Contoh Soal Menentukan Gagasan Pengembangan Karya Tulis Sesuai Pengamatan

Contoh Soal Menentukan Gagasan Pengembangan Karya Tulis Sesuai PengamatanSetelah kalian belajar tentang unsur karya tulis ilmiah, kini saatnya kalian belajar menentukan gagasan pengembangan karya tulis berdasarkan pengamatan. Tujuannya adalah agar kalian bisa dengan mudah menentukan gagasan pengembangan dari hasil pengamatan yang sudah kalian lakukan.
       Kalian tentu sudah mengetahui bahwa sebuah karya tulis ilmiah disusun setelah penelitian atau pengamatan dilakukan, Setelah berbagai data dan bahan sudah terkumpul sebagai hasil dari pengamatan atau penelitian, kini tiba saatnya kalian mengembangkan gagasan berdasarkan hasil pengamatan atau penelitian yang sudah dilakukan.
       Mengembangkan suatu gagasan dalam menulis suatu karya tulis ilmiah sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan melakukan pengamatan atau penelitian. Pengamatan bisa dilakukan dengan cara mengamati apa yang dilihat, apa yang dilakukan orang lain, atau pun peristiwa yang terjadi di masyarakat. Oleh sebab itu, jika kalian sudah memiliki sebuah ide, langsunglah lakukan pengamatan atau penelitian.
       Hal pertama yang harus dilakukan saat akan melakukan pengamatan yaitu mengenali prosedur pengamatan. Dengan mengenali prosedur pengamatan, kegiatan pengamatan yang kalian lakukan akan lebih terarah dan sistematis.

Berikut ini prosedur pengamatan yang dimaksud.
• Menentukan topik pengamatan
Dalam tahap ini kalian harus menentukan topik dari pengamatan yang akan dilakukan. Misalnya saja tentang pengaruh gadget terhadap psikologis remaja. Bisa juga tentang ekstrakurikuler di sekolah.
• Menentukan tujuan 
Dalam tahap ini, kalian harus menentukan tujuan dari pengamatan yang dilakukan misalnya saja untuk mengetahui seberapa besar dampak negatif yang disebabkan oleh gadget terhadap psikologis remaja.
• Menentukan objek pengamatan
Setelah tujuan pengamatan ditentukan, kalian akan menentukan objek pengamatan. Objek pengamatan atau sasaran pengamatan di sini tergantung dari topik pengamatan yang dipilih, bisa tumbuhan, bisa hewan, bisa manusia, atau hal lain. 
• Membuat panduan pengamatan
Panduan pengamatan merupakan suatu patokan atau pedoman yang dibuat untuk melakukan suatu pengamatan. Panduan pengamatan ini penting dibuat agar kegiatan pangamatan dilakukan lebih terarah dan sistematis. Panduan pengamatan harus memuat pokok-pokok yang akan diteliti atau diamati, yang kemudian akan diisi oleh pengamat pda saat melakukan pengamatan.
• Melakukan pengamatan
Setelah berbagai hal yang dibutuhkan untuk pengamatan sudah siap, kegiatan yang selanjutnya adalah pengamatan. Dalam melakukan pengamatan ini, kalian harus melakukan sesuai dengan prosedur atau panduan pengamatan yang sudah dibuat. Hal ini perlu dilakukan agar pengamatan bisa dilakukan secara optimal dan hasil yang didapatakn menjadi maksimal. Pengamatan sendiri harus dilakukan seobjektif mungkin.
• Analisis hasil pengamatan
Setelah pengamatan dilakukan dan hasilnya didapatkan, barulah pengamat harus menganalisis hasil dari pengamatan tersebut. Analisis hasil pengamatan ini nantinya akan dibahas dalam bab pembahasan.
• Menyusun laporan hasil pengamatan
Dalam tahap ini, kalian akan mulai menyusun laporan hasil pengamatan dan analisisnya. Laporan hasil pengamatan inilah yang disebut karya tulis ilmiah.


Contoh Soal Menentukan Gagasan Pengembangan Karya Tulis Sesuai Pengamatan


Tahapan prosedur pengamatan antara lain, kecuali ….

Topik Pengamatan : Kebersamaan Antaranggota Ekskul
Tujuan pengamatan yang sesuai dengan topik pengamatan di atas adalah .…
Hal yang harus dilakukan setelah hasil pengamatan didapatkan adalah ….
Seorang siswa akan membuat sebuah karya tulis ilmiah. Topik yang sesuai adalah ….
Topik : Fasilitas Sekolah SMK Mulia
Tujuan pengamatan yang sesuai dengan topik di atas adalah .…
Seorang siswa kelas XII akan melakukan penelitian untuk tugas akhirnya. Ia memilih topik tentang suasana baru di sekolah baru. 
Objek atau sasaran pengamatan yang sesuai untuk penelitian tersebut adalah .…
Tujuan pembuatan panduan pengamatan adalah ….
Topik : Pengaruh Siskamling Terhadap Keamanan Lingkungan
Tujuan : Mengetahui sejauh mana siskamling berpengaruh terhadap keamanan lingkungan kompleks.
Berdasarkan ilustrasi di atas, objek pengamatan yang sesuai adalah .…
Alasan mengapa pengamatan harus dilakukan sesuai dengan panduan atau prosedur pengamatan adalah ….
Seseorang telah melakukan pengamatan dan mengolah hasil pengamatan dengan menganalisisnya. Hal yang harus dilakukannya setelah itu adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel