Contoh Soal Menulis Karya Tulis

Contoh Soal Menulis Karya TulisSetelah sebeumnya kalian belajar tentang pengembangan gagasan karya tulis sesuai dengan pengamatan, dalam pembelajaran kali ini, kalian akan belajar menulis karya ilmiah. Tujuannya adalah agar kalian bisa menulis karya ilmiah.
      Bentuk serta penulisan karya tulis ilmiah berbeda dengan penulisan untuk jenis tulisan lain. Oleh karena itu, kegiatan penulisan karya tulis ilmiah ini memerlukan langkah-langkah yang tepat. Cara penulisan untuk karya tulis ilmiah sendiri dibagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut.
• Tahap Persiapan
Hal-hal yang harus disiapkan sebelum kalian mulai menulis karya tulis ilmiah antara lain:
o Memilih topik masalah/pengamatan
o Merumuskan tujuan pengamatan
Dalam merumuskan tujuan pengamatan, usahakan tujuan dibuat dalam satu kalimat sederhana. Kemudian, ajukan pertanyaan dengan menggunakan salah satu dari kata tanya terhadap rumusan tujuan yang sudah dibuat. Jika kalian bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan pasti, berarti rumusan yang dibuat sudah cukup tepat dan jelas.
o Menelusuri topik
Kadang kala setelah topik berhasil ditentukan, saat pengembangannya baru ditemukan bahwa penelitian yang sama pernah dilakukan. Jika hal ini terjadi, kalian tidak harus mundur dari penelitian. Cobalah amati apakah topik dan pembahasannya sama? Apakah sasarannya juga sama? Jika pun memang sama, dengan subjek penelitian yang berbeda, hasilnya juga akan berbeda.
• Tahap Pengumpulan Informasi
Dalam tahap pengumpulan informasi ini, kalian bisa memanfaatkan perpustakaan, seperti perpustakaan sekolah, perpustakaan kampus, perpustakaan daerah, atau perpustakaan umum. Selain perpustakaan, kalian juga bisa mencari berbagai informasi di internet. Dalam mencari informasi, kalian harus memilah bahan-bahan pustaka. Mana yang memang dibutuhkan, mana yang kurang dibutuhkan.
Dalam proses pengumpulan informasi, kalian harus membuat ringkasan dari sumber bacaan, membuat kutipan, maupun wawancara terhadap sumber. Dalam melakukan wawancara ini, ada empat hal yang harus dilakukan, antara lain:
o Menentukan orang yang tepat untuk wawancara
o Menyiapkan panduan wawancara
o Melakukan wawancara
o Mengolah hasil wawancara
• Tahap Penulisan Karya Ilmiah
Tahap yang selanjutnya adalah tahap penulisan karya tulis ilmiah. Dalam tahap ini, kalian akan mulai dari tahap penulisan draft. Pada tahap ini, fokuskan perhatian pada gagasan. Tahap selanjutnya adalah tahap revisi. Dalam tahap ini kalian harus memperbaiki ide-ide dengan menambahkan, mengurangi, atau menata kembali isi sesuai dengan kebutuhan pembaca. Tahapan selanjutnya adalah tahap penyuntingan. Di sini kalian akan memperbaiki aspek mekanik tulisan seperti huruf kapital, ejaan, tanda baca, dan sebagainya. Tahapan selanjutnya baru melakukan publikasi terhadap karya tulis tersebut.
      Lantas, bagaimana sistematika penulisan karya ilmiah? Berikut ini sstematika penulisan karya tulis ilmiah.


Contoh Soal Menulis Karya Tulis





Di sebuah kampung yang bernama kampung Mulo, kesadaran masyarakatnya akan pentingnya pendidikan sangat rendah. Seorang siswa ingin meneliti masalah tersebut untuk tugas akhir sekolahnya.


Rumusan masalah yang mungkin dibuat oleh siswa tersebut antara lain, kecuali ….
Perhatikan tahapan berikut.
1. Pemilihan dan penentuan topik pengamatan
2. Penentuan tujuan pengamatan
3. Penyusunan karya tulis ilmiah.
4. Pengumpulan sumber informasi (proses pengataman)
Tahapan penulisan karya ilmiah yang tepat adalah .…
Penulisan judul yang tepat untuk judul karya ilmiah adalah .…
Topik : Penanggulangan sampah di sekolah
Rumusan masalah yang tidak tepat untuk karya tulis ilmiah sesuai dengan topik di atas adalah .…
Topik Karya Ilmiah : Olahraga
Judul Karya Tulis Ilmiah : Pentingnya Olahraga untuk Menjaga Kesehatan dan Kebugaran
Berdasarkan judul di atas, tujuan penelitian dalam karya ilmiah tersebut adalah ….
Topik : Menjaga Kesehatan dan Kecantikan
Berdasarkan topik di atas, tujuan pengamatan yang sesuai adalah .…
Seorang siswa akan melakukan penelitian tentang dampak media sosial terhadap psikologis remaja. Sumber informasi yang ia butuhkan adalah, kecuali .…


Seorang mahasiswa harus membuat sebuah karya ilmiah dengan topik “Internet Masuk Desa”. Ia kemudian mencari informasi ke perpustakaan. Ia menemukan sebuah penelitian tentang pentingnya masyarakat “melek” internet.


Berdasarkan ilustrasi di atas, rumusan masalah yang paling mungkin dirumuskan oleh siswa tersebut adalah .…

Seorang siswa akan membuat sebuah pengamatan tentang fasilitas sekolah. Agar penelitiannya tidak melebar, ia harus membatasi masalah dalam karya ilmiah tersebut. Pembatasan masalah yang mungkin dilakukan oleh siswa tersebut adalah, kecuali .…
Ekstrakurikuler merupakan suatu wadah yang dibentuk untuk para siswa agar bisa lebih mengembangkan minat dan bakatnya di sekolah . Banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari mengikui kegiatan ekstrakurikuler. Namun, seperti halnya dua sisi mata uang, kegiatan ekstrakuriler juga memiliki nilai plus minusnya. Dalam penelitian ini, penulis akan mencoba meneliti apasajakah dampak positif dan negative dari kegiatan ekstrakurikuler di sekolah? Lantas, lebih besar manakah antara dampak positif dan negatif yang diperoleh siswa? 
Kutipan kalimat di atas termasuk bagian ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel