hasil pengamatan, penelitian atau kajian literature;
• menjelaskan sejauh mana pemahaman penulis terhadap masalah yang dibahas; dan 
• menampilkan keahlian dalam meramu bahan dari berbagai sumber sehingga menjadi suatu karya tulis ilmiah yang utuh.

Unsur-Unsur Karya Ilmiah

Sebuah karya tulis ilmiah harus memiliki beberapa unsur yang membangun. Unsur-unsur dalam karya tulis ilmiah adalah sebagai berikut.
• Halaman judul
Judul memiliki fungsi untuk menarik minat pembaca. Selain itu, judul juga menjadi sebuah gambaran tentang isi karya tulis ilmiah yang disusun. Dalam halaman judul ini, penulis harus mencantumkan nama penyusun, nama lembaga, tempat serta tahun penyusunan karya tulis ilmiah yang disusun.
• Halaman pengesahan
Dalam lembar pengesahan ini, penulis harus mencantumkan tim pembimbing, meliputi nama serta kedudukan tim pembimbing dalam karya tulis ilmiah tersebut.
• Halaman persembahan
Halaman ini bersifat relatif. Kalian boleh menyertakannya boleh juga tidak. Dalam halaman ini, dicantumkan penulis akan mempersembahkan karya tersebut untuk siapa.
• Kata Pengantar
Dalam kata pengantar hendaknya penulis mengemukakan hal-hal seperti berikut.
o Penjelasan mengenai dalam rangka apakah penulis menulis atau menyusun karya tulis ilmiah tersebut serta mengapa memilih bidang tersebut.
o Pertanggungjawaban mengenai cara karya tersebut disusun yang digambarkan secara umum.
o Ungkapan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah berjasa selama penyusunan karya ilmiah tersebut.
o Harapan-harapan penulis tentang manfaat dari karyanya baik itu untuk diri pribadi, pembaca, maupun untuk perkembangan ilmu pengetahuan.
• Abstrak
Bagian abstraksi berisi ringkasan karya ilmiah secara menyeluruh. Abstraksi ini merupakan sebuah esai tentang karya ilmiah tersebut yang ditulis secara utuh dan tidak dibatasi oleh subjudul. Abstraksi juga merupakan esai yang terdiri atas serangkaian paragrafa yang bisa mengomunikasikan inti dari karya ilmiah yang disusun secara keseluruhan.
• Daftar Isi
Daftar isiini merupakan penyajian sistematik dari sebuah karya tulis ilmiah. Daftar isi memiliki fungsi untuk memudahkan pembaca dalam mencari judul maupun subjudul dari karya tulis ilmiah yang ditulis tersebut. Dalam daftar isi, judul maupun subjudul harus ditulis dengan mencantumkan nomor halamannya. Nomor untuk halaman awal sebelum bab I digunakan angka romawi kecil, sementara untuk halaman pertama bab I sampai halaman akhir digunakan angka.
• Pendahuluan
Bagian pendahuluan ada di Bab I dan ditempatkan secara khusus. Bagian ini meliputi latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian (penulisan).
• Landasan Teori
Bagian ini ada di Bab II. Landasan teori berisi penjelasan tentang hasil telaahan terhadap teori serta hasil penelitian yang telah ada serta relevan dengan karya tulis ilmiah yang ditulis.
• Metode Penelitian**
Metode berbeda dengan teknik. Metode merupakan prosedur yang dilakukan dalam melakukan penelitian yang dibahas dalam karya ilmiah. Sementara teknik bisa diartikan sebagai cara khusus dalam memecahkan suatu masalah yang dibahas dalam karya tulis ilmiah tersebut. Teknik ini merupakan bagian dari metode.
• Pembahasan
Bagian ini ada di Bab IV dan berisi judul dari hasil penelitian serta pembahasannya. Pengolahan data dilakukan dalam bab ini. Pengolahan data sendiri merupakan sorotan objektif terhadap masalah yang diteliti dalam karya tulis. Tolok ukur dalam pengolahan data ini akan dikembalikan pada tujuan, teori, serta metode pengolahan daya yang pada bab sebelumnya yang sudah dirumuskan.
• Simpulan
Bagian simpulan atau rekomendasi ini ada di bab V (Penutup). Dalam bagian ini, penulis menyajikan rumusan singkat serta terpadu terhadap seluruh uraian yang sudah dijelaskan pada bab-bab sebelumnya. Simpulan ini bisa ditulis dalam bentuk butir-butir ataupun dalam bentuk esai. Sementara rekomenndasi bisa ditujukan untuk pihak-pihak terkait seperti lembaga sekolah atau peneliti lain yang ingin melakukan peneitian berikutnya.
• Daftar Pustaka
Bagian ini berisi daftar buku, bahan-bahan penerbitan, maupun artikel-artikel yang memiliki kaitan dengan penelitian yang dilakukan dalam karya tulis tersebut. Contoh untuk penulisan daftar pustaka, misalnya :
Putu Wijaya. 1987. Gress. Jakarta: Balai Pustaka.

Contoh Soal Unsur-Unsur Karya Ilmiah

Berikut ini bagian dari struktur karya tulis ilmiah, kecuali .…

Karya tulis ilmiah bisa diartikan sebagai, kecuali ….
Tema : Tertib Lalu Lintas untuk Keselamatan Bersama
Rumusan masalah yang tepat untuk tema di atas adalah .…
Tema : Daur Ulang Sampah di Sekolah
Rumusah masalah : Bagaimana cara untuk menanggulangi masalah sampah di lingkungan sekolah?
Latar belakang masalah yang tepat untuk rumusan masalah di atas adalah .…
Sebuah buku berjudul tanaman Obat Plus Pengobatan Alternatif yang disusun oleh Arisandi, Yahoma dan Yoovita Andriani tahun 2001. Buku tersebut diterbitkan oleh Setia Kawan di Jakarta.
Penulisan daftar pustaka yang tepat berdasarkan identitas buku di atas adalah .…
Segala puji dan puja kami panjatkan kepada Allah SWT karena berkat karunia dan rahmat-Nyalah penulisan karya tulis ilmiah ini bisa selesai tepat pada waktunya.
Kutipan pernyataan di atas merupakan bagian dari .…
Contoh dari karya tulis ilmiah antara lain… kecuali .…
Seseorang akan menulis karya tulis ilmiah tentang bisnis di kalangan remaja dengan tujuan untuk memberikan informasi penting mengenai cara untuk mencapai kesuksesan berbisnis di kalangan remaja.
Judul yang tepat untuk karya tulis ilmiah tersebut yaitu .…
Bagian dari karya tulis ilmiah yang bersifat relatif, bolah ada boleh juga tidak adalah .…
Dalam abstraksi karya tulis ilmiah dijelaskan sebagai ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel