Contoh Soal Struktur Notula Rapat

Contoh Soal Struktur Notula Rapat Tentunya kalian tidak asing lagi dengan kegiatan notula. Notula merupakan catatan mengenai jalannya sebuah kegiatan seperti sidang, rapat, ataupun diskusi. Orang yang bertugas untuk menjadi penulis atau pencatat dalam sebuah diskusi, musyawarah, rapat, atau perbincangan disebut notulis. Notula ini berfungsi sebagai bukti tertulis bahwa rapat telah dilaksanakan. Selain itu, dapat juga dipergunakan sebagai tolak ukur kesuksesan sebuah rapat atau diskusi.

Hal-hal yang harus ada dalam notula

a. Tujuan kegiatan
Di dalamnya berisi mengenai tujuan diselenggarakannya suatu kegiatan, rapat, atau diskusi. Misalnya pemilihan ketua kelas, penentuan jadwal piket, atau pemilihan tempat kegiatan outbound
b. Hal-hal yang dibahas dalam kegiatan
Di dalamnya berisi mengenai gambaran secara umum hal-hal yang dibahas selama kegiatan rapat atau diskusi berlangsung. Contohnya, hal-hal yang dibahas dalam rapat pemilihan ketua kelas di antaranya penentuan kriteria ketua kelas, pembahasan visi misi ketua kelas, pembahasan tugas ketua kelas dan lain-lain. 
c. Saran dan keputusan dalam kegiatan
Di dalamnya berisi saran, kesimpulan, keputusan akhir yang diambil oleh kegiatan rapat yang akan dijalankan oleh semua yang berkepentingan.
d. Waktu pelaksanaan
Di dalamnya berisi tempat dan waktu kegiatan tersebut dilaksanakan.
e. Pihak-pihak yang hadir
Di dalamnya berisi pihak-pihak yang mengikuti atau hadir dalam kegiatan rapat tersebut.

Struktur Penulisan Notula

a. Kepala notula
Bagian kepala notula merupakan bagian yang cukup penting karena hal ini memuat identitas dari kegiatan yang telah dilakukan. Di dalam bagian kepala notulen biasanya dimuat nama kegiatan atau tema yang dibahas, hari dan tanggal pelaksanaan kegiatan, waktu dilaksanakannya kegiatan, tempat pelaksanaan kegiatan, dan unsur yang terlibat dalam rapat.
b. Isi notula
Bagian ini notula berisi paparan mengenai hal-hal apa saja yang dilaksanakan selama kegiatan berlangsung. Bagian isi terdiri dari kata pembukaan yang biasanya dilaksanakan oleh ketua kegiatan, pembahasan kegiatan yang isinya merupakan hal-hal yang dianggap penting selama rapat seperti diskusi, debat, ataupun usul, pembacaan keputusan hasil kegiatan, dan terkahir adalah waktu jam penutupan kegiatan tersebut.
c. Bagian akhir
Bagian ini biasaya dibuat sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban pihak-pihak yang melakukan kegiatan seperti pemimpin rapat, sekretaris, ataupun pejabat berwenang lainnya. Pada bagian ini dimuat tanda tangan tentang hasil notula oleh notula ditandatangani oleh ketua, wakil ketua, sekretaris, dan notula.
Contoh Soal Struktur Notula Rapat




Orang yang bertugas membuat notula ketika rapat adalah….
Notula yang baik harus memenuhi tiga bagian di antaranya….
Di dalam bagian kepala notula biasanya dimuat mengenai….
Lembar pengesahan merupakan salah satu bagian dari struktur notula yang harus muncul dalam penulisan notula. Biasanya lembar pengesahan terletak pada bagian….
Mengharap kehadiran Bapak/Ibu Guru pada rapat pleno kenaikan kelas SMP Negeri 12 Cilacap tahun ajaran 2012/2013 yang akan kami selenggarakan pada 
hari, tanggal : Kamis, 20 Juni 2013
waktu : pukul 11.00 – 12.00
tempat : Auditorium SMP Negeri 12 Cilacap.
Berdasarkan isi undangan tersebut, keterangan yang tepat tentang peserta yang dituliskan dalam notula rapat adalah ...
Saudara Tarmuji mengusulkan : 
sebaiknya kebersihan kelas menjadi tanggung jawab seluruh siswa yang menempati ruang kelas 
Sebagian besar peserta rapat mengangkat tangan menyetujui usul Sadura Tarmuji 
Catatan tentang keputusan rapat dalam notula yang sesuai dengan pembicaraan tersebut adalah ....
Rapat dimulai tepat pukul 10.00 WIB , diawali dengan sambutan Kepala Sekolah kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab peseta dengan penyampaian beberapa pendapat peserta, usul dan saran peserta. Rapat ini menghasilkan delapan butir keputusan berkaitan dengan tata cara penyelenggaraan ulangan tengah semester. 
Uraian notula tersebut berupa catatan mengenai ....
Selain tujuan rapat dan hasil/keputusan rapat, notula dilengkapi dengan keterangan ...
Pihak yang boleh menandatangani bagian akhir dari notula adalah….
Notula yang dibuat berfungsi sebagai bukti….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel